Senin, 03 Oktober 2011

Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM)



Instrumen
 Evaluasi Diri Madrasah
(EDM)
Tahun Pelajaran 2010/2011


 MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
Jl. Labruk Kidul 88 Sumbersuko
Faximile / Telephone : 0334 890579

1.                    STANDAR       ISI

 

Komponen

Indikator

1.1.                Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.1.   Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.
1.1.2.   Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
1.1.3.   Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

1.2.            Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.1.Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
1.2.2.Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.









1.  ISI

1.1.   Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.1.   Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  SK Tim Pengembang Kurikulum

v  Notulen Rapat TPK

v  Daftar Hadir TPK

v  Dokumen I KTSP

Kekuatan
·         Sekolah kami telah membentuk Tim Pengembang Kurikulum.
·         Sekolah kami kurikulum telah memuat 5 kelompok Mapel.
·         Sekolah kami kurikulum telah memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
·         Sekolah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip pengembangan kurikulum.
·         Sekolah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip pelaksanaan kurikulum.
·         Sekolah kami telah mengesahkan kurikulum kepada Dinas Pendidikan Kabupaten.
·         Sekolah kami telah mereview kurikulum setiap tahun.
 Kelemahan
·         Sekolah kami hanya melibatkan anggota TPK (Kepala Sekolah, Guru dan Komite) dalam penyusunan Kurikulum.
·         Kurikulum sekolah kami belum memuat subtansi IPA dan IPS Terpadu.
·         Sekolah kami hanya mensosialisasikan kurikulum kepada dewan guru.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum sekolah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.
Kurikulum sekolah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP.
Kurikulum sekolah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan

Kurikulum sekolah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP.
Rekomendasi
·   Sekolah kami perlu melibatkan anggota TPK (Pengawas, Orang Tua dan Peserta didik) dalam penyusunan Kurikulum.
·   Sekolah kami perlu memuat subtansi IPA dan IPS Terpadu.
·   Sekolah kami perlu mensosialisasikan kurikulum kepada semua warga sekolah dan pemangku kepentingan terkait.












1.1.                               Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.2.   Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumen I KTSP

v  Notulen Rapat Dinas

v  Penetapan Muatan Lokal

Kekuatan
·   Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan karakter daerah.
·   Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan sosial masyarakat.
·   Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan kondisi budaya.
·   Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan usia peserta didik.
·   Kurikulum Sekolah kami telah mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran.
Kelemahan
·   Kurikulum sekolah kami belum terintegrasi dalam silanus setiap mata pelajarajan.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.
Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.
Kurikulum sekolah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran.

Kurikulum sekolah kami disusun belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Rekomendasi:
·         Kurikulum sekolah kami dapat mengintegrasi dalam silabus setiap mata pelajarajan serta dapat menjadi rujukan Kabupaten dalam pengembangan kurikulum lokal.






1.1.                               Kurikulum sudah sesuai dan relevan

1.1.3.              Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumen I KTSP

v  Kalender Pendidikan

v  Program Remidial dan Pengayaan

v  Jadwal Pelajaran



Kekuatan
·         Kurikulum Sekolah kami telah memuat 10 Mata Pelajaran. Muatan Lokal dan Pengembangan diri.
·         Kurikulum Sekolah kami telah mengalokasikan waktu 40 menit per jam pelajaran.
·         Sekolah kami telah melaksanakan layanan pembelajaran yang bersifat perbaikan dan pengayaan.
Kelemahan
·         Sekolah kami telah melaksanakan tambahan 5 jam pelajaran setiap minggu

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik.
Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan.

Struktur kurikulum sekolah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.
Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan  waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu menyesuaikan pelaksanaan tambahan 4 jam pelajaran setiap minggu.



1.2.                               Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.1.              Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program BK

v  Jurnal Kegiatan BK

v  Buku Kasus

Kekuatan
·         Sekolah kami telah menyusun program Bimbingan dan Konseling.
·         Sekolah kami telah memenyediakan layanan Bimbingan dan Konseling bagi pesertab didik
·         Sekolah kami telah melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling yang memadai bagi peserta didik.

Kelemahan
·         Sekolah kami belum sepenuhnya mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konsel untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik.
·         Sekolah kami belum sepenuhnya melaksanakan tindak lanjut.
·         Sekolah kami belum menyusun laporan kegiatan Bimbingan dan Konseling.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik.
Sekolah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Sekolah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Sekolah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu sepenuhnya mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik.
·         Sekolah kami perlu  melaksanakan tindak lanjut secara menyeluruh.
·         Sekolah kami perlu menyusu laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling.












1.2.                               Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

1.2.2.              Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Progran dan Perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler

v  Jadwal Kegiatan

v  Jurnal kegiatan ekstrakurikuler

v  Daftar Hadir

Kekuatan
·         Sekolah kami telah menyusun program dan perencanaan kegiatan ekstra kurikuler.
·         Sekolah kami telah menyediakan 14 jenis kegiatan pengembangan diri sesuai kebutuhan peserta didik.
·         Sekolah kami telah melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat, minat jenis kelamin dan tingkat perkembangan peserta didik.
·         Sekaolah kami telah membuat laporan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler kepada orang tua.
·         Sekolah kami telah mengakomodir semua kebutuhan pengembangan diri peserta didik.

Kelemahan
·         Sekolah kami belum sepenuhnya melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikuler di sekolah.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra- kurikulernya.
Sekolah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.
Sekolah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Sekolah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami dapat menyesuaikan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat setiap peserta didik serta melibatkan masyarakat dalam pengembangannya.


2.                                   STANDAR

PROSES

Komponen

Indikator

2.1.               Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar


2.1.1.     Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.
2.1.2.     Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.

2.2.               RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

2.2.1.     Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
2.2.2.     RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

2.3.               Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

2.3.1.     Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.
2.3.2.     Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

2.4.               Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

2.4.1.     Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2.4.2.     Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.

2.5.               Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan

2.5.1.     Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
2.5.2.     Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.











2.                                   PROSES

2.1.                               Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar

2.1.1.   Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Silabus

v  Dokumen I KTSP

v  Berita acara Review

v  Daftar Hadir Review



Kekuatan
·     Sekolah kami telah mengembangkan silabus berdasarkan Standar Isi (SI). Standar Kompetens Kelulusan (SKL) dan panduan KTSP ( BSNP ).
·     Sekolah kami telah mereview silabus setiap tahun secara berkala.
·     Sekolah kami telah menandatangani semua silabus kepada kepala sekolah.

Kelemahan


Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah.
Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
Silabus kami belum sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
Rekomendasi :
·      Sekolah kami dapat mengembangkan silabus dengan memperhatikan situasi dan kondisi sekolah.















2.1.                               Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar

2.1.2.              Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Silabus

v  Daftar Hadir

v  Berita Acara

Kekuatan
·         Sekolah kami telah mengembangkan silabus yang dilakukan oleh guru secara mandiri maupun kelompok MGMP.
·         Sekolah kami telah memiliki silabus sebanyak 10 mata pelajaran pokok.
Kelemahan
·         Sekolah kami memiliki 2 silabus dari 3 silabus muatan lokal.
·         Sekolah kami belum melakukan kajian secara menyeluruh dalam pengembangan silabus.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik.
Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu membina 1 guru muatan lokal untuk menyusun dan mengembangkan silabus Mulok.
·         Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru untuk melakukan kajian dalam pengembangan silabus.

















2.2.                               RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

2.2.1.   Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v Silabus

v RPP

v Daftar Hadir

v Berita acara


Kekuatan
·         Sekolah kami telah menyusun RPP sesuai dengan prinsip penysusnan RPP.
·         Sekolah kami telah menysusun RPP sesuai dengan silabus untuk mencapai KD.
·         Sekolah kami telah menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
·         Sekolah kami telah menyusun RPP tiap satu kali pertemuan.
·         Sekolah kami telah menyusun RPP yang ditandatangani oleh kepala sekolah
Kelemahan
·         36 guru dari 42 guru di sekolah kami telah menyusun RPP secara mandiri.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik.
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
Guru tidak menyusun RPP sendiri.
Rekomendasi:
·         6 guru disekolah kami perlu diberi motivasi untuk menyusun RPP secara mandiri.















2.2.                               RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

2.2.2.   RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumen RPP

Kekuatan

Kelemahan
·         Guru-guru disekolah kami dalam menyusun RPP belum sepenuhnya memperhatikan perbedaan peserta didik.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

   √

Tahap ke-1

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli.
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.
RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru-guru dalam penyusunan RPP agar memperhatikan perbedaan peserta didik















2.3.                               Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

2.3.1.   Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Katalog Buku
v  Buku Peminjaman
v  Inventaris Perpustakaan
Kekuatan
·         Sekolah kami telah menyediakan buku teks 10 mata pelajaran dengan rasio 1 : 1
·         Sekolah kami telah menyediakan buku panduan, buku referensi dan sumber belajar lainya yang mudah di akses dan dipinjam peserta didik.
·         Sekolah kami dalam penentuan buku teks disepakati melalui rapat guru mata pelajaran.
·         Sekolah kami memiliki sumber belajar lain berupa Laboratorium IPA dan Laboratorium Bahasa.
·         Sekolah kami memiliki sumber belajar Perpustakaan yang dilengkapi IT
Kelemahan

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 Siswa sekolah kami  menggunakan sumber belajar yang dibeli (dimiliki) sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan sekolah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar sekolah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE) dan materi lain dari e-library sekolah
Siswa sekolah kami  menggunakan sumber belajar yang dibeli (dimiliki) sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan sekolah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar sekolah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE)
Siswa sekolah kami  menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan sekolah selama pelajaran berlangsung.
Siswa sekolah kami hanya menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri.

Rekomendasi
·         Sekolah kami dalam menggunakan buku teks pelajaran telah melalui rapat guru tetapi perlu pertimbangan dengan komite sekolah.
·         Sekolah kami perlu sepenuhnya membiasakan peserta didik menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang ada diperpustakaan sekolah.











2.3                 Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

2.3.2.   Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Katalog buku penunjang

v  Daftar penggunaan buku guru

v   Daftar buku pegangan guru

Kekuatan
·         Sekolah kami telah menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi.
·         Guru di sekolah kami telah menggunakan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran

Kelemahan

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah dengan melibatkan siswa.
Guru-guru kami menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu.
Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada buku-buku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran.
Rekomendasi :
·         Sekolah kami dapat menafaatkan berbagai jenis sumber belajar disekolah dan memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah.












2.4.               Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

2.4.1.   Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Laporan Supervisi

v  RPP


Kekuatan
·         Guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran yang merupakan implementasi dari RPP.
·         Guru si sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran meliputi pendahuluan, kegiatan Inti dan Penutup.

Kelemahan
·         38 Guru dari 42 guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran PAKEM

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di sekolah lainnya.
Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.
Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.
Guru-guru kami belum konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusunnya.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberi motivasi kepada 4 guru untuk melaksanakan pembelajaran secara PAIKEM.















2.4.               Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik

2.4.2.   Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v RPP

v Hasil Supervisi


Kekuatan
·         Guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi

Kelemahan
·         Guru di sekolah kami belum secara konsisten melaksanakan pembelajaran eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran.
Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.
Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.
Guru-guru kami belum memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru untuk selalu melaksanakan pembelajaran yang meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.














2.5.                               Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan

2.5.1.   Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program Supervisi

v  Jadwal Supervisi

v  Instrumensupervisi

v  Hasil Supervisi


Kekuatan
·         Sekolah kami telah melaksanakan supervisi dan evaluasi Pembelajaran secara berkala dan berkelanjutan.
·         Sekolah kami dalam melaksanakan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran telah melalui tahapan meliputi : Perencanaan, Pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran.
·         Sekolah kami telah menyampaikan hasil supervisi dan evaluasi secara terbuka melalui rapat pembinaan.

Kelemahan
·      Sekolah kami belum menyelenggarakan supervisi dengan cara pemberian contoh , diskusi, pelatihan dan konsultasi.
·      Sekolah kami belum melaksanakan tindak lanjut hasil Ssupervisi dan evaluasi.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program tindak lanjut.
Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu saja.
Proses pembelajaran di sekolah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu menyelenggarakan supervisi dengan cara pemberian contoh , diskusi, pelatihan dan konsultasi.
·         Sekolah kami perlu melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi dan evaluasi.













2.5.                               Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan

2.5.2.   Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program supervisi

v  Jadwal supervisi dan evaluasi

v  Hasil supervisi dan evaluasi

v  Laporan supervisi dan evaluasi

Kekuatan
·         Sekolah kami telah menyusun program supervisi dan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan.
·         Sekolah kami telah melaksanakan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala setiap tahun.
·         Sekolah kami telah membentuk Tim Pelaksana supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.
·         Sekolah kami telah melaksanakan supervisi dan evaluasi oleh pengawas.

Kelemahan
·         Sekolah kami hanya dapat melakukan supervisi dan evaluasi kepada 32 guru dari 42 guru.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah, teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik.
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti.
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran hanya dilakukan oleh pengawas.   
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu melakukan supervisi dan evaluasi kepada 10 guru yang belum terjaring supervisi dan evaluasi.



















3.                                   STANDAR

KOMPETENSI LULUSAN

Komponen

Indikator

3.1.               Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.1.          Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
3.1.2.          Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
3.1.3.          Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

3.2.               Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.1.          Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
3.2.2.          Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
3.2.3.          Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.















3.                                   KOMPETENSI LULUSAN

3.1.                               Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.1.   Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program Kurikulum

v  Target dan Pencapaian Kurikulum

v  Laporan Kelulusan

v  Laporan Kenaikan Kelas

Kekuatan
·         Peserta didik disekolah kami telah menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata pada setiap mata pelajaran.
·         100 % Peserta didik disekolah kami telah berhasil dalam kelulusan setiap tahunnya dan rata-rata nilainya cenderung meningkat.

Kelemahan
·         84 % dari 825 Peserta didik disekolah kami telah mencapai target yang ditetapkan pada KKM.
·         57 % dari 825 Peserta didik disekolah kami telah mencapai KKM dalam Ulangan Akhir Semester

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.
Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten.
Hasil belajar peserta didik masih di bawah SKL.

Rekomendasi:
·         16 % dari 825 Peserta didik disekolah kami perlu dibina dan dibimbing untuk mencapai target yang ditetapkan pada KKM.
·         43 % dari 825 Peserta didik disekolah kami perlu dibina dan dibimbing untuk mencapai KKM dalam Ulangan Akhir Semester

















3.1.                               Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.2.   Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Buku pemberian Tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur



Kekuatan
·         Peserta didik telah memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari informasi/ pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar.
Kelemahan
·         Sebagian Peserta didik disekolah kami belum mampu melaksanakan tugas-tugas bervariasi.
·         Sebagian Peserta didik disekolah kami belum mampu meningkatkan volum tugas yang dikerjakan.
·         Sebagian Peserta didik disekolah kami belum mampu meningkatkan nilai tugas belajar mandiri.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Peserta didik kami (mampu menjadi pembelajar yang mandiri) mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka.  
Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberikan tugas-tugas bervariasi untuk dikerjakan.
·         Sekolah kami perlu meningkatkan volum tugas yang dikerjakan.
·         Sekolah kami perlu meningkatkan nilai tugas belajar secara mandiri













3.1.                               Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

3.1.3.   Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program Kesiswaan
v  Program kurikulum
v  Laporan pelaksanaan kegiatan
v  SK Pembagian tugas tambahan




Kekuatan
·         Peserta didik di sekolah kami siswanya telah mampu membuat hasil karya dari limbah lingkungan.
·         Sekolah kami telah menyediakan kegiatan apresiasi budaya dan seni untuk mengekspresikan diri melalui pentas seni.
·         Peserta didik di sekolah kami memperoleh pengalaman belajar melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Kelemahan
·         Sekolah kami belum menyediakan layanan penelususran bakat minat peserta didik.
·         Sebagian besar peserta didik di sekolah kami memiliki motivasi belajar.
·         Sebagian besar peserta didik di sekolah kami memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun.
Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
Sebagian peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
Peserta didik belum memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu menyediakan layanan penelusuran bakat dan minat peserta didik.
·         Sekolah kami perlu meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang bermutu.
·         Sekolah kami perlu meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi melalui kegiatan Diskusi dan KIR.












3.2.                               Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.1.   Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumentasi Kegiatan

Kekuatan
·    Sekolah kami menyediakan layanan pengembangan pribadi peserta didik.
·   Sekolah kami telah mampu mengarahkan peserta didik menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
·   Sekolah kami telah mampu mengarahkan peserta didik mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya.
·   Sekolah kami telah mampu menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya.
·   Sekolah kami telah mampu menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.

Kelemahan
·   Sekolah kami belum sepenuhnya mampu mengarahkan peserta didik untuk berkomunikasi secara jelas dan santun.
·   Sekolah kami belum sepenuhnya mampu menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
·   Sekolah kami belum seluruhnya mampu mengarahkan pesertan didik menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
·   Sekolah kami belum mampu mengarahkan peserta didik untuk mengenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri.   

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di sekolah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas.
Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.
Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas, akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.
Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah.
Rekomendasi:
·    Sekolah kami perlu mengarahkan peserta didik untuk berkomunikasi secara jelas dan santun.
·   Sekolah kami perlu menunjukkan peserta didik untuk biasa hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
·   Sekolah kami perlu mengarahkan pesertan didik menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
·   Sekolah kami perlu mengarahkan peserta didik untuk mengenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri.









3.2.                               Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.2.   Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program Pengembangan diri

v  Catatan Kepribadian Peserta didik

v  Buku pelanggaran

v  Buku kejadian  


Kekuatan
·         Sekolah kami telah memberikan pembelajaran pembiasaan berperilaku salam, sapa, senyum, sopan dan santun.
·         bakat dan minat.


Kelemahan
·         Sekolah kami belum menyediakan pelayanan pengembangan keterampilan hidup peserta didik


Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan.
Sekolah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat.
Sekolah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik.
Sekolah kami hanya menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami siswanya perlu menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
·         Sekolah kami siswanya perlu menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca,menulis dan menghitung.













3.2.                               Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.3.   Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Daftar Hadir Siswa Sholat Berjamaah.

v  Program mengembangan pembiasaan

v  Jadwal pembacaan do’a

Kekuatan
·         Sekolah kami telah menerapkan ajaran agama sesuai dengan tahap perkembangan anak.
·         Sekolah kami telah mengembangkan pembiasaan sholat dhuhur berjamaah
·         Sekolah kami telah mengembangkan sifat jujur, adil dan menghargai keragaman.
·         Sekolah kami telah mengembangkan kegiatan seni dan budaya lokal.
·         Sekolah kami telah mengembangkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar.
·         Sekolah kami telah mengembangkan sikap kepedulian antar sesama daan terhadap lingkungan.

Kelemahan
·         Sekolah kami belum sepenuhnya dapat membimbing peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat.
Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami siswanya perlu sepenuhnya mampu menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
















4.                                   STANDAR

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Komponen

Indikator

4.1.               Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.1.1.                       Jumlah pendidik memenuhi standar.
4.1.2.                       Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. 

4.2.               Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.2.1.                       Kualifikasi pendidik memenuhi standar
4.2.2.                       Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standard

4.3.               Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.3.1.                       Kompetensi pendidik memenuhi standar
4.3.2.                       Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standard















4.                                   PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

4.1.                               Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.1.1.   Jumlah pendidik memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Daftar urutan Kepegawaian

v  SK Pembagian Tugas Mengajar
Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki 42 orang guru yang sesuai dengan jumlah mata pelajaran yang diajarkan.
·         Sekolah kami gtelah memiliki seorang guru yang ditunjuk sebagai kepala sekolah.

Kelemahan

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Jumlah pendidik di sekolah kami sangat memadai untuk memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
Jumlah pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan  
Jumlah pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan  
Jumlah pendidik di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Rekomendasi:
·         Sekolah kami dapat memiliki  guru yang menangani peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

















4.1.                               Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.1.2.   Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  SK Pembagian Tugas tambahan

v  Rincian Tugas dan Fungsi urusan


Kekuatan
·         Sekolah kami memiliki kepala dan pegawai Tata Usaha
·         Sekolah kami telah memiliki petugas layanan khusus ( Pesuruh, Penjaga, Kebun, kebersihan, keamanan )
·         Sekolah kami telah memiliki kepala dan pengelola perpustakaan.
·         Sekolah kami meiliki kepala Laboratorium IPA.
·         Sekolah kami memiliki kepala Laboratorium Komputer.
·         Sekolah kami memiliki tenaga konselor.
·         Sekolah kami telah memiliki 4 urusan (Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Sapras )

Kelemahan

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 
Sekolah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan  
Jumlah tenaga kependidikan di sekolah kami  belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Rekomendasi:
·         Sekolah kami dapat mengembangkan pelayanan pendidikan dengan kualitas tinggi  bagi semua peserta didik termasuk yang mempunyai kebutuhan khusus.













4.2.                               Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.2.1.   Kualifikasi pendidik memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  SK pengangkatan Kepala Sekolah

v  Ijasah Pendidik
v  Akta  mengajar
Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki kepala sekolah berkualifikasi S2.
·         Sekolah kami memiliki kepala sekolah yang bersertifikasi pendidik.

Kelemahan
·         40 orang dari 42 guru Sekolah kami memiliki kaulifikasi ijasah S1.
·         36 orang dari 42 guru di sekolah kami memiliki ijasah yang dengan mata pelajaran yang diampu.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai  dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
Kualifikasi  pendidik di sekolah kami sudah  memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan.  
Kualifikasi pendidik di sekolah kami  belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan  
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada 2 orang dari 42 guru untuk memenuhi pendidikan minimum S1.
·         Sekolah kami perlu menyesuaikan 6 orang yang mengajar tidak sesuai matapelajaran dan ijasahnya.

















4.2.                               Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.2.2.   Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Ijasah

Kekuatan
·         Sekolah kami memiliki kepala Tata usaha berkualifikasi S1 Pendidikan.
·         Sekolah kami memiliki 1 orang TU berijasah SMK, dan 3 orang TU berijasah S1.
·         Sekolah kami memiliki kepala Laboratorium IPA berijasah S1 IPA (Biologi).
·         Sekolah kami memiliki kepala Perpustakaan berijasah S1 Bahasa Indonesia.
·         Sekolah kami memiliki kepala Laoboratorium IPA berijasah S1 Komputer.
·         Sekolah kami memiliki tenaga kebersihan berijasah SMK.
·         Sekolah kami memiliki tenaga pesuruh berijasah SMP.
·         Sekolah kami memiliki tenaga keamanan berijasah SMA.
·         Sekolah kami memiliki tenaga kebun berijasah SMP.

Kelemahan
·         Sekolah kami memiliki tenaga penjaga tidak memiliki ijasah.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi  yang sangat memadai  untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
Kualifikasi  tenaga kependidikan suai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan  
Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami  belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada penjaga sekolah untuk mengikut kejar paket A dan B.













4.3.                               Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.3.1.   Kompetensi pendidik memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumen Administrasi Kepala Sekolah

v  Dokumen administrasi guru

Kekuatan
·         Kepala sekolah kami telah memenuhi kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
·         Guru-guru disekolah kami telah memenuhi kompetensi pendidik,kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial.  

Kelemahan

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 
Kompetensi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.  
Kompetensi pendidik di sekolah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan  
Kompetensi pendidik di sekolah kami  belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Rekomendasi:
·         Sekolah kami dapat memberikan pengalaman belajar berkualitas tinggi bagi semua kepada peserta didik.












4.3.                               Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

4.3.2.   Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

 

Kekuatan
·         Sekolah kami memiliki Kepala TU sesuai kompetensi Kepribadian, Sosial, Profesional dan Administratif.
·         Sekolah kami memiliki Kepala Laboratorium IPA dan Komputer sesuai Kompetensi : Kepribadian, Sosial, Profesional, Administratif dan Akademik.
·         Sekolah kami memiliki Kepala Perpustakaan sesuai kompetensi :Manajerial, Pengelolaan informasi, Kependidikan, Kepribadian, Sosial dan Pengembangan Profesi.
·         Sekolah kami memiliki Tenaga konselor sesuai Kompetensi Paedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial.
·         Sekolah kami memiliki tenaga khusus yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Kelemahan
·         Sekolah kami belum memiliki laboran IPA.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus
Kompetensi pendidik (seharusnya tenaga kependidikan)i dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.  
Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami  sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Kompetensi tenaga kependidikan di sekolah kami  belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memiliki Laboran IPA












5.                                   STANDAR

SARANA DAN PRASARANA

Komponen

Indikator

5.1.               Sarana sekolah sudah memadai

5.1.1.          Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
5.1.2.          Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
5.1.3.          Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

5.2.               Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik

5.2.1.          Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar
5.2.2.          Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.






5.                                   SARANA DAN PRASARANA

5.1.                               Sarana sekolah sudah memadai

5.1.1.   Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Denah Sekolah

v  Sertifikat tanah
v  IMB
v  Inventaris bangunan


Kekuatan
·         Sekolah kami telah memenuhi hak milik lahan dengan rasio 12,2 m²/peserta didik.
·         Sekolah kami telah memenuhi hak pakai lahan seluas 10.065 m².
·         Sekolah kami telah memenuhi luas lantai bangunan dengan rasio 7,58 m²/peserta didik.
·         Sekolah kami telah memiliki satu lantai bangunan seluas 6450 m².
·         Bangunan gedung sekolah kami telah dilengkapi dengan fentilasi udara dan pencahayaan yang memadai.
·         Sekolah kami telah memiliki ruang kelas dengan ukuran 7 m x 9 m.
·         Sekolah telah memiliki IMB dan sertifikat tanah.
·         Sekolah kami memiliki daya listrik 3500 watt
Kelemahan
·         Sekolah kami hanya memiliki 20 ruang belajar dari 23 rombel.
·         Seakolah kami belum memiliki ruang Laboratorium bahasa.
·         Sekolah kami belum memiliki ruang multimedia.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki bangunan gedung yang  ukuran, ventilasi, dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP.
Sekolah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
Sekolah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Sekolah kami belum memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memiliki tambahan 3 ruang kelas baru.
·         Seakolah kami perlu memiliki ruang Laboratorium bahasa.
·         Sekolah kami perlu memiliki ruang multimedia.










5.1.                               Sarana sekolah sudah memadai

5.1.2.   Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Data Kelas
v  Data peserta didik
v  Buku induk Siswa
Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki 23 rombongan belajar terdiri dari 8 kelas IX, 8 kelas VIII dan 7 Kelas VII.

Kelemahan
·         Sekolah kami memiliki jumlah peserta didik dengan jumlah maksimum 38 siswa dalam satu rombel.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam SNP, agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran.
Sekolah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
Sekolah kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
Sekolah kami belum memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu mengatur jumlah peserta didik dengan jumlah maksimum 36 siswa dalam satu rombel..



















5.1.                               Sarana sekolah sudah memadai

5.1.3.              Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik


v  Buku Inventaris Sekolah
v  Buku inventaris Perpustakaan
v  Buku inventaris kelas
v  Buku inventaris sarana dan prasarana
v  Buku inventaris laboratorium IPA dan Komputer
Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki 1 buah papan tulis setiap ruang.
·         Sekolah kami telah memiliki 85 judul buku referensi.
·         Sekolah kami hanya memiliki 162 judul buku bacaan.
·         Seakolah kami memiliki perpustakaan yang dilengkapi 6 set Komputer sebagai sumber belajar
·         Sekolah kami memiliki peralatan Pembelajaran IPA lengkap.
·         Sekolah kami memiliki perangkat 20 komputer sebagai media pembelajaran.
·         Sekolah kami telah dilengkapi dengan peralatan bermain dan olah raga yang memadai.

Kelemahan
·         Sekolah kami telah memiliki buku teks dengan rasio 1 : 1 untuk 9 Mata pelajaran
·         Sekolah kami belum memiliki peralatan seni budaya dan ketrampilan.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki alat dan sumber belajar yang  melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.
Sekolah kami memiliki dan menggunakan  alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP.
Sekolah kami memiliki dan menggunakan  alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.
Sekolah kami belum memiliki dan menggunakan  alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu memiliki buku teks dengan rasio 1 : 1 untuk 2 Mata pelajaran bahasa daerah dan Seni buadaya
·         Sekolah kami perlu memiliki peralatan seni budaya dan ketrampilan.















5.2.                               Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik

5.2.1.   Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Program perbaikan /pemeliharaan

v  Jadwal  perbaikan /pemeliharaan

v  Laporan pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan sarana dan prasarana



Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki program perbaikan/pemeliharaan  sarana dan prasarana dalam jangka 4 tahun.
·         Sekolah kami telah melaksanakan perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana secara rutin pada kurun waktu 5 tahun terakhir.
·         Sekolah kami telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan sarana dan prasarana IT setiap tahun.

Kelemahan
·         Sekolah kami masih melaksanakan sebagian perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana pada kurun waktu 5 tahun terakhir.antara lain: Pengecatan, Penggantian plafon yang berlubang, Penggantian genting yang rusak, Perbaikan tembok yang berlubang, pagar roboh.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Pemeliharaan bangunan di sekolah kami dilaksanakan secara rutin melebihi  waktu yang ditetapkan dalam SNP  dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik.
Pemeliharaan bangunan di sekolah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP.
Pemeliharaan bangunan di sekolah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan.
Pemeliharaan bangunan di sekolah kami tidak dilaksanakan secara rutin. Sebagian gedung sekolah kami di bawah standar, harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami perlu melaksanakan seluruh perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana pada kurun waktu 5 tahun.













5.2.                               Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik

5.2.2.   Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Foto sekolah

v  Denah Sekolah


Kekuatan
·         Sekolah kami mudah dijangkau oleh peserta didik.
·         Sekolah kami memiliki ruang perpustakaan yang letaknya mudah dicapai oleh peserta didik.
·         Sekolah kami memiliki ruang guru yang mudah dicapai dari halaman sekolah ataupun dari luar lingkungan sekolah.
·         Sekolah kami belum memiliki pagar yang kokoh dan berpintu.
·         Sekolah kami memiliki lahan yang terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa.
·         Sekolah kami terhindar dari bahaya polusi udara, suara dan tanah.
·         Sekolah kami telah memiliki kenyamanan dalam belajar yang memadai.

Kelemahan

·         Sekolah kami belum dilengkapi sistem proteksi pasif dan atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Setiap orang yang datang ke sekolah kami, selain warga sekolah termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada.
Bangunan di sekolah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
Bangunan yang ada di sekolah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus.
Sebagian bangunan di sekolah kami masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik, termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami belum dilengkapi sistem proteksi pasif dan atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.











6.                                   STANDAR

PENGELOLAAN

Komponen

Indikator

6.1.               Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak 

6.1.1.          Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
6.1.2.          Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

6.2.               Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan

6.2.1.          Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
6.2.2.          Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.

6.3.               Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

6.3.1.          Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
6.3.2.          Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar
6.3.3.          Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar

6.4.               Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid

6.4.1.          Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
6.4.2.          Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses

6.5.               Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

6.5.1.          Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan 
6.5.2.          Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional

6.6.               Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah

6.6.1.          Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.
6.6.2.          Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis. 

6.                                   PENGELOLAAN

6.1.               Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak

6.1.1.   Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  Dokumen I KTSP

v  Papan Visi dan Misi sekolah

v  Notulen Rapat penyususnan Visi dan Misi
v  Daftar hadir
v  Berita acara penetapan Visi dan Misi
v  Notulen Rapat Sosialisasi
v  Daftar hadir
Kekuatan
·         Sekolah kami telah merumuskan visi dan misi sekolah.
·         Sekolah kami telah merumuskan visi dan misi berdasarkan masukan dari warga sekolah dan pihak yang berkepentingan ,selaras dengan visi institusi diatasnya serta pendidikan nasional.
·         Sekolah kami telah meputuskan Visi dan misi melalui rapat Pleno.
Kelemahan
·         Sekolah kami belum mempertimbangkan masukan komite sekolah dalam penyusunan Visi dan Misi.
·         Sekolah kami hanya melakukan sosialisasi Visi dan misi kepada warga sekolah.
·         Sekolah kami belum melakukan review selama 4 tahun.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan secara buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan sekolah.
Sekolah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga sekolah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan.
Sekolah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga sekolah.
Sekolah kami belum memiliki visi dan misi yang jelas yang dirumuskan bersama oleh warga sekolah.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami belum mempertimbangkan masukan komite sekolah dalam penyusunan Visi dan Misi.
·         Sekolah kami hanya melakukan sosialisasi Visi dan misi kepada warga sekolah.
·         Sekolah kami belum melakukan review secara berkala.












6.1.               Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak

6.1.2.   Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  RKS

v  RKAS

v  Notulen Rapat Keputusan

v  Berita acara Keputusan

 

Kekuatan
·         Sekolah kami telah memiliki rencana kerja jangka menengah dan tahunan dengan mempertimbangkan masukan dari komite sekolah.
·         Sekolah kami telah menyusun rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas.
·         Sekolah kami telah mengesahkan rencana kerja jangka menengah dan tahunan kepada dinas pendidikan kabupaten.

Kelemahan


Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga sekolah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan sekolah.
Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah secara mandiri, kemitraan, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel,
Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel
Sekolah kami belum mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah.
Rekomendasi:
·         Sekolah kami dapat mengembangkan pengelolaan sekolah dengan melakukan kolaboratif.



6.2.               Rencana kerja sekolah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.

6.2.1.       Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

v  RKS

Kekuatan
·         Sekolah kami telah merumuskan tujuan rencana kerja yang jelas.
·         Sekolah kami telah merumuskan tujuan sekolah dengan mengakomodasikan masukan melalui rapat dewan pendidik yang dipimpin kepala sekolah.
·         Sekolah kami telah menyusun renstra.
·         Sekolah kami telah menyusun RKS.
·         Sekolah kmai telah merumuskan tujuan yang menggambarkan kualitas yang dicapai.
·         Sekolah kami telah menyusun tujuan yang mengacu pada visi dan misi.
·         Sekolah kami telah menyusun tujuan yang mengacu pada SKL.

Kelemahan
·         Sekolah kami dalam merumuskan tujuan sekolah belum diakomodasikan dari berbagai pihak yang berkepentingan.
·         Sekolah kami dalam merumuskan tujuan sekolah belum disosialisasikan kepada segenap pihak yang berkepntingan.
·         Sekolah kami dalam menyusun rumusan rencana kerja belum mengacu pada EDS.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk dokumen renstra dan RKS, yang berbasis analisis EDS/M dan di update secara berkala.
Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M.
Sekolah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS.
Sekolah kami memiliki dokumen rencana kerja tahunan namun belum memiliki renstra.

Rekomendasi:
·         Sekolah kami dalam merumuskan tujuan sekolah perlu mengakomodasikan dari berbagai pihak yang berkepentingan.
·         Sekolah kami dalam merumuskan tujuan sekolah perlu disosialisasikan kepada segenap pihak yang berkepentingan.
·         Sekolah kami perlu mengacu pada pada hasil EDS dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah

8 komentar:

  1. Boleh minta filenya gan, ane juga lagi butuh buat laporan

    BalasHapus
  2. uda kami kurum bos,,,,muda2han bermanfaat amin selamat berkarya,,,,,

    BalasHapus
  3. kak tolong dikirim ke e-mailku donk..

    BalasHapus
  4. dragon03143@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Bang kirim ke emailku asadfaroek@gmail.com

    BalasHapus
  6. bolehkah sy dikirim edm nya pak solikan?
    emeilku heni.johan@gmail.com
    jazakallah

    BalasHapus
  7. tolong kirim ke email mtsnu_kademangan@yahoo.co.id
    syukron....

    BalasHapus
  8. tolong kirim ke email al_alawiyahmts@yahoo.com
    syukron....

    BalasHapus