STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
DASAR
Mata Pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
A.
Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan
komunikasi berkembang dengan pesat yang
dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan
ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan,
bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi
informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan
untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu
diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar
mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang
ditandai dengan perubahan yang
sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan
kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi
dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan
demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan
untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan
peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran
Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau
bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu
pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun,
atau ekivalen dengan 2 jam pelajaran per
minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah
dan mandiri
B. Tujuan
Mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1. Memahami teknologi informasi dan
komunikasi
2. Mengembangkan keterampilan untuk
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3. Mengembangkan sikap kritis,
kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
4. Menghargai karya cipta di bidang
teknologi informasi dan komunikasi.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk
mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.
Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data
dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan
prospeknya di masa mendatang
|
1.1
Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
1.2
Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
1.3
Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi
di dalam kehidupan sehari-hari
1.4
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi
1.5
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
2. Mengenal
operasi dasar peralatan komputer
|
2.1
Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.2
Mematikan komputer sesuai prosedur
2.3
Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3.
Mempraktikkan keterampilan dasar
komputer
|
3.1
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras
komputer
3.2
Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program
aplikasi
3.3
Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
3.4
Mempraktikkan satu program aplikasi
|
Kelas VIII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menggunakan perangkat lunak
pengolah kata untuk menyajikan informasi
|
1.1
Mengidentifikasi menu dan ikon
pada perangkat lunak pengolah kata
1.2
Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
1.3
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata
1.4 Membuat dokumen pengolah kata sederhana
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menggunakan perangkat lunak
pengolah angka untuk menyajikan informasi
|
2.1
Mengidentifikasi menu dan ikon
pada perangkat lunak pengolah angka
2.2
Menjelaskan fungsi menu dan
ikon pada program pengolah angka
2.3
Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka
2.4
Membuat dokumen pengolah angka
sederhana
|
Kelas IX , Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
|
1.1
Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
1.2
Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
1.3 Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
1.4 Mengidentifikasi
perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet
1.5
Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet
|
Kelas IX , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Menggunakan Internet untuk
memperoleh informasi
|
2.1
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
2.2
Mengidentifikasi beberapa layanan
informasi yang ada di Internet
2.3
Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi
yang bermanfaat
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan
landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
MANTAP
BalasHapus