STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil
karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal,
regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta didik dapat
mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya,
serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil
intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat memusatkan
perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih mandiri dan leluasa
dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi
lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua dan masyarakat dapat
secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan daan kesastraan di
sekolah;
5.
sekolah dapat menyusun program
pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan keadaan peserta
didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat menentukan bahan
dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi dan kekhasan
daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku,
baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan
sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah
membaca sekurang-kurangnya 15 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali
berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
Membaca
3. Memahami ragam teks
nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan
membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per
menit
3.3 Membacakan berbagai
teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran
dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi,
isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik dan benar
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Berbicara
6. Mengeskpresikan pikiran
dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara,
lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai
teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku
cerita yang dibaca
|
Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca
atau didengar
|
Kelas VII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan wawancara
|
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan seorang tokoh/narasumber
yang disampaikan dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting
yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan
bertelepon
|
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan
identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
|
Membaca
11. Memahami wacana tulis
melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
|
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat
diteladani dari buku biografi yang
dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama
dalam teks yang dibaca
11.3 Menemukan informasi
secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
|
Menulis
12. Mengungkapkan berbagai
informasi dalam bentuk narasi
dan pesan singkat
|
12.1 Mengubah
teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan
kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi
dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan
puisi
|
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan
terhadap pembacaan cerpen
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan
latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
|
Membaca
15. Memahami wacana sastra
melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama,
volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak
baik asli maupun terjemahan
|
Menulis
16. Mengungkapkan keindahan
alam dan pengalaman melalui
kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
peristiwa yang pernah dialami
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
berbentuk laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai
informasi melalui wawancara dan
presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara
dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang
baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan
informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
memindai
3.2 Menemukan tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu
teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat
dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa
yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi
pementasan drama
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang
ditulis siswa
6.2 Bermain peran dengan
cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik
teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan
menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak
dengan memperhatikan keaslian
ide
8.2 Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi berita
dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan atau ditonton
melalui radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali
berita yang didengar/ ditonton melalui
radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran,
persaan, dan informasi melalui kegiatan
diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa
yang baik dan benar, serta santun
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang
bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi
dalam bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
yang bervariasi, serta persuasif
|
Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja (asli atau
terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel
remaja (asli atau terjemahan)
yang dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan
latar
novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli
atau terjemahan)
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan
novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau
terjemahan)
14.2
Menanggapi
hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi
puisi
|
15.1 Menjelaskan
alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Menulis
16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam
puisi bebas
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan
pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan
unsur persajakan
|
Kelas IX, Semester
1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa
narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam
dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
komentar dan laporan
|
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau
produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca memindai
|
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam
teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara
cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang
singkat, padat, dan jelas
4.2 Meresensi buku pengetahuan
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana
|
Mendengarkan
5.
Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan
mendengarkan syair
|
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
5.2 Menganalisis
unsur-unsur syair yang
diperdengarkan
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan kembali
cerpen dan puisi dalam bentuk
yang lain
|
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi
cerpen
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan suasana/irama yang dibangun
|
Membaca
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku
kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
7.2 Menganalisis nilai-nilai
kehidupan pada cerpen-cerpen dalam
satu buku kumpulan cerpen
|
Menulis
8.
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
|
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca
8.2 Menulis cerita pendek
bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Kelas IX, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
|
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
yang didengar
9.2 Memberi komentar tentang
isi pidato/ceramah/khotbah
|
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam pidato
dan diskusi
|
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan
intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
10.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca cepat
|
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel
dan buku melalui kegiatan membaca
ekstensif
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan
membaca intensif
11.3 Menyimpulkan
gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat
± 200 kata per menit
|
Menulis
12. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk
karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
|
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis surat
pembaca tentang lingkungan sekolah
|
Mendengarkan
13. Memahami wacana sastra
melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
|
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan
terhadap pementasan drama
|
14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa
14.2 Menilai mementasan
drama yang dilakukan oleh siswa
|
Membaca
15. Memahami novel dari
berbagai angkatan
|
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam buku novel angkatan 20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
Menulis
16. Menulis naskah drama
|
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang
sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua
BalasHapusTerimakasih yaaa saya akan berjuang untuk UN 2015! Do'akan yaa :)
BalasHapus