STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS )
TINGKAT SMP, MTs,
DAN SMPLB
Oleh : Solikan,S.Pd
World Education – khan35.blogspot.com
Tag : SK,KD,IPS,SMP/MTs,Berkarakter
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai
SMP/MTs/SMPLB. IPS
mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan
dengan isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi
Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta
didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di masa yang akan
datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena kehidupan
masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena itu mata
pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan
kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan
bermasyarakat yang dinamis.
Mata pelajaran
IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses
pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.
Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman
yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1. Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki komitmen dan kesadaran
terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi,
bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal,
nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan
dampaknya terhadap kehidupan
1.2
Mendeskripsikan kehidupan pada
masa pra-aksara di Indonesia
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
3.2 Mengidentifikasi tindakan
ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Kelas VII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
4. Memahami usaha manusia untuk
mengenali perkembangan lingkungannya
|
4.1 Menggunakan peta, atlas, dan
globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.2
Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
4.3 Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
4.4
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta
dampaknya terhadap kehidupan
|
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak
masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
|
|
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
1.3 Mendeskripsikan permasalahan lingkungan
hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan
dampaknya terhadap pembangunan
|
2. Memahami proses
kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses
perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang
ditimbulkannya di berbagai daerah
2.2 Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
3. Memahami masalah
penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya)
sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
3.2 Mengidentifikasi
berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
4. Memahami kegiatan
pelaku ekonomi di masyarakat
|
4.1 Mendeskripsikan hubungan antara
kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
4.2 Mendeskripsikan pelaku
ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
4.3 Mengidentifikasi bentuk
pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
|
Kelas VIII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5.
Memahami usaha persiapan kemerdekaan
|
5.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar
proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
5.2 Menjelaskan proses persiapan kemerdekaan Indonesia
|
6.
Memahami pranata dan penyimpangan sosial
|
6.1 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk hubungan sosial
6.2 Mendeskripsikan pranata sosial dalam
kehidupan masyarakat
6.3 Mendeskripsikan
upaya pengendalian penyimpangan sosial
|
7. Memahami kegiatan perekonomian
Indonesia
|
7.1 Mendeskripsikan
permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam
kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
7.2 Mendeskripsikan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
7.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional
7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran
serta terbentuknya harga pasar
|
Kelas IX,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
|
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri negara
berkembang dan negara maju
1.2 Mendeskripsikan Perang Dunia II
(termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial,
ekonomi, dan politik di Indonesia
|
2. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1 Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
2.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
3. Memahami perubahan sosial budaya
|
3.1 Mendeskripsikan
perubahan sosial-budaya pada masyarakat
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat
dalam menyikapi perubahan
|
4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
|
4.1 Mendeskripsikan uang dan
lembaga keuangan
4.2 Mendeskripsikan perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
|
Kelas IX,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
5.
Memahami hubungan manusia dengan bumi
|
5.1 Menginterpretasi
peta tentang bentuk dan pola muka bumi
5.2 Mendeskripsikan keterkaitan
unsur-unsur geografis dan penduduk di
kawasan Asia Tenggara
5.3 Mendeskripsikan
pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
|
6. Memahami usaha mempertahankan Republik
Indonesia
|
6.1 Mendeskripsikan perjuangan bangsa
Indonesia merebut Irian Barat
6.2 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa
Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
|
7. Memahami perubahan pemerintahan dan
kerjasama internasional
|
7.1 Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
7.2 Menguraikan
perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam
kerjasama internasional
7.3 Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan
sosial-budaya di era global
7.4 Mendeskripsikan kerjasama
antarnegara di bidang ekonomi
7.5 Mengidentifikasi dampak
kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar