STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah
(MTs)
A. Latar
Belakang
Muatan seni budaya sebagaimana yang
diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu
sendiri meliputi segala aspek kehidupan.
Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara
tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.
Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan
pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan
diberikan di sekolah karena keunikan,
kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik,
yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan
berekspresi/berkreasi dan berapresiasi
melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan
“belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran
lain.
Pendidikan Seni Budaya memiliki
sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan
mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti
bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan
beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis,
evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan
cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika.
Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan
kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap
demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam
masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan
Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang
harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai
multikecerdasan yang terdiri atas
kecerdasan intrapersonal, interpersonal,
visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta
kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral,
dan kecerdasan emosional.
Bidang seni rupa, musik, tari, dan teater memiliki
kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni budaya, aktivitas
berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian
pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi
elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat
yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni
budaya
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap
seni budaya
3. Menampilkan kreativitas melalui seni
budaya
4. Menampilkan peran serta
dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
C. Ruang
Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni
yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan
sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu
menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi
kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
||
2.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
2.2
|
Merancang karya
seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
||
2.3
|
Membuat karya
seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu daerah setempat
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen karya lagu daerah setempat
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal daerah setempat
|
5.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni tari
tunggal daerah setempat
|
||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat
|
6.2
|
Memeragakan tari
tunggal daerah setempat
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater daerah setempat
|
||
8.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi teknik
olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
8.2
|
Merancang
pertunjukan teater daerah setempat
|
||
8.3
|
Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater
|
Keterangan:
Seni rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis meliputi
desain, dan seni kriya.
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
||||
9.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
|
9.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
|||
10.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
10.2
|
Membuat karya
seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
|
|||
10.3
|
Menyiapkan karya
seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
|||
10.4
|
Menata karya
seni rupa hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
|||
Seni Musik
|
||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi ragam musik daerah
setempat
|
|
11.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni musik daerah setempat
|
|||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
daerah setempat
|
|
12.2
|
Menyajikan karya
seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
|||
Seni Tari
|
||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok daerah setempat
|
|
13.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni tari berpasangan/ kelompok daerah setempat
|
|||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari berpasangan/
kelompok daerah setempat
|
|
14.2
|
Memeragakan tari
tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah
setempat
|
|||
Seni Teater
|
||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
|
15.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater daerah setempat
|
|||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
|
16.2
|
Merancang
pertunjukan teater daerah setempat
|
|||
16.3
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
|||
16.4
|
Menyiapkan
pertunjukan teater daerah setempat di
sekolah
|
|||
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
daerah setempat di sekolah
|
|||
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
1.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan Nusantara
|
||
2.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Merancang karya
seni kriya tekstil dengan teknik dan
corak seni rupa terapan Nusantara
|
2.2
|
Membuat karya
seni kriya tekstil dengan teknik dan
corak seni rupa terapan Nusantara
|
||
2.3
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni lukis/gambar
|
||
Seni Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu Nusantara
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir
secara sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal Nusantara
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara
|
||
6.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari tunggal Nusantara
|
6.2
|
Memeragakan tari
tunggal Nusantara
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater Nusantara
|
||
8.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
8.2
|
Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
||
8.3
|
Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater
|
||
8.4
|
Menggelar
pertunjukan teater Nusantara
|
Keterangan
Teater Nusantara: Teater yang tumbuh dan berkembang di wilayah
Nusantara.
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|||||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi
jenis karya seni rupa terapan Nusantara
|
||||
9.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik karya seni rupa terapan Nusantara
|
||||||
10.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
||||
10.2
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni grafis
|
||||||
10.3
|
Menyiapkan karya
seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
||||||
10.4
|
Menata karya
seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
||||||
Seni Musik
|
|||||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik tradisional Nusantara
|
||||
11.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni
musik tradisional Nusantara
|
||||||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir
secara sederhana lagu tradisi Nusantara
|
||||
12.2
|
Menyiapkan seni
musik tradisional Nusantara untuk
disajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
|
||||||
12.3
|
Menyajikan karya seni musik tradisional
Nusantara secara perseorangan dan berkelompok
di kelas atau sekolah
|
||||||
Seni Tari
|
|||||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
13.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan seni
tari berpasangan Nusantara
|
||||||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
14.2
|
Menyiapkan pementasan
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||||
14.3
|
Mementaskan tari
berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||||
Seni Teater
|
|||||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
||||
15.2
|
Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
||||||
16.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
|
||||
16.2
|
Merancang
pertunjukan teater Nusantara
|
||||||
16.3
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
||||||
16.4
|
Menyiapkan
pertunjukan teater Nusantara di sekolah
|
||||||
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
Nusantara di sekolah
|
||||||
Kelas IX,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|||
1.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi
seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat
|
1.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah
setempat
|
||
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Memilih unsur
seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
|
||
Seni
Musik
|
|||
3.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
|
3.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu mancanegara di Asia
|
||
4.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara di Asia
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
|
||
Seni Tari
|
|||
5.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari Mancanegara di Asia
|
5.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
|
||
6.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi gerak tari kreasi berdasarkan tari
Nusantara
|
6.2
|
Menampilkan tari
kreasi berdasarkan tari Nusantara
|
||
Seni Teater
|
|||
7.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional dan
modern mancanegara di Asia
|
7.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater mancanegara di Asia
|
||
8.
|
Mengekspresikan karya
seni teater
|
8.1
|
Merancang
pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat,
Nusantara, dan mancanegara di Asia
|
8.2
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
Keterangan
Teater Kreatif: Teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang
tidak mengikuti begitu saja teater yang sudah mentradisi.
Kelas IX,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|||||||
9.
|
Mengapresiasi
karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi
karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia
|
||||
9.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
|
||||||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
||||
10.2
|
Menyiapkan karya
seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
|
||||||
10.3
|
Menata karya
seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar
sekolah.
|
||||||
Seni Musik
|
|||||||
11.
|
Mengapresiasi
karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik mancanegara di luar Asia
|
||||
11.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni musik mancanegara di luar Asia
|
||||||
12.
|
Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara
|
||||
12.2
|
Menyiapkan karya
seni musik mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di
kelas atau di sekolah
|
||||||
12.3
|
Menampilkan
karya seni musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas
atau di sekolah
|
||||||
Seni Tari
|
|||||||
13.
|
Mengapresiasi
karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||
13.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||||
14.
|
Mengekspresikan
diri melalui seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi
gerak tari kreasi berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
|
||||
14.2
|
Menciptakan tari
kreasi berdasarkan tari mancanegara di
luar Asia
|
||||||
14.3
|
Menyiapkan
pertunjukan tari di sekolah
|
||||||
14.4
|
Menggelar pertunjukan tari di sekolah
|
||||||
Seni Teater
|
|||||||
15.
|
Mengapresiasi
karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional
dan modern mancanegara di luar Asia
|
||||
15.2
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral seni teater mancanegara di luar Asia
|
||||||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Merancang
pertunjukan teater kreatif dengan
mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
|
||||
16.2
|
Menerapkan prinsip
kerjasama dalam berteater
|
||||||
16.3
|
Menyiapkan
pertunjukan karya teater kreatif di sekolah
|
||||||
16.4
|
Menggelar pertunjukan
karya teater kreatif yang diciptakan di sekolah
|
||||||
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Mata Pelajaran
KETERAMPILAN
Mata Pelajaran Keterampilan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran Keterampilan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Usaha mengembangkan manusia
berkualitas yang siap menghadapi berbagai tantangan hidup dimulai sedini
mungkin melalui pendidikan. Kegiatan pendidikan diberikan antara lain melalui
sejumlah mata pelajaran yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar yang
bermakna dan bervariasi bagi peserta didik. Tidak semua lulusan SMP/MTs
melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, sebagian diantaranya harus
memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu mata pelajaran keterampilan perlu
diberikan pada peserta didik di tingkat SMP/MTs. Mata pelajaran Keterampilan
diarahkan agar peserta didik dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan
personal, sosial, pra-vokasional, dan akademik. Penekanan jenis keterampilan
yang dipilih oleh satuan pendidikan perlu mempertimbangkan minat dan bakat
peserta didik serta potensi lokal, lingkungan budaya, kondisi ekonomi dan
kebutuhan daerah.
Keterampilan personal dan sosial
diperlukan oleh seluruh peserta didik, keterampilan akademik diperlukan oleh
mereka yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan keterampilan
pra-vokasional diperlukan oleh mereka yang akan memasuki dunia kerja.
Keterampilan pra-vokasional memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
terlibat dalam berbagai pengalaman apresiasi dan berkreasi untuk menghasilkan
suatu karya yang bermanfaat langsung bagi kehidupan peserta didik. Seluruh aktivitas pembelajaran memberikan
bekal kepada peserta didik agar adaptif, kreatif dan inovatif melalui pengalaman
belajar yang menekankan pada aktivitas fisik dan aktivitas mental. Peserta
didik melakukan interaksi dengan produk kerajinan dan teknologi yang ada di
lingkungannya untuk dapat menciptakan berbagai jenis produk kerajinan maupun
produk teknologi.
Orientasi pembelajaran
Keterampilan pra-vokasional adalah memfasilitasi pengalaman emosi, intelektual,
fisik, persepsi, sosial, estetika, artistik dan kreativitas peserta didik
dengan melakukan aktivitas apresiasi dan kreasi terhadap berbagai produk.
Kegiatan ini dimulai dari mengidentifikasi potensi di sekitar peserta didik
untuk diubah menjadi produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Pembelajaran dirancang secara sistematis melalui tahapan meniru, memodifikasi,
dan mengubah fungsi produk yang ada menuju produk baru yang lebih bermanfaat.
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar berikut merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diberikan
oleh sekolah/madrasah. Setiap satuan pendidikan dapat menawarkan pelajaran
keterampilan lain yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik serta
potensi lokal, lingkungan budaya, kondisi ekonomi dan kebutuhan daerah, dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan sendiri.
B. Tujuan
Mata pelajaran Keterampilan
pra-vokasional bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mampu mengembangkan pengetahuan
dan keterampilan membuat berbagai produk kerajinan dan produk teknologi yang
berguna bagi kehidupan manusia
2. Memiliki rasa estetika, apresiasi
terhadap produk kerajinan, produk teknologi, dan artefak dari berbagai wilayah
Nusantara maupun dunia
3. Mampu mengidentifikasi potensi
daerah setempat yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kerajinan dan
pemanfaatan teknologi sederhana
4. Memiliki sikap profesional dan
kewirausahaan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Keterampilan
pra-vokasional meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Keterampilan kerajinan
2. Pemanfaatan teknologi sederhana
yang meliputi teknologi rekayasa, teknologi budidaya dan teknologi pengolahan
3. Kewirausahaan.
Struktur pengetahuan dalam
matapelajaran Keterampilan terdiri dari jenis, bentuk, cara kerja dan fungsi
kerajinan dan teknologi. Pembelajaran mata pelajaran ini berintegrasi dengan
pengetahuan yang telah diperoleh peserta didik dalam matapelajaran lain.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
1. Mengapresiasi benda kerajinan
|
1.1 Memahami keterampilan teknis pada produk
benda kerajinan
1.2 Mengapresiasi unsur estetika pada produk
benda kerajinan
|
2. Membuat benda kerajinan
|
2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan
lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat
|
2.2 Mendesain benda kerajinan untuk
fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat,
potong dan rekat
|
|
2.3 Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami
maupun buatan dengan teknik lipat, potong
dan rekat
|
|
2.4 Membuat kemasan benda kerajinan untuk
fungsi pakai/hias dengan sentuhan estetika sehingga siap dipamerkan atau
dijual
|
|
Teknologi Rekayasa
|
|
3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
|
3.1 Memahami fungsi dan keterampilan teknis
pada produk alat penerangan dengan listrik arus lemah (baterai)
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pada
produk alat penerangan dengan listrik arus lemah (baterai)
|
4. Menciptakan karya teknologi rekayasa
|
4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat
penerangan dengan listrik (baterai)
|
4.2 Membuat alat penerangan dengan listrik arus
lemah (baterai)
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya
|
5.1 Mengenal produk hewan unggas petelur
5.2 Mengapresiasi produk hewan unggas petelur
|
6. Menerapkan teknologi budidaya
|
6.1 Menyusun rencana pemeliharaan
dan perawatan hewan unggas petelur
6.2 Memelihara hewan unggas petelur sampai
menghasilkan telur
|
Teknologi Pengolahan
|
|
7. Mengapresiasi karya teknologi
pengolahan
|
7.1 Mengenal
produk manisan buah dan kemasannya dari sesi citarasa, estetika dan
keterampilan teknik baik lisan maupun tertulis
|
7.2 Menghargai produk manisan buah dan
kemasannya dari sesi citarasa, estetika dan keterampilan teknik baik lisan
maupun tertulis
|
|
8. Menerapkan teknologi karya
pengolahan
|
8.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan
manisan bentuk padat dari bahan nabati
|
8.2 Membuat produk manisan basah bentuk padat
dari bahan nabati sesuai dengan prosedur kerja yang disusunnya
|
|
8.3 Membuat kemasan produk manisan basah dengan
sentuhan estetika sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
Kelas VII Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
9. Mengapresiasi benda
kerajinan
|
9.1
Mengenal berbagai produk kerajinan yang menggunakan teknik butsir dan
teknik cetak
9.2
Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan yang menggunakan teknik
butsir dan teknik cetak
|
10. Membuat benda
kerajinan
|
10.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan
produk kerajinan dengan teknik butsir dan cetak
10.2 Mendesain produk kerajinan teknik butsir
dan cetak dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
10.3 Membuat produk kerajinan teknik butsir dan
cetak dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
10.4 Membuat kemasan produk kerajinan teknik
butsir dan cetak sehingga siap dipamerkan
dan dijual
|
Teknologi Rekayasa
|
|
11. Mengapresiasi benda
karya teknologi rekayasa
|
11.1 Mengenal alat yang menimbulkan suara
dengan listrik arus lemah (baterai)
11.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pada alat
yangmenimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai)
|
12. Menciptakan benda karya teknologi rekayasa
|
12.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat
yang menimbulkan suara dengan listrik arus lemah (baterai)
|
12.2 Membuat alat yang menimbulkan suara dengan
listrik arus lemah (baterai)
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
13.
Mengapresiasi karya teknologi budidaya
|
13.1 Mengenal bibit hewan unggas
13.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembibitan hewan unggas
|
14.
Menerapkan teknologi budidaya
|
14.1 Menyusun rencana pemeliharaan bibit hewan
unggas
14.2 Memelihara bibit hewan unggas
|
Teknologi Pengolahan
|
|
15. Mengapresiasi karya
teknologi pengolahan
|
15.1 Mengenal
manisan kering dan kemasannya
15.2 Mengapresiasi keterampilan teknis produksi dan pengemasan
manisan kering
|
16. Menerapkan teknologi
pengolahan
|
16.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan
manisan kering dari bahan nabati
|
16.2 Membuat manisan kering dari bahan nabati
|
|
16.3 Membuat kemasan untuk manisan kering yang
siap dipamerkan dan dijual
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
1.
Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam
|
1.1 Mengenal produk kerajinan jahit dan sulam
1.2 Mengapresiasi keterampilan teknis kerajinan
jahit dan sulam
|
2.
Membuat produk kerajinan jahit dan sulam
|
2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan
produk kerajinan jahit dan sulam
|
2.2 Mendesain produk kerajinan
jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
2.3 Membuat produk kerajinan jahit
dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
|
|
2.4 Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan
sulam sehingga siap dipamerkan dan
dijual
|
|
Teknologi
Rekayasa
|
|
3. Mengapresiasi
karya teknologi rekayasa penjernihan air
|
3.1 Mengenal alat penjernihan air dengan
teknologi mekanis
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan
alat penjernihan air dengan teknologi mekanis
|
4. Menerapkan
teknologi rekayasa penjernihan air
|
4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi
mekanis
|
4.2 Membuat alat penjernihan air dengan
teknologi mekanis
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
5.
Mengapresiasi hasil teknologi budidaya
|
5.1 Mengenal berbagai tanaman obat
5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis budidaya
tanaman obat
|
6.
Menerapkan teknologi budidaya
|
6.1 Menyusun rencana penanaman dan perawatan
tanaman obat
|
6.2 Merawat tanaman obat
|
|
Teknologi Pengolahan
|
|
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
|
7.1 Mengenal
produk pengawetan bahan nabati
yang diasinkan
7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis
pengawetan bahan nabati yang diasinkan
|
8. Menerapkan teknologi pengolahan
|
8.1 Merencanakan prosedur kerja pengawetan
bahan mentah nabati dengan cara diasinkan
|
8.2 Melakukan proses pengawetan bahan mentah
nabati dengan cara diasinkan
|
|
8.3 Membuat kemasan produk pengawetan bahan
nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
Kelas VIII Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame
|
9.1 Mengenal produk kerajinan anyaman dan
makrame
9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis
pembuatan kerajinan anyaman dan makrame
|
10. Membuat produk kerajinan
anyaman dan makrame
|
10.1 Merencanalan prosedur
kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame
|
10.2 Mendesain kerajinan anyaman dan
makrame
10.3 Membuat produk kerajinan
anyaman dan makrame
|
|
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan
makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
|
Teknologi Rekayasa
|
|
11.
Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
|
11.1 Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia
11.2 Mengapresiasi
keterampilan teknis pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia
|
12.
Membuat alat
penjernihan air
|
12.1 Merencanakan prosedur
kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia
|
12.2 Membuat alat penjernihan air dengan
teknologi kimia
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
13. Mengapresiasi
karya teknologi budidaya tanaman hias
|
13.1
Mengenal tanaman hias yang ada di
lingkungan sekitar yang menggunakan media tanah
|
13.2 Mengapresiasi keterampilan
teknis pembudidayaan tanaman hias yang
menggunakan media tanah
|
|
14. Menerapkan teknologi
budidaya tanaman hias
|
14.1 Menyusun rencana penanaman dan perawatan
tanaman hias yang menggunakan media
tanah
|
14.2 Menanam tanaman hias yang
menggunakan media tanah
14.3 Merawat tanaman hias yang
menggunakan media tanah
|
|
Teknologi Pengolahan
|
|
15. Mengapresiasi karya teknologi
pengolahan pengawetan bahan makanan
|
15.1 Mengenalan produk hasil
pengawetan bahan hewani yang diasinkan
15.2 Mengapresiasi keterampilan
teknis pengawetan bahan hewani yang diasinkan
|
16. Menerapkan teknologi
pengolahan pengawetan bahan makanan
|
16.1 Merencanakan prosedur kerja pengawetan
bahan mentah hewani dengan cara diasinkan
|
16.2 Melakukan proses
pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan
|
|
16.3 Membuat kemasan produk
hasil pengawetan bahan hewani yang
diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
Kelas IX Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
1. Mengapresiasi benda kerajinan dengan
teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi
|
1.1 Mengenal berbagai kerajinan dengan teknik
potong sambung dan atau teknik potong konstruksi
1.2 Mengapresiasi keterampilan teknik potong
sambung dan teknik potong konstruksi
|
2. Membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik
potong konstruksi
|
2.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan
benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan atau teknik potong
konstruksi
|
2.2 Mendesain produk kerajinan
menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi dengan
ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
2.3 Membuat produk kerajinan
menggunakan teknik potong sambung dan atau teknik potong konstruksi dengan
ragam hias tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
|
|
2.4 Membuat kemasan produk kerajinan sehingga siap
dipamerkan atau dijual
|
|
Teknologi Rekayasa
|
|
3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa
|
3.1 Mengenal berbagai alat yang berputar secara
mekanis
3.2 Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan
alat yang berputar secara mekanis
|
4. Membuat benda teknologi rekayasa
|
4.1 Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat
yang berputar secara mekanis
|
4.2 Membuat alat yang berputar secara mekanis
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air
tawar
|
5.1 Mengenal berbagai jenis ikan air tawar
5.2 Mengapresiasi keterampilan teknis
pembudidayaan ikan air tawar
|
6. Menerapkan teknologi budidaya ikan air tawar
|
6.1 Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan
ikan air tawar
|
6.2 Memelihara ikan air tawar
|
|
Teknologi Pengolahan
|
|
7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan
|
7.1 Mengenal berbagai hasil pengawetan
bahan nabati yang dikeringkan
7.2 Mengapresiasi keterampilan teknis
pengawetan bahan nabati yang
dikeringkan
|
8. Menerapkan teknologi pengolahan
|
8.1 Merencanakan prosedur kerja mengawetkan
bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan
|
8.2 Melakukan proses pengawetan bahan mentah
nabati dengan cara dikeringkan
|
|
8.3 Membuat kemasan hasil pengawetan bahan
nabati yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
Kelas IX Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kerajinan
|
|
9. Mengapresiasi kerajinan dengan teknik
sayat dan ukir
|
9.1 Mengenal produk kerajinan yang menggunakan
teknik sayat dan ukir
9.2 Mengapresiasi keterampilan teknis
pembuatan kerajinan dengan teknik sayat dan ukir
|
10. Membuat benda kerajinan dengan teknik sayat dan ukir
|
10.1 Merencanakan prosedur
kerja pembuatan benda kerajinan yang menggunakan teknik sayat dan ukir dengan
motif tradisional, mancanegara maupun modifikasinya
|
10.2 Mendesain benda kerajinan
yang menggunakan teknik sayat dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara
maupun modifikasinya
10.3 Membuat benda kerajinan
yang menggunakan teknik sayat dan ukir dengan motif tradisional, mancanegara
maupun modifikasinya
|
|
10.4 Membuat kemasan benda kerajinan sehingga
siap dipamerkan dan dijual
|
|
Teknologi Rekayasa
|
|
11. Mengapresiasi alat
yang berputar digerakkan listrik
|
11.1 Mengenal berbagai
alat yang berputar dengan memanfaatkan arus listrik
|
11.2 Mengapresiasi
keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar dengan memanfaatkan arus listrik
|
|
12. Membuat alat yang berputar digerakkan
listrik
|
12.1 Merencanakan
prosedur kerja pembuatan alat yang berputar digerakkan listrik
|
12.2
Membuat alat
yang berputar digerakkan listrik
|
|
Teknologi Budidaya
|
|
13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya
ikan hias air tawar
|
13.1 Mengenal berbagai ikan
hias air tawar
13.2 Mengapresiasi keterampilan
teknis pembudidayaan ikan hias air tawar
|
14. Menerapkan teknologi
budidaya ikan hias air tawar
|
14.1 Merencanakan prosedur
kerja produk budidaya ikan hias air tawar di dalam kolam
|
14.2 Melakukan budidaya ikan hias air tawar
|
|
Teknologi Pengolahan
|
|
15. Mengapresiasi hasil
teknologi pengolahan
|
15.1 Mengenal berbagai produk hasil pengawetan bahan hewani yang
dikeringkan
15.2 Mengapresiasi keterampilan
teknis pengawetan bahan hewani yang dikeringkan
|
16. Menerapkan teknologi
pengolahan
|
16.1 Merencanakan prosedur
kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan
|
16.2 Melakukan proses
pengawetan bahan mentah hewani dengan cara dikeringkan
|
|
16.3 Membuat kemasan hasil
pengawetan bahan hewani yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar