STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
A.
Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi
dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk
inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang
alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah
yang dapat diidentifikasikan. Penerapan
IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian
lingkungan. Di tingkat SMP/MTs
diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) secara
terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat
suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara
bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan
kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya
sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di
SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui
penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara
nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan
kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B. Tujuan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2. Mengembangkan pemahaman tentang
berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan
kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.
Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah
serta berkomunikasi
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam
memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.
Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan
ke jenjang selanjutnya.
C.
Ruang Lingkup
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan
kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.
Materi dan Sifatnya
3.
Energi dan Perubahannya
4.
Bumi dan Alam Semesta
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Kelas VII,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok
dan besaran turunan beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu
dan pengukurannya
1.3 Melakukan pengukuran
dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan
pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah
wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia
zat
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan
berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia
berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia
melalui percobaan sederhana
|
Kelas VII,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5.
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
6.
Memahami keanekara-gaman makhluk
hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan
antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman
mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi
manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam
pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2
Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada
tumbuhan hijau
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri
dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1
Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
5.2
Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai
peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3
Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya,
prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi
dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan
penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat
indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup
makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil
pewarisan sifat dan penerapannya.
2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsikan muatan
listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis percobaan
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja
elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan hubungan
energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
4.
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara
membuat magnet
4.2 Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
5.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata
surya
5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang
dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang
terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar