Instrumen
Evaluasi Diri Madrasah
(EDM)
Tahun
Pelajaran 2010/2011
MTs
Hasyim Asy’ari Sumbersuko
Jl.
Labruk Kidul 88 Sumbersuko
Faximile
/ Telephone : 0334 890579
1. STANDAR ISI |
|
Komponen |
Indikator |
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
1.1.1.
Pengembangan kurikulum pada tingkat
satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.
1.1.2.
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan
karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta
didik, dan kebutuhan pembelajaran.
1.1.3.
Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi
waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.
|
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik |
1.2.1.Sekolah menyediakan
layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi
peserta didik.
1.2.2.Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
|
1. ISI |
|||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
|||||||
1.1.1. Pengembangan
kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun
BSNP.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v SK Tim Pengembang Kurikulumv Notulen Rapat TPKv Daftar Hadir TPKv Dokumen I KTSP |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah membentuk Tim Pengembang Kurikulum.
·
Sekolah kami kurikulum telah memuat 5 kelompok Mapel.
·
Sekolah kami kurikulum telah memuat 8 mata pelajaran,
muatan lokal dan pengembangan diri.
·
Sekolah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip
pengembangan kurikulum.
·
Sekolah kami memiliki kurikulum yang memuat 7 prinsip
pelaksanaan kurikulum.
·
Sekolah kami telah mengesahkan kurikulum kepada Dinas
Pendidikan Kabupaten.
·
Sekolah kami telah mereview kurikulum setiap tahun.
Kelemahan
·
Sekolah kami hanya melibatkan anggota TPK (Kepala
Sekolah, Guru dan Komite) dalam penyusunan Kurikulum.
·
Kurikulum sekolah kami belum memuat subtansi IPA dan
IPS Terpadu.
·
Sekolah kami hanya mensosialisasikan kurikulum kepada
dewan guru.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Kurikulum sekolah
kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan
bagi pengembangan kurikulum sekolah lainnya yang memiliki karakteristik yang
sama.
|
Kurikulum sekolah kami disusun dan
dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP.
|
Kurikulum sekolah
kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan
|
Kurikulum sekolah
kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP.
|
||||
Rekomendasi
·
Sekolah kami perlu melibatkan anggota TPK (Pengawas,
Orang Tua dan Peserta didik) dalam penyusunan Kurikulum.
·
Sekolah kami perlu memuat subtansi IPA dan IPS Terpadu.
·
Sekolah kami perlu mensosialisasikan kurikulum kepada
semua warga sekolah dan pemangku kepentingan terkait.
|
|||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
|||||||
1.1.2.
Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter
daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan
kebutuhan pembelajaran.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumen I KTSPv Notulen Rapat Dinasv Penetapan Muatan Lokal |
Kekuatan
· Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan
karakter daerah.
· Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan
kebutuhan sosial masyarakat.
· Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan
kondisi budaya.
· Kurikulum Sekolah kami telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan usia
peserta didik.
· Kurikulum Sekolah kami telah mempertimbangkan kebutuhan pembelajaran.
Kelemahan
· Kurikulum sekolah kami belum terintegrasi dalam silanus setiap mata
pelajarajan.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Kurikulum sekolah kami disusun
dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi
budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi
dalam silabus setiap mata pelajaran
serta menjadi rujukan kab/kota
dalam pengembangan kurikulum lokal.
|
Kurikulum sekolah kami disusun dengan
mempertimbangkan karakter daerah,
kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan
kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.
|
Kurikulum sekolah
kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan
pembelajaran.
|
Kurikulum sekolah
kami disusun belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
|
||||
Rekomendasi:
·
Kurikulum sekolah kami dapat mengintegrasi dalam silabus
setiap mata pelajarajan serta dapat menjadi rujukan Kabupaten dalam
pengembangan kurikulum lokal.
|
|||||||
1.1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan |
|||||||
1.1.3.
Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu,
rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumen I KTSPv Kalender Pendidikanv Program Remidial dan Pengayaanv Jadwal Pelajaran |
Kekuatan
·
Kurikulum Sekolah kami telah memuat 10 Mata Pelajaran. Muatan Lokal dan Pengembangan diri.
·
Kurikulum Sekolah kami telah
mengalokasikan waktu 40 menit per jam pelajaran.
·
Sekolah kami telah
melaksanakan layanan pembelajaran yang bersifat perbaikan dan pengayaan.
Kelemahan
·
Sekolah kami telah
melaksanakan tambahan 5 jam pelajaran
setiap minggu
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang
cukup bagi peserta didik agar
dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya
dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik.
|
Struktur
kurikulum sekolah kami telah
mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat
memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program
remedial dan pengayaan.
|
Struktur kurikulum sekolah kami kurang
mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep
yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program
remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.
|
Struktur kurikulum sekolah kami tidak
mengalokasikan waktu yang cukup
bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru
sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial
dan pengayaan belum pernah
dilaksanakan.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu menyesuaikan pelaksanaan tambahan 4 jam pelajaran setiap minggu.
|
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik |
|||||||
1.2.1.
Sekolah menyediakan layanan
bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta
didik.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program BKv Jurnal Kegiatan BKv Buku Kasus |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah menyusun program Bimbingan dan
Konseling.
·
Sekolah kami telah memenyediakan layanan Bimbingan dan Konseling
bagi pesertab didik
·
Sekolah kami telah melaksanakan layanan Bimbingan dan
Konseling yang memadai bagi peserta didik.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum sepenuhnya mengorganisasikan
kegiatan Bimbingan dan Konsel untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri
peserta didik.
·
Sekolah kami belum sepenuhnya melaksanakan tindak
lanjut.
·
Sekolah kami belum menyusun laporan kegiatan Bimbingan
dan Konseling.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan
berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap
peserta didik, baik yang terprogram
dengan jelas maupun berdasarkan
kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik.
|
Sekolah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan
serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan
pengembangan pribadi peserta didik.
|
Sekolah kami masih sangat terbatas dalam
memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi
kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
|
Sekolah kami belum mampu memberikan
layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu sepenuhnya
mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling secara
menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri peserta didik.
·
Sekolah kami perlu
melaksanakan tindak lanjut secara menyeluruh.
·
Sekolah kami perlu menyusu laporan pelaksanaan
Bimbingan dan Konseling.
|
|||||||
1.2. Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik |
||||||||
1.2.2.
Sekolah menyediakan kegiatan
ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
|
||||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
|||||||
v Progran dan Perencanaan kegiatan Ekstrakurikulerv Jadwal Kegiatanv Jurnal kegiatan ekstrakurikulerv Daftar Hadir |
Kekuatan
·
Sekolah
kami telah menyusun program dan perencanaan kegiatan ekstra kurikuler.
·
Sekolah
kami telah menyediakan 14 jenis kegiatan pengembangan diri sesuai kebutuhan
peserta didik.
·
Sekolah
kami telah melaksanakan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat, minat jenis
kelamin dan tingkat perkembangan peserta didik.
·
Sekaolah
kami telah membuat laporan dan penilaian kegiatan ekstrakurikuler kepada
orang tua.
·
Sekolah
kami telah mengakomodir semua kebutuhan pengembangan diri peserta didik.
Kelemahan
·
Sekolah
kami belum sepenuhnya melibatkan masyarakat dalam pengembangan
ekstrakurikuler di sekolah.
|
|||||||
Tahapan Pengembangan |
||||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
||||
Sekolah kami menyediakan berbagai
jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan
dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra-
kurikulernya.
|
Sekolah kami sudah menyediakan beberapa
kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.
|
Sekolah kami
menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi
belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta
didik.
|
Sekolah kami belum mampu memberikan
kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik.
|
|||||
Rekomendasi:
·
Sekolah
kami dapat menyesuaikan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat
setiap peserta didik serta melibatkan masyarakat dalam pengembangannya.
|
||||||||
2. STANDARPROSES |
||||||||
Komponen |
Indikator |
|||||||
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar |
2.1.1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi
Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.
2.1.2.
Pengembangan Silabus
dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.
|
|||||||
2.2. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik |
2.2.1.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
2.2.2.
RPP memperhatikan perbedaan gender,
kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta
didik.
|
|||||||
2.3. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat |
2.3.1.
Siswa dapat mengakses buku panduan, buku
pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran
dengan mudah.
2.3.2.
Guru menggunakan buku panduan, buku
pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran
secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
|
|||||||
2.4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik |
2.4.1.
Para guru melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2.4.2.
Para peserta didik memperoleh kesempatan
yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan
konfirmasi.
|
|||||||
2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan |
2.5.1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap
meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan
berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
|
|||||||
2. PROSES |
|||||||
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar |
|||||||
2.1.1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi
Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Silabusv Dokumen I KTSPv Berita acara Reviewv Daftar Hadir Review |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah mengembangkan
silabus berdasarkan Standar Isi (SI). Standar Kompetens Kelulusan (SKL) dan panduan KTSP ( BSNP ).
·
Sekolah kami telah
mereview silabus setiap tahun secara berkala.
·
Sekolah kami telah menandatangani semua silabus kepada kepala sekolah.
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Silabus kami telah sesuai dengan
SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan
situasi dan kondisi sekolah.
|
Silabus kami
telah sesuai dengan SI,
SKL, dan panduan KTSP.
|
Sebagian silabus kami telah
sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
|
Silabus kami belum sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.
|
||||
Rekomendasi :
·
Sekolah kami dapat mengembangkan silabus dengan
memperhatikan situasi dan kondisi sekolah.
|
|||||||
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar |
|||||||
2.1.2.
Pengembangan Silabus
dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Silabusv Daftar Hadirv Berita Acara |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah mengembangkan silabus yang dilakukan oleh guru secara mandiri maupun kelompok MGMP.
·
Sekolah kami telah memiliki silabus sebanyak 10 mata
pelajaran pokok.
Kelemahan
·
Sekolah kami memiliki 2 silabus dari 3 silabus muatan lokal.
·
Sekolah kami belum melakukan kajian secara menyeluruh dalam pengembangan silabus.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Silabus kami
telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu
peserta didik.
|
Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan
secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
|
Sebagian silabus kami
telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau
berkelompok.
|
Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan
secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu membina 1 guru muatan lokal untuk
menyusun dan mengembangkan silabus Mulok.
·
Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru untuk melakukan kajian dalam
pengembangan silabus.
|
|||||||
2.2. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik |
|||||||
2.2.1. Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip
perencanaan pembelajaran.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Silabusv RPPv Daftar Hadirv Berita acara |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah menyusun RPP sesuai dengan prinsip penysusnan RPP.
·
Sekolah kami telah menysusun RPP sesuai dengan silabus untuk mencapai KD.
·
Sekolah kami telah menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
·
Sekolah kami telah menyusun RPP tiap satu kali pertemuan.
·
Sekolah kami telah menyusun RPP yang ditandatangani
oleh kepala sekolah
Kelemahan
·
36 guru dari 42 guru di sekolah kami telah menyusun RPP
secara mandiri.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
RPP disusun
oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan
prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil
belajar peserta didik.
|
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap
kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
|
Sebagian guru menyusun RPP
sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan
pembelajaran.
|
Guru tidak menyusun RPP sendiri.
|
||||
Rekomendasi:
·
6 guru disekolah kami perlu diberi motivasi untuk
menyusun RPP secara mandiri.
|
|||||||
2.2. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik |
|||||||
2.2.2.
RPP memperhatikan perbedaan gender,
kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta
didik.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumen RPP |
Kekuatan
Kelemahan
·
Guru-guru disekolah kami dalam menyusun RPP belum
sepenuhnya memperhatikan perbedaan peserta didik.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
RPP memperhatikan perbedaan gender,
kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta
didik serta direview oleh para ahli.
|
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap
intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial,
emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
|
RPP memperhatikan perbedaan
gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya.
|
RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru-guru
dalam penyusunan RPP agar memperhatikan perbedaan peserta didik
|
|||||||
2.3. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat |
|||||||
2.3.1.
Siswa dapat mengakses buku panduan, buku
pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran
dengan mudah
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Katalog Buku
v Buku Peminjaman
v Inventaris Perpustakaan
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah menyediakan buku teks 10 mata pelajaran dengan rasio 1 : 1
·
Sekolah kami telah menyediakan buku panduan, buku referensi dan
sumber belajar lainya yang mudah di
akses dan dipinjam peserta didik.
·
Sekolah kami dalam penentuan buku teks disepakati
melalui rapat guru mata pelajaran.
·
Sekolah kami memiliki sumber belajar lain berupa
Laboratorium IPA dan Laboratorium Bahasa.
·
Sekolah kami memiliki sumber belajar Perpustakaan yang
dilengkapi IT
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Siswa sekolah
kami menggunakan sumber belajar yang dibeli
(dimiliki) sendiri dan berbagai materi yang tersedia di
perpustakaan sekolah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar sekolah
dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta
dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE) dan materi lain dari e-library sekolah
|
Siswa sekolah
kami menggunakan sumber belajar yang dibeli (dimiliki)
sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan
sekolah dengan mudah untuk dipinjam
dan dipakai di luar sekolah dalam
kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Sekolah Elektrnik (BSE).
|
Siswa sekolah
kami menggunakan sumber belajar
yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di
perpustakaan sekolah selama pelajaran berlangsung.
|
Siswa sekolah kami hanya
menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri.
|
||||
Rekomendasi
·
Sekolah kami
dalam menggunakan buku teks pelajaran telah melalui rapat guru tetapi perlu
pertimbangan dengan komite sekolah.
·
Sekolah kami
perlu sepenuhnya membiasakan peserta didik menggunakan buku-buku dan sumber
belajar lain yang ada diperpustakaan sekolah.
|
|||||||
2.3 Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat |
|||||||
2.3.2.
Guru menggunakan buku panduan, buku
pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran
secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Katalog buku penunjangv Daftar penggunaan buku guruv Daftar buku pegangan guru |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi.
·
Guru di sekolah kami telah menggunakan sumber belajar
lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media
pembelajaran di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah dengan melibatkan
siswa.
|
Guru-guru kami menggunakan
buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain
buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi
peserta didik.
|
Guru-guru kami sudah
menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun hanya
pada mata pelajaran tertentu.
|
Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada
buku-buku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran.
|
||||
Rekomendasi :
·
Sekolah kami dapat menafaatkan berbagai
jenis sumber belajar disekolah dan memanfaatkan tempat belajar lain di luar
sekolah.
|
|||||||
2.4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik |
|||||||
2.4.1. Para
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang
interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Laporan Supervisiv RPP |
Kekuatan
·
Guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran yang merupakan
implementasi dari RPP.
·
Guru si sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran meliputi pendahuluan, kegiatan Inti dan Penutup.
Kelemahan
·
38 Guru dari 42 guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran PAKEM
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Guru-guru kami
melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan,
dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di sekolah lainnya.
|
Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.
|
Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.
|
Guru-guru kami belum konsisten melaksanakan
kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusunnya.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberi motivasi kepada 4 guru untuk
melaksanakan pembelajaran secara PAIKEM.
|
|||||||
2.4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik |
|||||||
2.4.2. Para
peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v RPPv Hasil Supervisi |
Kekuatan
·
Guru di sekolah kami telah melaksanakan pembelajaran
meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
Kelemahan
·
Guru di sekolah kami belum secara konsisten melaksanakan pembelajaran eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Guru-guru kami tidak hanya
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi
dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran
tetapi juga di luar proses
pembelajaran.
|
Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan
ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses
pembelajaran.
|
Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.
|
Guru-guru kami belum memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan
konfirmasi di setiap proses pembelajaran.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada guru
untuk selalu melaksanakan pembelajaran yang meliputi eksplorasi, elaborasi
dan konfirmasi.
|
|||||||
2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan |
|||||||
2.5.1.
Supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program Supervisiv Jadwal Supervisiv Instrumensupervisiv Hasil Supervisi |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
melaksanakan supervisi dan evaluasi Pembelajaran secara berkala dan berkelanjutan.
·
Sekolah kami dalam
melaksanakan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran telah melalui tahapan
meliputi : Perencanaan, Pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran.
·
Sekolah kami telah menyampaikan hasil supervisi dan
evaluasi secara terbuka melalui rapat pembinaan.
Kelemahan
· Sekolah kami belum menyelenggarakan supervisi dengan cara pemberian
contoh , diskusi, pelatihan dan konsultasi.
· Sekolah kami belum melaksanakan tindak lanjut hasil Ssupervisi dan
evaluasi.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi
dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil
pembelajaran termasuk program
tindak lanjut.
|
Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
|
Proses pembelajaran di sekolah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu
saja.
|
Proses pembelajaran di sekolah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu menyelenggarakan supervisi dengan
cara pemberian contoh , diskusi, pelatihan dan konsultasi.
·
Sekolah kami perlu melaksanakan
tindak lanjut hasil supervisi dan evaluasi.
|
|||||||
2.5. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan |
|||||||
2.5.2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan
berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program supervisiv Jadwal supervisi dan evaluasiv Hasil supervisi dan evaluasiv Laporan supervisi dan evaluasi |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah menyusun program supervisi dan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan.
·
Sekolah kami telah
melaksanakan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara berkala setiap tahun.
·
Sekolah kami telah membentuk Tim Pelaksana supervisi dan evaluasi proses pembelajaran.
·
Sekolah kami telah melaksanakan supervisi dan evaluasi
oleh pengawas.
Kelemahan
·
Sekolah kami hanya dapat melakukan supervisi dan evaluasi kepada 32 guru dari 42 guru.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran
dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah, teman sejawat dan Pengawas
serta melibatkan peserta didik.
|
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan
berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
|
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala
oleh kepala sekolah dan pengawas
tetapi tidak ditindaklanjuti.
|
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran hanya dilakukan oleh pengawas.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu melakukan supervisi dan
evaluasi kepada 10 guru yang belum terjaring supervisi dan evaluasi.
|
|||||||
3. STANDARKOMPETENSI LULUSAN |
|
Komponen |
Indikator |
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan |
3.1.1.
Peserta didik memperlihatkan kemajuan
yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
3.1.2.
Peserta didik
memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
3.1.3.
Peserta didik memperlihatkan motivasi
belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
|
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat |
3.2.1.
Sekolah mengembangkan kepribadian peserta
didik.
3.2.2.
Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
3.2.3.
Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama,
budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
|
3. KOMPETENSI LULUSAN |
|||||||
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan |
|||||||
3.1.1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik
dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program Kurikulumv Target dan Pencapaian Kurikulumv Laporan Kelulusan
v Laporan Kenaikan Kelas
|
Kekuatan
·
Peserta didik
disekolah kami telah menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata pada setiap
mata pelajaran.
·
100 % Peserta didik
disekolah kami telah berhasil dalam kelulusan setiap tahunnya dan rata-rata nilainya cenderung
meningkat.
Kelemahan
·
84 % dari 825 Peserta didik
disekolah kami telah mencapai target yang ditetapkan pada KKM.
·
57 % dari 825 Peserta didik
disekolah kami telah mencapai KKM dalam Ulangan Akhir Semester
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
Peserta didik
memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi
kelulusan, percaya diri, dan
memiliki harapan yang tinggi dalam
berprestasi.
|
Peserta
didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target
yang ditetapkan dalam SKL.
|
Peserta didik
memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten.
|
Hasil belajar
peserta didik masih di bawah SKL.
|
||||
Rekomendasi:
·
16 % dari 825 Peserta didik
disekolah kami perlu dibina dan dibimbing untuk mencapai target yang ditetapkan pada KKM.
·
43 % dari 825 Peserta didik
disekolah kami perlu dibina dan dibimbing untuk mencapai KKM dalam
Ulangan Akhir Semester
|
|||||||
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan |
|||||||
3.1.2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai
pembelajar yang mandiri.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Buku pemberian Tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak terstruktur |
Kekuatan
·
Peserta didik telah
memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan untuk mencari
informasi/ pengetahuan lebih lanjut dari berbagai sumber belajar.
Kelemahan
·
Sebagian Peserta didik disekolah
kami belum mampu melaksanakan tugas-tugas bervariasi.
·
Sebagian Peserta didik
disekolah kami belum mampu meningkatkan volum tugas yang dikerjakan.
·
Sebagian Peserta didik
disekolah kami belum mampu meningkatkan nilai tugas belajar mandiri.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Peserta didik kami (mampu menjadi pembelajar yang mandiri) mengembangkan keterampilan
berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas
mereka.
|
Peserta
didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
|
Sebagian
peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.
|
Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar
yang mandiri.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberikan tugas-tugas bervariasi
untuk dikerjakan.
·
Sekolah kami perlu meningkatkan volum tugas yang
dikerjakan.
·
Sekolah kami perlu meningkatkan nilai tugas belajar secara
mandiri
|
|||||||
3.1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan |
|||||||
3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan
rasa percaya diri yang tinggi.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program Kesiswaan
v Program kurikulum
v Laporan pelaksanaan kegiatan
v SK Pembagian tugas tambahan
|
Kekuatan
·
Peserta didik di sekolah kami siswanya telah mampu
membuat hasil karya dari limbah lingkungan.
·
Sekolah kami telah menyediakan kegiatan apresiasi
budaya dan seni untuk mengekspresikan diri melalui pentas seni.
·
Peserta didik di sekolah kami memperoleh pengalaman belajar
melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum menyediakan layanan penelususran
bakat minat peserta didik.
·
Sebagian besar peserta didik di sekolah kami memiliki
motivasi belajar.
·
Sebagian besar peserta didik di sekolah kami memiliki
rasa percaya diri yang tinggi.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Peserta didik kami memiliki
motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu mengekspresikan diri dalam
mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun.
|
Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan
rasa percaya diri yang tinggi.
|
Sebagian peserta didik kami
memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
|
Peserta didik belum
memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu menyediakan layanan penelusuran
bakat dan minat peserta didik.
·
Sekolah kami perlu meningkatkan motivasi belajar peserta
didik melalui kegiatan pembelajaran yang bermutu.
·
Sekolah kami perlu meningkatkan rasa percaya diri yang
tinggi melalui kegiatan Diskusi dan KIR.
|
|||||||
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat |
|||||||
3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumentasi Kegiatan |
Kekuatan
·
Sekolah kami menyediakan
layanan pengembangan pribadi peserta didik.
·
Sekolah kami telah mampu mengarahkan peserta didik menunjukkan
kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
·
Sekolah kami telah mampu mengarahkan peserta
didik mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam
lingkungannya.
·
Sekolah kami telah
mampu menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras dan golongan sosial
ekonomi di lingkungan sekitarnya.
·
Sekolah kami telah
mampu menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum sepenuhnya mampu mengarahkan peserta didik untuk berkomunikasi
secara jelas dan santun.
·
Sekolah kami belum sepenuhnya mampu menunjukkan kebiasaan
hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
·
Sekolah kami belum
seluruhnya mampu mengarahkan pesertan didik menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
·
Sekolah kami belum mampu mengarahkan peserta didik untuk mengenali kekurangan dan
kelebihan diri sendiri.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Peserta didik berpartisipasi secara
aktif dalam kehidupan di sekolah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi
dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan
untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas.
|
Peserta didik kami menunjukkan sikap
yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami
tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada
orang lain.
|
Peserta didik kami
menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas, akan
tetapi mereka belum
terlalu memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan
perhatian kepada orang lain.
|
Peserta didik kami menunjukkan
sikap yang baik di sekolah.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah
kami perlu mengarahkan peserta didik untuk berkomunikasi
secara jelas dan santun.
·
Sekolah kami perlu menunjukkan peserta didik untuk biasa hidup bersih, sehat, bugar aman dan memanfaatkan waktu luang.
·
Sekolah kami perlu mengarahkan pesertan didik menunjukkan
rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya.
·
Sekolah kami perlu mengarahkan peserta didik untuk mengenali kekurangan dan
kelebihan diri sendiri.
|
|||||||
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat |
|||||||
3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program Pengembangan diriv Catatan Kepribadian Peserta didikv Buku pelanggaranv Buku kejadian |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah memberikan pembelajaran pembiasaan
berperilaku salam, sapa, senyum, sopan dan santun.
·
bakat dan minat.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum menyediakan pelayanan pengembangan keterampilan hidup peserta didik
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Potensi dan
minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui
partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain
keterampilan.
|
Sekolah
kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup
sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat.
|
Sekolah kami
menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan
minat peserta didik.
|
Sekolah kami hanya
menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa
mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi
mereka secara penuh.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami siswanya perlu menunjukkan kegemaran
membaca dan menulis.
·
Sekolah kami siswanya perlu menunjukkan ketrampilan
menyimak, berbicara, membaca,menulis dan menghitung.
|
|||||||
3.2. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat |
|||||||
3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan
pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Daftar Hadir Siswa Sholat Berjamaah.v Program mengembangan pembiasaanv Jadwal pembacaan do’a |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
menerapkan ajaran agama sesuai dengan tahap perkembangan anak.
·
Sekolah kami telah mengembangkan pembiasaan sholat dhuhur berjamaah
·
Sekolah kami telah mengembangkan sifat jujur, adil dan menghargai keragaman.
·
Sekolah kami telah mengembangkan kegiatan seni dan budaya
lokal.
·
Sekolah kami telah mengembangkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar.
·
Sekolah kami telah mengembangkan sikap kepedulian antar
sesama daan terhadap lingkungan.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum sepenuhnya dapat membimbing peserta didik untuk menerapkan
nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Peserta didik
memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan
mereka sehari-hari secara konsisten
baik di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat.
|
Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam
kehidupan mereka sehari-hari.
|
Peserta didik kami
memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah
mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari.
|
Peserta didik kami
memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami siswanya perlu sepenuhnya mampu
menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan
sebagai makhluk ciptaan Tuhan.
|
|||||||
4. STANDARPENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
|
Komponen |
Indikator |
4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
4.1.1.
Jumlah pendidik memenuhi standar.
4.1.2.
Jumlah tenaga kependidikan memenuhi
standar.
|
4.2. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
4.2.1.
Kualifikasi pendidik memenuhi standar
4.2.2.
Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standard
|
4.3. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
4.3.1.
Kompetensi pendidik memenuhi standar
4.3.2.
Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standard
|
4. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
|||||||
4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.1.1. Jumlah pendidik memenuhi standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Daftar urutan Kepegawaian
v SK Pembagian Tugas Mengajar
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah memiliki 42 orang guru yang sesuai
dengan jumlah mata pelajaran yang diajarkan.
·
Sekolah kami gtelah memiliki seorang guru yang ditunjuk
sebagai kepala sekolah.
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Jumlah pendidik di sekolah kami sangat memadai untuk
memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas
tinggi bagi semua peserta didik, termasuk
peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
Jumlah
pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan
|
Jumlah
pendidik di sekolah kami sudah
memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
Jumlah pendidik di
sekolah kami belum memadai
sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami dapat memiliki guru yang menangani peserta didik yang
mempunyai kebutuhan khusus.
|
|||||||
4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.1.2. Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v SK Pembagian Tugas tambahanv Rincian Tugas dan Fungsi urusan |
Kekuatan
·
Sekolah kami memiliki kepala dan pegawai Tata Usaha
·
Sekolah kami telah memiliki petugas layanan khusus (
Pesuruh, Penjaga, Kebun, kebersihan, keamanan )
·
Sekolah kami telah memiliki kepala dan pengelola
perpustakaan.
·
Sekolah kami meiliki kepala Laboratorium IPA.
·
Sekolah kami memiliki kepala Laboratorium Komputer.
·
Sekolah kami memiliki tenaga konselor.
·
Sekolah kami telah memiliki 4 urusan (Kurikulum,
Kesiswaan, Humas, Sapras )
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami
memiliki tenaga kependidikan dengan
jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua
peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
Sekolah kami memiliki jumlah tenaga
kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan,
termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
|
Jumlah tenaga
kependidikan di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan
syarat minimal yang ditentukan
|
Jumlah tenaga
kependidikan di sekolah kami belum memadai sesuai dengan
syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami dapat mengembangkan pelayanan pendidikan
dengan kualitas tinggi bagi semua
peserta didik termasuk yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
|||||||
4.2. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.2.1. Kualifikasi pendidik memenuhi standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v SK pengangkatan Kepala Sekolah
v Ijasah Pendidik
v Akta mengajar
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah memiliki kepala sekolah
berkualifikasi S2.
·
Sekolah kami memiliki kepala
sekolah yang bersertifikasi pendidik.
Kelemahan
·
40 orang dari 42 guru Sekolah kami memiliki kaulifikasi ijasah S1.
·
36 orang dari 42 guru di sekolah kami memiliki ijasah
yang dengan mata pelajaran yang diampu.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman
belajar dengan kualitas tinggi
bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
Kualifikasi pendidik di sekolah
kami sudah memadai sesuai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar.
|
Kualifikasi pendidik di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang
ditentukan.
|
Kualifikasi pendidik
di sekolah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada 2 orang dari
42 guru untuk memenuhi pendidikan minimum S1.
·
Sekolah kami perlu menyesuaikan 6 orang yang mengajar
tidak sesuai matapelajaran dan ijasahnya.
|
|||||||
4.2. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.2.2. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Ijasah |
Kekuatan
·
Sekolah kami memiliki kepala Tata usaha berkualifikasi S1 Pendidikan.
·
Sekolah kami memiliki 1 orang TU berijasah SMK, dan 3
orang TU berijasah S1.
·
Sekolah kami memiliki kepala Laboratorium IPA berijasah
S1 IPA (Biologi).
·
Sekolah kami memiliki kepala Perpustakaan berijasah S1
Bahasa Indonesia.
·
Sekolah kami memiliki kepala Laoboratorium IPA
berijasah S1 Komputer.
·
Sekolah kami memiliki tenaga kebersihan berijasah SMK.
·
Sekolah kami memiliki tenaga pesuruh berijasah SMP.
·
Sekolah kami memiliki tenaga keamanan berijasah SMA.
·
Sekolah kami memiliki tenaga kebun berijasah SMP.
Kelemahan
·
Sekolah kami memiliki tenaga penjaga tidak memiliki ijasah.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai
untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan
khusus.
|
Kualifikasi tenaga kependidikan suai dengan standar yang
ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar.
|
Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami sudah
memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
Kualifikasi tenaga kependidikan di sekolah kami belum
memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu memberikan motivasi kepada penjaga sekolah untuk mengikut kejar
paket A dan B.
|
|||||||
4.3. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.3.1. Kompetensi pendidik memenuhi standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumen Administrasi Kepala Sekolah
v Dokumen administrasi guru
|
Kekuatan
·
Kepala sekolah kami telah memenuhi kompetensi Kepribadian,
Manajerial, Kewirausahaan, supervisi, dan sosial.
·
Guru-guru disekolah kami telah memenuhi kompetensi
pendidik,kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial.
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami
memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat
memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua
peserta didik, termasuk peserta
didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
Kompetensi pendidik di sekolah kami
sudah memadai sesuai dengan standar
yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar.
|
Kompetensi pendidik
di sekolah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
Kompetensi pendidik di sekolah
kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami dapat memberikan pengalaman belajar berkualitas tinggi bagi semua kepada
peserta didik.
|
|||||||
4.3. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai |
|||||||
4.3.2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
Kekuatan
·
Sekolah kami memiliki Kepala TU sesuai kompetensi Kepribadian, Sosial, Profesional dan Administratif.
·
Sekolah kami memiliki Kepala Laboratorium IPA dan
Komputer sesuai Kompetensi :
Kepribadian, Sosial, Profesional, Administratif dan
Akademik.
·
Sekolah kami memiliki Kepala Perpustakaan sesuai kompetensi
:Manajerial, Pengelolaan
informasi, Kependidikan, Kepribadian, Sosial
dan Pengembangan Profesi.
·
Sekolah kami memiliki Tenaga konselor sesuai Kompetensi
Paedagogik, Kepribadian, Profesional dan Sosial.
·
Sekolah kami memiliki tenaga khusus yang sesuai dengan
kompetensi yang dimiliki.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum memiliki laboran IPA.
|
|||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah
kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi
semua peserta didik, termasuk peserta
didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
|
Kompetensi pendidik (seharusnya tenaga
kependidikan)i dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk
menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.
|
Kompetensi
tenaga kependidikan di sekolah kami
sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
Kompetensi
tenaga kependidikan di sekolah kami
belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami
perlu memiliki Laboran IPA
|
|||||||
5. STANDARSARANA DAN PRASARANA |
|
Komponen |
Indikator |
5.1. Sarana sekolah sudah memadai |
5.1.1.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan,
persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
5.1.2.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam
rombongan belajar.
5.1.3.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber
belajar termasuk buku pelajaran.
|
5.2. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik |
5.2.1.
Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan
persyaratan standar
5.2.2.
Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi
kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
|
5. SARANA DAN PRASARANA |
|||||||
5.1. Sarana sekolah sudah memadai |
|||||||
5.1.1. Sekolah memenuhi standar
terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem
ventilasi, dan lainnya.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Denah Sekolah
v Sertifikat tanah
v IMB
v Inventaris bangunan
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
memenuhi hak milik lahan dengan rasio 12,2 m²/peserta didik.
·
Sekolah kami telah
memenuhi hak pakai lahan seluas 10.065 m².
·
Sekolah kami telah
memenuhi luas lantai bangunan dengan rasio 7,58 m²/peserta didik.
·
Sekolah kami telah
memiliki satu lantai bangunan seluas 6450 m².
·
Bangunan gedung
sekolah kami telah dilengkapi dengan fentilasi udara dan pencahayaan yang
memadai.
·
Sekolah kami telah memiliki
ruang kelas dengan ukuran 7 m x 9 m.
·
Sekolah telah
memiliki IMB dan sertifikat tanah.
·
Sekolah kami
memiliki daya listrik 3500 watt
Kelemahan
·
Sekolah kami hanya
memiliki 20 ruang belajar dari 23 rombel.
·
Seakolah kami belum
memiliki ruang Laboratorium bahasa.
·
Sekolah kami belum
memiliki ruang multimedia.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
√ |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami memiliki bangunan gedung
yang ukuran, ventilasi, dan
kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP.
|
Sekolah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan,
persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
|
Sekolah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
|
Sekolah kami belum memenuhi SPM
terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem
ventilasi, dan lainnya.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu
memiliki tambahan 3 ruang kelas baru.
·
Seakolah kami perlu
memiliki ruang Laboratorium bahasa.
·
Sekolah kami perlu
memiliki ruang multimedia.
|
|||||||
5.1. Sarana sekolah sudah memadai |
|||||||
5.1.2. Sekolah memenuhi standar
terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Data Kelas
v Data peserta didik
v Buku induk Siswa
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
memiliki 23 rombongan belajar terdiri dari 8 kelas IX, 8 kelas VIII dan 7
Kelas VII.
Kelemahan
·
Sekolah kami
memiliki jumlah peserta didik dengan jumlah maksimum 38 siswa dalam satu
rombel.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam
SNP, agar
dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran.
|
Sekolah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik
pada setiap rombongan belajar.
|
Sekolah kami memenuhi SPM
dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
|
Sekolah kami belum memenuhi
SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu
mengatur jumlah peserta didik dengan jumlah maksimum 36 siswa dalam satu
rombel..
|
|||||||
5.1. Sarana sekolah sudah memadai |
|||||||
5.1.3.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber
belajar termasuk buku pelajaran.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Buku Inventaris Sekolah
v Buku inventaris Perpustakaan
v Buku inventaris kelas
v Buku inventaris sarana dan prasarana
v Buku inventaris laboratorium IPA dan Komputer
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
memiliki 1 buah papan tulis setiap ruang.
·
Sekolah kami telah
memiliki 85 judul buku referensi.
·
Sekolah kami hanya
memiliki 162 judul buku bacaan.
·
Seakolah kami
memiliki perpustakaan yang dilengkapi 6 set Komputer sebagai sumber belajar
·
Sekolah kami
memiliki peralatan Pembelajaran IPA lengkap.
·
Sekolah kami
memiliki perangkat 20 komputer sebagai media pembelajaran.
·
Sekolah kami telah
dilengkapi dengan peralatan bermain dan olah raga yang memadai.
Kelemahan
·
Sekolah kami telah
memiliki buku teks dengan rasio 1 : 1 untuk 9 Mata pelajaran
·
Sekolah kami belum
memiliki peralatan seni budaya dan ketrampilan.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami memiliki alat dan sumber belajar yang melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.
|
Sekolah kami memiliki dan
menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP.
|
Sekolah kami memiliki dan
menggunakan alat serta sumber belajar
sesuai dengan SPM.
|
Sekolah kami belum
memiliki dan menggunakan alat serta
sumber belajar sesuai dengan SPM.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu
memiliki buku teks dengan rasio 1 : 1 untuk 2 Mata pelajaran bahasa daerah
dan Seni buadaya
·
Sekolah kami perlu
memiliki peralatan seni budaya dan ketrampilan.
|
|||||||
5.2. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik |
|||||||
5.2.1. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala
sesuai dengan persyaratan standar.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Program perbaikan /pemeliharaanv Jadwal perbaikan /pemeliharaanv Laporan pelaksanaan perbaikan dan pemeliharaan sarana dan prasarana |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
memiliki program perbaikan/pemeliharaan
sarana dan prasarana dalam jangka 4 tahun.
·
Sekolah kami telah
melaksanakan perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana secara rutin pada
kurun waktu 5 tahun terakhir.
·
Sekolah kami telah
melakukan perbaikan dan pemeliharaan sarana dan prasarana IT setiap tahun.
Kelemahan
·
Sekolah kami masih
melaksanakan sebagian perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana pada
kurun waktu 5 tahun terakhir.antara lain: Pengecatan, Penggantian plafon yang
berlubang, Penggantian genting yang rusak, Perbaikan tembok yang berlubang,
pagar roboh.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Pemeliharaan
bangunan di sekolah kami dilaksanakan secara rutin melebihi waktu yang ditetapkan dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik.
|
Pemeliharaan
bangunan di sekolah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP.
|
Pemeliharaan
bangunan di sekolah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti
kebersihan ruangan.
|
Pemeliharaan
bangunan di sekolah kami tidak
dilaksanakan secara rutin. Sebagian gedung sekolah kami di bawah
standar, harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami perlu
melaksanakan seluruh perbaikan / pemeliharaaan sarana dan prasarana pada
kurun waktu 5 tahun.
|
|||||||
5.2. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik |
|||||||
5.2.2. Bangunan aman dan nyaman untuk
semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang
berkebutuhan khusus.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Foto sekolah
v Denah Sekolah
|
Kekuatan
·
Sekolah kami mudah
dijangkau oleh peserta didik.
·
Sekolah kami
memiliki ruang perpustakaan yang letaknya mudah dicapai oleh peserta didik.
·
Sekolah kami
memiliki ruang guru yang mudah dicapai dari halaman sekolah ataupun dari luar
lingkungan sekolah.
·
Sekolah kami belum
memiliki pagar yang kokoh dan berpintu.
·
Sekolah kami
memiliki lahan yang terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan
dan keselamatan jiwa.
·
Sekolah kami
terhindar dari bahaya polusi udara, suara dan tanah.
·
Sekolah kami telah
memiliki kenyamanan dalam belajar yang memadai.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum
dilengkapi sistem proteksi pasif dan atau proteksi aktif untuk mencegah dan
menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Setiap orang yang datang ke sekolah kami, selain warga sekolah termasuk yang
berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan
dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada.
|
Bangunan di
sekolah kami aman dan nyaman untuk
semua peserta didik dan memberi
kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
|
Bangunan yang ada di
sekolah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik
yang berkebutuhan khusus.
|
Sebagian bangunan di sekolah kami
masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik,
termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami belum
dilengkapi sistem proteksi pasif dan atau proteksi aktif untuk mencegah dan
menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.
|
|||||||
6. STANDARPENGELOLAAN |
|
Komponen |
Indikator |
6.1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak |
6.1.1.
Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan
kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
6.1.2.
Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian,
kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
6.2. Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan |
6.2.1.
Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang
jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
6.2.2.
Sekolah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis
tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga sekolah dan
pihak-pihak yang berkepentingan.
|
6.3. Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar |
6.3.1.
Rencana Kerja
tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan
berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
6.3.2.
Sekolah melakukan
evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat
dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar
6.3.3.
Sekolah menetapkan
prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan
berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil
belajar
|
6.4. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid |
6.4.1.
Sekolah mengelola sistem informasi
pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
6.4.2.
Sekolah menyediakan sistem informasi yang
efisien, efektif, dan dapat diakses
|
6.5. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan |
6.5.1.
Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga
kependidikan
6.5.2.
Supervisi dan evaluasi pendidik dan
tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
|
6.6. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah |
6.6.1.
Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan
kegiatan akademis dan nonakademis.
6.6.2.
Sekolah melibatkan anggota masyarakat
khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.
|
6. PENGELOLAAN |
|||||||
6.1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak |
|||||||
6.1.1. Sekolah merumuskan visi dan misi serta
disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v Dokumen I KTSPv Papan Visi dan Misi sekolah
v Notulen Rapat penyususnan Visi dan Misi
v Daftar hadir
v Berita acara penetapan Visi dan Misi
v Notulen Rapat Sosialisasi
v Daftar hadir
|
Kekuatan
·
Sekolah kami telah merumuskan visi dan misi sekolah.
·
Sekolah kami telah merumuskan visi dan misi berdasarkan masukan dari
warga sekolah dan pihak yang berkepentingan ,selaras dengan visi institusi
diatasnya serta pendidikan nasional.
·
Sekolah kami telah meputuskan Visi dan misi melalui rapat Pleno.
Kelemahan
·
Sekolah kami belum mempertimbangkan masukan
komite sekolah dalam penyusunan Visi dan
Misi.
·
Sekolah kami hanya melakukan sosialisasi Visi dan misi kepada warga sekolah.
·
Sekolah kami belum melakukan
review selama 4 tahun.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah
kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan secara buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh
pemangku kepentingan serta direview
secara berkala sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan sekolah.
|
Sekolah
kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari
seluruh warga sekolah dan tersosialisasikan
kepada seluruh pemangku kepentingan.
|
Sekolah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara
secara bersama dan belum
tersosialisasikan di seluruh warga sekolah.
|
Sekolah kami belum memiliki visi dan misi
yang jelas yang dirumuskan bersama oleh warga sekolah.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami belum mempertimbangkan masukan
komite sekolah dalam penyusunan Visi dan
Misi.
·
Sekolah kami hanya melakukan sosialisasi Visi dan misi kepada warga sekolah.
·
Sekolah kami belum melakukan
review secara berkala.
|
|||||||
6.1. Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak |
|||||||
6.1.2. Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian,
kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v RKSv RKASv Notulen Rapat Keputusanv Berita acara Keputusan |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
memiliki rencana kerja jangka menengah dan tahunan dengan mempertimbangkan masukan dari komite sekolah.
·
Sekolah kami telah
menyusun rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang
ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan
akuntabilitas.
·
Sekolah kami telah mengesahkan rencana kerja jangka
menengah dan tahunan kepada dinas pendidikan
kabupaten.
Kelemahan
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
√ |
Tahap ke-3 |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami mendorong
kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk
meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah secara mandiri,
partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga sekolah untuk turut serta
mengembangkan pengelolaan sekolah.
|
Sekolah kami mendorong kemandirian dan kemitraan
dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam
pengelolaan sekolah secara mandiri, kemitraan, partisipatif, kolaboratif dan
akuntabel,
|
Sekolah kami mendorong
kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk
meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara
mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel
|
Sekolah kami belum
mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku
kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan sekolah.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami dapat mengembangkan pengelolaan sekolah
dengan melakukan kolaboratif.
|
|||||||
6.2. Rencana kerja sekolah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik. |
|||||||
6.2.1.
Sekolah merumuskan rencana kerja
dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
|
|||||||
Bukti-Bukti Fisik |
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik |
||||||
v RKS |
Kekuatan
·
Sekolah kami telah
merumuskan tujuan rencana kerja yang jelas.
·
Sekolah kami telah
merumuskan tujuan sekolah dengan mengakomodasikan masukan melalui rapat dewan
pendidik yang dipimpin kepala sekolah.
·
Sekolah kami telah
menyusun renstra.
·
Sekolah kami telah
menyusun RKS.
·
Sekolah kmai telah
merumuskan tujuan yang menggambarkan kualitas yang dicapai.
·
Sekolah kami telah
menyusun tujuan yang mengacu pada visi dan misi.
·
Sekolah kami telah
menyusun tujuan yang mengacu pada SKL.
Kelemahan
·
Sekolah kami dalam
merumuskan tujuan sekolah belum diakomodasikan dari berbagai pihak yang berkepentingan.
·
Sekolah kami dalam
merumuskan tujuan sekolah belum disosialisasikan kepada segenap pihak yang
berkepntingan.
·
Sekolah kami dalam menyusun rumusan rencana kerja belum mengacu pada EDS.
|
||||||
Tahapan Pengembangan |
|||||||
Tahap ke-4 |
Tahap ke-3 |
√ |
Tahap ke-2 |
Tahap ke-1 |
|||
Sekolah kami memiliki rencana kerja
yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk
dokumen renstra dan RKS, yang berbasis analisis EDS/M dan di update
secara berkala.
|
Sekolah kami memiliki rencana kerja
yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi
dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis
EDS/M.
|
Sekolah kami
memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk
renstra maupun RKS.
|
Sekolah kami memiliki dokumen rencana kerja tahunan namun belum memiliki renstra.
|
||||
Rekomendasi:
·
Sekolah kami dalam merumuskan tujuan
sekolah perlu mengakomodasikan dari berbagai pihak yang berkepentingan.
·
Sekolah kami dalam merumuskan tujuan
sekolah perlu disosialisasikan kepada segenap pihak yang berkepentingan.
·
Sekolah kami perlu mengacu pada pada hasil EDS dalam
menyusun Rencana Kerja Sekolah
|
Boleh minta filenya gan, ane juga lagi butuh buat laporan
BalasHapusuda kami kurum bos,,,,muda2han bermanfaat amin selamat berkarya,,,,,
BalasHapuskak tolong dikirim ke e-mailku donk..
BalasHapusdragon03143@yahoo.com
BalasHapusBang kirim ke emailku asadfaroek@gmail.com
BalasHapusbolehkah sy dikirim edm nya pak solikan?
BalasHapusemeilku heni.johan@gmail.com
jazakallah
tolong kirim ke email mtsnu_kademangan@yahoo.co.id
BalasHapussyukron....
tolong kirim ke email al_alawiyahmts@yahoo.com
BalasHapussyukron....