1. 
Nama Sekolah                                                         :   SMP/MTs..........................
2. 
Nama guru                                                               :
  ……………………………
3. 
Mata Pelajaran                                                       :   ……………………………
4. 
PB / SPB                                                                   :   ……………………………
5. 
Kelas / Semester                                                    :   ……………………………
6. 
Jam Pelajaran ke                                                    :   ……………………………
7. 
Hari / Tanggal                                                          :
  ……………………………
NO 
 | 
  
ASPEK YANG DINILAI 
 | 
  
ADA 
 | 
  
TDK ADA 
 | 
  
NILAI 
 | 
  
KET 
 | 
 ||
MAKSIMAL 
 | 
  
PEROLEHAN 
 | 
  ||||||
I 
 | 
  
PERSIAPAN 
 | 
  
25 
 | 
  |||||
1.
  AMP 
 | 
  
3 
 | 
  ||||||
2.
  Alokasi Waktu ( prota, promes )  
 | 
  
4 
 | 
  ||||||
3.
  Prog Satuan Pelajaran 
 | 
  
6 
 | 
  ||||||
4.
  Renc. Pengajaran, Jurnal 
 | 
  
6 
 | 
  ||||||
5.
  Analisis UH, Daftar Nilai  
 | 
  
6 
 | 
  ||||||
II 
 | 
  
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR 
 | 
  ||||||
A. PENDAHULUAN 
 | 
  
8 
 | 
  ||||||
1.
  Penampilan Guru 
 | 
  
3 
 | 
  ||||||
2.
  Apersepsi Motivasi 
 | 
  
3 
 | 
  ||||||
3.
  Memberitahukan PB / BP 
 | 
  
2 
 | 
  ||||||
B. PENGEMBANGAN 
 | 
  
37 
 | 
  ||||||
1.
  Penguasaan Materi 
 | 
  
6 
 | 
  ||||||
2.
  Penyajian sesuai dengan urutan materi 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
3.
  Metode / Pendekatan 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
4.
  Penggunaan alat bantu 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
5.
  Partisipasi siswa 
 | 
  
4 
 | 
  ||||||
6.
  Teknik Bertanya 
 | 
  
4 
 | 
  ||||||
7.
  Bimbingan kepada  siswa 
 | 
  
4 
 | 
  ||||||
8. Penggunaan Bahsa Indonesia
  yang baik dan benar 
 | 
  
4 
 | 
  ||||||
C. PENERAPAN 
 | 
  
20 
 | 
  ||||||
1.
  Mengajukan pertanyaan  
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
2.
  Berkeliling memberikan bimbingan 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
3.
  Evaluasi proses 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
4.
  Daya serap 
 | 
  
5 
 | 
  ||||||
D. PENUTUP 
 | 
  
10 
 | 
  ||||||
1.
  Membuat rangkuman 
 | 
  
3 
 | 
  ||||||
2.
  Memberikan tugas / PR 
 | 
  
3 
 | 
  ||||||
3.
  Pelaks. Sesuai waktu 
 | 
  
2 
 | 
  ||||||
4.
  Mengakhiri pelajaran dengan baik 
 | 
  
2 
 | 
  ||||||
Jumlah 
 | 
  
100 
 | 
  ||||||
Kesimpulan                             :
…………………………………………….
Saran                                        :
…………………………………………….
Guru yang bersangkutan 
 | 
  
Penyelia, 
 | 
 
………………………… 
                     NIP. 
 | 
  
(............................................) 
 | 
 
91 – 100 = A                           Catatan : Perolehan
angka kuantitatif diubah menjadi
81 – 90   = B                            nilai kualitatif pada DP3
71 – 80   = S
61 – 70   = C
81 – 90   = K                                                          
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 
FORMAT A
DAFTAR PERTANYAAN SEBELUM KBM
(Pre Conference)
- Butir Pembelajaran apa yang akan Saudara sajikan ?
 
----------------------------------------------------------------------
- Kemampuan apa yang Saudara harapkan ?
 
_____________________________________________ 
- Persiapan tertulis apa yang Saudara persiapkan ?
 
____________________________________________________ 
- Bagaimana penahapan kegiatan pembelajaran Saudara ?
 
-----------------------------------------------------------------------------
- Adakah materi yang Saudara perkirakan sulit dipahami siswa ?
 
-------------------------------------------------------------------------------------
- Adakah dugaan mengenai sumber kesulitan belajar ?
 
a.       
Prasarana ______________________________ 
b.      
Bahan
ajar  _____________________________ 
c.       
Sumber
belajar _________________________ 
d.      
Suasana _______________________________ 
- Tindakan kelas apa yang Saudara gunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Metode apa yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
 
______________________________________________________ 
- Alat bantu apa saja yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
 
______________________________________________________________ 
- Yakinkah Saudara atas keberhasilan KBM yang Saudara laksanakan ?
 
---------------------------------------------------------------------------------------------
========================================================================================= 
FORMAT
B
 PENGAMATAN
PELAKSANAAN
(OBSERVASI)
NO 
 | 
  
KEGIATAN 
 | 
  
Ya / Ada 
 | 
  
Tidak 
 | 
  
Nilai 
 | 
  
Ket.  
 | 
 
A 
1 
2 
3 
4 
5 
B 
1 
2 
3 
4 
5 
6 
7 
8 
9 
10 
11 
12 
13 
14 
C 
1 
2 
3 
4 
 | 
  
PENDAHULUAN 
Guru menertibkan suasana kelas 
Guru melaksanakan opersepsi / persepsi 
Guru memberikan motivasi 
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran 
Guru menyiapkan alat bantu mengajar 
KEGIATAN INTI 
Guru menyampaikan materi sesuai dengan RPP 
Guru memberikan contoh – contoh yang mudah dipahami oleh siswa 
Guru telah melaksanakan pendekatan keterampilan proses dalam
  pengajaran 
Guru menerapkan teknik bertanya 
Guru memberikan kesempatan berpikir kepada siswa untuk menjawab
  pertanyaan 
Siswa dapat
  menjawab pertanyaan guru dgn tepat 
Guru memberikan pujian / penghargaan kepada siswa yang menjawab
  dengan tepet, yang bertanya, atau yang menyampaikan masalah 
Guru menjawab pertanyaan atau menanggapi masalah yang
  disampaikan oleh siswa 
Kondisi belajar siswa di kelas berlangsung optimal 
Guru membahas hasil belajar siswa 
Guru menggunakan Bhs Indonesia yng baik & benar 
Guru memanfaatkan alat bantu pengajaran yang dapat membantu
  siswa dalam memahami materi pelajaran 
Guru membuat rangkuman hasil belajar siswa 
Guru menggunakan laboratorium 
PENUTUP 
Guru melaksanakan penilaian proses  
Guru menilai hasil tes proses 
Guru mengidentifikasi kesulitan belajar mengajar 
Guru mencari alternatif pemecahan terhadap kesulitan belajar
  mengajar 
 | 
  
Keterangan
:
                                 Nilai
secara kumulatif  :                 4 atau A = Baik sekali
                                                                                           3
atau B = Baik
                                                                                           2
atau C = Cukup
                                                                                           1
atau D = Kurang
 ================================================================================================
FORMAT
C
DAFTAR
PERTANYAAN SETELAH KBM
- Apak KBM telah sesuai dengan rencana ?
 
___________________________________________ 
- Kesulitan apa yang Saudara alami ?
 
_____________________________________ 
- Tindakan apa yang telah Saudara lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------               
- Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran ?
 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5.      
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Hal apakah yang Saudara rasakan telah mantap dan perlu dipertahankan ?
 
____________________________________________________________________________ 
____________________________________________________________________________ 
____________________________________________________________________________ 
- Tindakan apa yang akan Saudara lakukan untuk meningkatkan keberhasilan KBM yang akan datang ?
 
                 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kesan dan Saran 
_________________________________________________________________________________ 
_________________________________________________________________________________ 
                                                                                                                             Sumbersuko,
…………………...
Guru
  yang di Supervisi 
 | 
  
Supervisor 
 | 
 
__________________ 
                       NIP. 
 | 
  
(............................................) 
 | 
 

I like
BalasHapusMantap. Ijin Copy ya pak
BalasHapussiiiip Mister,...mohon ijin untuk copy...nuhun.
BalasHapussiiiip mantap nich..ijin copy yang pak...terima kasih sebelumnya
BalasHapusterima kasih, barokalloh
BalasHapus