Senin, 10 September 2012

SUPERVISI DATA DAN KUNJUNGAN KELAS Format A Daftar Pertanyaan Sebelum KBM (Pre Conference) Format B Pengamatan Pelaksanaan (Observasi) Format C Daftar Pertanyaan Setelah KBM


SUPERVISI DATA DAN KUNJUNGAN KELAS
Oleh : Solikan,S.Pd


1.  Nama Sekolah                                                         :   SMP/MTs..........................
2.  Nama guru                                                               :   ……………………………
3.  Mata Pelajaran                                                       :   ……………………………
4.  PB / SPB                                                                   :   ……………………………
5.  Kelas / Semester                                                    :   ……………………………
6.  Jam Pelajaran ke                                                    :   ……………………………
7.  Hari / Tanggal                                                          :   ……………………………

NO
ASPEK YANG DINILAI
ADA
TDK ADA
NILAI

KET




MAKSIMAL
PEROLEHAN

I
PERSIAPAN


25




1. AMP



3



2. Alokasi Waktu ( prota, promes )



4



3. Prog Satuan Pelajaran



6



4. Renc. Pengajaran, Jurnal



6



5. Analisis UH, Daftar Nilai



6










II
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR







A. PENDAHULUAN


8




1. Penampilan Guru



3



2. Apersepsi Motivasi



3



3. Memberitahukan PB / BP



2











B. PENGEMBANGAN


37




1. Penguasaan Materi



6



2. Penyajian sesuai dengan urutan materi



5



3. Metode / Pendekatan



5



4. Penggunaan alat bantu



5



5. Partisipasi siswa



4



6. Teknik Bertanya



4



7. Bimbingan kepada  siswa



4



8. Penggunaan Bahsa Indonesia yang baik dan benar



4











C. PENERAPAN


20




1. Mengajukan pertanyaan



5



2. Berkeliling memberikan bimbingan



5



3. Evaluasi proses



5



4. Daya serap



5











D. PENUTUP


10




1. Membuat rangkuman



3



2. Memberikan tugas / PR



3



3. Pelaks. Sesuai waktu



2



4. Mengakhiri pelajaran dengan baik



2



Jumlah



100


Kesimpulan                             : …………………………………………….
Saran                                        : …………………………………………….

Guru yang bersangkutan
Penyelia,



…………………………
                     NIP.



(............................................)

91 – 100 = A                           Catatan : Perolehan angka kuantitatif diubah menjadi
81 – 90   = B                            nilai kualitatif pada DP3
71 – 80   = S
61 – 70   = C
81 – 90   = K                                                         



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FORMAT A
DAFTAR PERTANYAAN SEBELUM KBM
(Pre Conference)


  1. Butir Pembelajaran apa yang akan Saudara sajikan ?
----------------------------------------------------------------------
  1. Kemampuan apa yang Saudara harapkan ?
_____________________________________________
  1. Persiapan tertulis apa yang Saudara persiapkan ?
____________________________________________________
  1. Bagaimana penahapan kegiatan pembelajaran Saudara ?
-----------------------------------------------------------------------------
  1. Adakah materi yang Saudara perkirakan sulit dipahami siswa ?
-------------------------------------------------------------------------------------
  1. Adakah dugaan mengenai sumber kesulitan belajar ?
a.        Prasarana ______________________________
b.       Bahan ajar  _____________________________
c.        Sumber belajar _________________________
d.       Suasana _______________________________
  1. Tindakan kelas apa yang Saudara gunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
  1. Metode apa yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
______________________________________________________
  1. Alat bantu apa saja yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
______________________________________________________________
  1. Yakinkah Saudara atas keberhasilan KBM yang Saudara laksanakan ?
---------------------------------------------------------------------------------------------


=========================================================================================


FORMAT B
 PENGAMATAN PELAKSANAAN
(OBSERVASI)
NO
KEGIATAN
Ya / Ada
Tidak
Nilai
Ket.
A
1
2
3
4
5

B
1
2

3

4
5

6
7


8

9
10
11
12


13
14
C
1
2
3
4
PENDAHULUAN
Guru menertibkan suasana kelas
Guru melaksanakan opersepsi / persepsi
Guru memberikan motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Guru menyiapkan alat bantu mengajar

KEGIATAN INTI
Guru menyampaikan materi sesuai dengan RPP
Guru memberikan contoh – contoh yang mudah dipahami oleh siswa
Guru telah melaksanakan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran
Guru menerapkan teknik bertanya
Guru memberikan kesempatan berpikir kepada siswa untuk menjawab pertanyaan
Siswa dapat menjawab pertanyaan guru dgn tepat
Guru memberikan pujian / penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan tepet, yang bertanya, atau yang menyampaikan masalah
Guru menjawab pertanyaan atau menanggapi masalah yang disampaikan oleh siswa
Kondisi belajar siswa di kelas berlangsung optimal
Guru membahas hasil belajar siswa
Guru menggunakan Bhs Indonesia yng baik & benar
Guru memanfaatkan alat bantu pengajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran
Guru membuat rangkuman hasil belajar siswa
Guru menggunakan laboratorium

PENUTUP
Guru melaksanakan penilaian proses
Guru menilai hasil tes proses
Guru mengidentifikasi kesulitan belajar mengajar
Guru mencari alternatif pemecahan terhadap kesulitan belajar mengajar




Keterangan :
                                 Nilai secara kumulatif  :                 4 atau A = Baik sekali
                                                                                           3 atau B = Baik
                                                                                           2 atau C = Cukup
                                                                                           1 atau D = Kurang
 ================================================================================================

FORMAT C
DAFTAR PERTANYAAN SETELAH KBM

  1. Apak KBM telah sesuai dengan rencana ?
___________________________________________
  1. Kesulitan apa yang Saudara alami ?
_____________________________________
  1. Tindakan apa yang telah Saudara lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------              
  1. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran ?
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5.       -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  1. Hal apakah yang Saudara rasakan telah mantap dan perlu dipertahankan ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
  1. Tindakan apa yang akan Saudara lakukan untuk meningkatkan keberhasilan KBM yang akan datang ?           
                 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kesan dan Saran
_________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________
                                                                                                                             Sumbersuko, …………………...
Guru yang di Supervisi
Supervisor


__________________
                       NIP.


(............................................)

5 komentar: