1.
Nama Sekolah : SMP/MTs..........................
2.
Nama guru :
……………………………
3.
Mata Pelajaran : ……………………………
4.
PB / SPB : ……………………………
5.
Kelas / Semester : ……………………………
6.
Jam Pelajaran ke : ……………………………
7.
Hari / Tanggal :
……………………………
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
ADA
|
TDK ADA
|
NILAI
|
KET
|
||
MAKSIMAL
|
PEROLEHAN
|
||||||
I
|
PERSIAPAN
|
25
|
|||||
1.
AMP
|
3
|
||||||
2.
Alokasi Waktu ( prota, promes )
|
4
|
||||||
3.
Prog Satuan Pelajaran
|
6
|
||||||
4.
Renc. Pengajaran, Jurnal
|
6
|
||||||
5.
Analisis UH, Daftar Nilai
|
6
|
||||||
II
|
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
||||||
A. PENDAHULUAN
|
8
|
||||||
1.
Penampilan Guru
|
3
|
||||||
2.
Apersepsi Motivasi
|
3
|
||||||
3.
Memberitahukan PB / BP
|
2
|
||||||
B. PENGEMBANGAN
|
37
|
||||||
1.
Penguasaan Materi
|
6
|
||||||
2.
Penyajian sesuai dengan urutan materi
|
5
|
||||||
3.
Metode / Pendekatan
|
5
|
||||||
4.
Penggunaan alat bantu
|
5
|
||||||
5.
Partisipasi siswa
|
4
|
||||||
6.
Teknik Bertanya
|
4
|
||||||
7.
Bimbingan kepada siswa
|
4
|
||||||
8. Penggunaan Bahsa Indonesia
yang baik dan benar
|
4
|
||||||
C. PENERAPAN
|
20
|
||||||
1.
Mengajukan pertanyaan
|
5
|
||||||
2.
Berkeliling memberikan bimbingan
|
5
|
||||||
3.
Evaluasi proses
|
5
|
||||||
4.
Daya serap
|
5
|
||||||
D. PENUTUP
|
10
|
||||||
1.
Membuat rangkuman
|
3
|
||||||
2.
Memberikan tugas / PR
|
3
|
||||||
3.
Pelaks. Sesuai waktu
|
2
|
||||||
4.
Mengakhiri pelajaran dengan baik
|
2
|
||||||
Jumlah
|
100
|
Kesimpulan :
…………………………………………….
Saran :
…………………………………………….
Guru yang bersangkutan
|
Penyelia,
|
…………………………
NIP.
|
(............................................)
|
91 – 100 = A Catatan : Perolehan
angka kuantitatif diubah menjadi
81 – 90 = B nilai kualitatif pada DP3
71 – 80 = S
61 – 70 = C
81 – 90 = K
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FORMAT A
DAFTAR PERTANYAAN SEBELUM KBM
(Pre Conference)
- Butir Pembelajaran apa yang akan Saudara sajikan ?
----------------------------------------------------------------------
- Kemampuan apa yang Saudara harapkan ?
_____________________________________________
- Persiapan tertulis apa yang Saudara persiapkan ?
____________________________________________________
- Bagaimana penahapan kegiatan pembelajaran Saudara ?
-----------------------------------------------------------------------------
- Adakah materi yang Saudara perkirakan sulit dipahami siswa ?
-------------------------------------------------------------------------------------
- Adakah dugaan mengenai sumber kesulitan belajar ?
a.
Prasarana ______________________________
b.
Bahan
ajar _____________________________
c.
Sumber
belajar _________________________
d.
Suasana _______________________________
- Tindakan kelas apa yang Saudara gunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Metode apa yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
______________________________________________________
- Alat bantu apa saja yang Saudara persiapkan dalam KBM ?
______________________________________________________________
- Yakinkah Saudara atas keberhasilan KBM yang Saudara laksanakan ?
---------------------------------------------------------------------------------------------
=========================================================================================
FORMAT
B
PENGAMATAN
PELAKSANAAN
(OBSERVASI)
NO
|
KEGIATAN
|
Ya / Ada
|
Tidak
|
Nilai
|
Ket.
|
A
1
2
3
4
5
B
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
C
1
2
3
4
|
PENDAHULUAN
Guru menertibkan suasana kelas
Guru melaksanakan opersepsi / persepsi
Guru memberikan motivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
Guru menyiapkan alat bantu mengajar
KEGIATAN INTI
Guru menyampaikan materi sesuai dengan RPP
Guru memberikan contoh – contoh yang mudah dipahami oleh siswa
Guru telah melaksanakan pendekatan keterampilan proses dalam
pengajaran
Guru menerapkan teknik bertanya
Guru memberikan kesempatan berpikir kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan
Siswa dapat
menjawab pertanyaan guru dgn tepat
Guru memberikan pujian / penghargaan kepada siswa yang menjawab
dengan tepet, yang bertanya, atau yang menyampaikan masalah
Guru menjawab pertanyaan atau menanggapi masalah yang
disampaikan oleh siswa
Kondisi belajar siswa di kelas berlangsung optimal
Guru membahas hasil belajar siswa
Guru menggunakan Bhs Indonesia yng baik & benar
Guru memanfaatkan alat bantu pengajaran yang dapat membantu
siswa dalam memahami materi pelajaran
Guru membuat rangkuman hasil belajar siswa
Guru menggunakan laboratorium
PENUTUP
Guru melaksanakan penilaian proses
Guru menilai hasil tes proses
Guru mengidentifikasi kesulitan belajar mengajar
Guru mencari alternatif pemecahan terhadap kesulitan belajar
mengajar
|
Keterangan
:
Nilai
secara kumulatif : 4 atau A = Baik sekali
3
atau B = Baik
2
atau C = Cukup
1
atau D = Kurang
================================================================================================
FORMAT
C
DAFTAR
PERTANYAAN SETELAH KBM
- Apak KBM telah sesuai dengan rencana ?
___________________________________________
- Kesulitan apa yang Saudara alami ?
_____________________________________
- Tindakan apa yang telah Saudara lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut ?
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran ?
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
5.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Hal apakah yang Saudara rasakan telah mantap dan perlu dipertahankan ?
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
____________________________________________________________________________
- Tindakan apa yang akan Saudara lakukan untuk meningkatkan keberhasilan KBM yang akan datang ?
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kesan dan Saran
_________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________
Sumbersuko,
…………………...
Guru
yang di Supervisi
|
Supervisor
|
__________________
NIP.
|
(............................................)
|
I like
BalasHapusMantap. Ijin Copy ya pak
BalasHapussiiiip Mister,...mohon ijin untuk copy...nuhun.
BalasHapussiiiip mantap nich..ijin copy yang pak...terima kasih sebelumnya
BalasHapusterima kasih, barokalloh
BalasHapus