Oleh : Solikan,S.Pd
World Education – khan35.blogspot.com
Tag : Program Tahunan, IPS,SMP/MTs,Berkarakter
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka
bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
Bentuk-bentuk
muka bumi.
Tenaga
Endogen dan Tenaga Eksogen
Gejala
diastropisme dan vulkanisme
Gempabumi
Pelapukan
Erosi
Sedimentasi.
Dampak
positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangan-nya.
|
|||
1.2.Mendeskripsikan kehidupan
pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
Pengertian
dan kurun waktu pra-aksara
Jenis-jenis
manusia Indonesia
yang hidup pada masa pra –aksara
Perkembangan
kehidupan pada masa pra-aksara.
Peninggalan
–peninggalan kebudayaan.
Kedatangan
nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
|
||||
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
Penegertian
interaksi sosial.
Kaitan
interaksi sosial dengan proses sosial.
Pengaruh
interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
|||
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
|
Pengertian
sosialisasi
Faktor
yang mempengaruhi sosialisasi.
Fungsi
sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
|
||||
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
Syarat-syarat
terjadinya interaksi sosial.
Bentuk-bentuk
interaksi sosial
(antar
individu dengan individu,
antar
individu dengan kelompok, dan
antar
kelompok dengan kelompok)
|
||||
2.4 Mengurai-kan proses
interaksi sosial
|
Proses sosial asosiatif
Proses sosial disosiatif.
|
||||
3. Memahami usaha
manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1.Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
Makna manusia sebagai
makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Ciri-ciri
manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Menerapkan
/ Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial
dan ekonomi yang bermoral.
|
|||
3.2.Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Tindakan
Ekonomi manusia dalam memanfaatkan
sumberdaya ekonomi
Tindakan ekonomi yang rasional
Pengertian motif dan prinsip ekonomi
Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
Penerapan/Aplikasi kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip
ekonomi.
Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
Lumajang, ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN (KTSP)
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS
)
Kelas / Semester : VII / 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
4.
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
|
4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk
mendapat-kan informasi keruangan
|
Pengertian
peta, atlas, dan globe.
Jenis peta
dan bentuk peta.
Penggunaan
indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta,
atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.
Skala
peta.
Memperbesar
dan memper-kecil peta.
|
|||
4.2. Membuat sketsa dan peta
wilayah yang menggam barkan obyek geografi
|
Sketsa
wilayah dan obyek geografi.
Simbol-simbol
geografi pada peta.
|
||||
4.3. Mendeskripsikan kondisi
geografis dan penduduk
|
Deskripsi
kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
Deskripsi
kondisi peduduk suatu wilayah.
Kaitan
antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
|
||||
4.4. Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
|
Sifat
fisik atmosfer.
Unsur-unsur
cuaca dan iklim.
Tipe-tipe
hujan.
Faktor
yang mempengaruhi suhu udara.
Proses
terjadinya angin dan jenis-jenis angin.
Siklus hidrologi.
Jenis-jenis
air permukaan dan air tanah.
Zona laut
menurut letak dan keda-lamannya.
Batas wilayah laut.
|
||||
5. Memahaami perkembangan
masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
|
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta
peninggalan-pening-galannya.
|
Peranan perdagangan bagi masuk
dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia
Peta
daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha
Perkembangan
kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno,
Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).
Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak
Hindu dan Buddha
|
|||
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia,
serta pening-galan-pening-galannya.
|
Proses masuk dan berkembangnya
agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat,
India dan Cina.
Saluran-saluran
Islamisasi di Indonesia
Cara yang
digunakan oleh
Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.
Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Inndonesia
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di
berbagai wilayah Indonesia
Contoh peninggalan –peninggalan sejarah
bercorak Islam di berbagai
daerah
|
||||
5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan
masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Proses masuknya bangsa-bangsa
Eropa
ke Indonesia
Cara-cara
yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Reaksi
Bangsa Indonesia
terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis,
Spanyol
dan VOC
Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat,kebudayaan dan
pemerintahan
pada masa kolonial Eropa
|
||||
6.
memahami kegiatan ekonomi masyarakat
|
6.1 Mendeskripsikan pola
kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan
kondisi fisik permukaan bumi.
|
Penggunaan lahan :
Macam-macam mata pencaharian penduduk.
Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.
Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan
perkotaan.
Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai,
jalan dan pantai).
Kaitan bentang lahan dengan persebaran
permukiman penduduk.
|
|||
6.2.Mendeskripsikan kegiatan
pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan
konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa
|
Kegiatan
Pokok
ekonomi.
Pengertian konsumsi
Jenis
barang-barang yang dikonsumsi
siswa dan keluarga
Skala prioritas
dalam memenuhi kebutuhan
Aspek- aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumsi seseorang
Pengertian produksi
Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi
Macam-macam kegiatan produksi
Pengertian sumber daya ekonomi
Macam-macam sumber daya ekonomi
Etika ekonomi dalam memanfaatkan
fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
satu uaha/bisnis
Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang
Pengertian dan
tujuan distribusi
Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak
langsung dan semi langsung)
Penerapan kegiatan distribusi dalam perdagangan
Etika ekonomi dalam kegiatan
distribusi yang memenuhi unsur
keadilan dan pemerataan.
|
||||
6.3. Mendes-kripsikan peran
badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlang-
sungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
|
Pengertian usaha, perusahaan dan
badan usaha.
Macam- macam badan
usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan
menurut bentuk hukum)
Tujuan badan
usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)
Pertimbangan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
Kriteria badan usaha yang dikelola
secara profesional dan manusiawi.
Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
Penerapan usaha berbinis dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
6.4. Menggu-nakan gagasan kreatif
dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreativitas dalam tindakan ekonomi.
Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam
kehidupan sehari-hari.
Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan
kesejahteraa
Melakukan gagasan dan berlaku kreatif,
Inovatif dan kemandirian dalam kehidupan ekonomi
Praktik kreatifitas dan inovasi untuk kemandirian
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
.................................................................................................................................................................................................
KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN (KTSP)
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas / Semester : VIII / 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1.
memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
|
1.1 Mendeskripsikan kondisi
fisik wilayah dan penduduk
|
Letak geografis
Indonesia (letak geografis dan letak astronomis).
Kaitan letak geografis
dengan iklim dan waktu di Indonesia.
Musim di Indonesia.
Persebaran flora dan
fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Persebaran jenis tanah
di Indonesia.
Pemanfatan berbagai jenis
tanah di Indonesia.
|
|||
1.2 Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
|
- Pertumbuhan penduduk.
- Angka kelahiran dan
angka kematian.
- Ledakan penduduk dan
upaya mengatasinya.
- Kepadatan penduduk.
- Komposisi penduduk
menurut umur dan jenis kelamin.
-
- Mobilitas penduduk
Kualitas penduduk
|
||||
1.3 Mendeskripsikan
permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan
berkelanjutan
|
-
Unsur-unsur
lingkungan abiotik, biotik, dan sosial budaya.
-
Arti penting lingkungan bagi kehidupan.
-
Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor
penyebabnya.
-
Usaha
pelestarian lingkungan hidup
-
Hakekat
pembangunan berkelanjutan.
-
Ciri-ciri
pembangunan berkelanjutan.
-
Penerapan
pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar.
|
||||
1.4 Mendeskripsikan
permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.
|
Permasalahan
penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).
Dampak dari
permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
|
||||
2 Memahami proses kebangkitan nasional
|
2.1 Menjelaskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah
|
Kebijakan-kebijakan
pemerintah, kolonial
Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan
pemerintah kolonial di berbagai daerah
Bentuk
–bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai
daerah
Daerah-daerah
persebaran agama Nasrani
|
|||
2.2.Mengurai-kan proses
terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan
pergerakan kebangsaan Indonesia
|
Perkembangan
pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya
nasionalisme Indonesia
Peranan
golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran
nasional
Indonesia
Perkembangan
pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai
terbentuknya nasinalisme Indonesia.
Peran
manifesto politik 1925 ,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama
dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia
|
||||
3.
Memahami masalah penyimpangan sosial
|
3.1 Mengidentifikasi
berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan
sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
Pengertian penyimpangan sosial.
Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat.
|
|||
3.2 Mengidentifikasi
berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
|
Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Faktor-faktor penyebab
terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan
masyarakat.
|
||||
4. Memahami kegiatan pelaku
ekonomi di masyarakat
|
4.1.
Mendeskripsi
kan hubungan antara kelangkaan sumber daya
dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
Kelangkaan sumber daya ekonomi
Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkan
Memanfaatkan sumber daya yang langka untuk me menuhi kebutuhan
Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam
Menentukan
skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan
Penger tian
dan macam- macam alat pemenuhan
kebutuhan
|
|||
4.2.Mendeskripsi-kan pelaku
ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
|
Pelaku Ekonomi
Peranan dan tujuan tiga sektor usaha formal
Penerapan cara mendirikan dan mengelola BUMS
Pokok-pokok perkoperasian Indonesia
Pendirian koperasi
Tatacara mendirikan
koperasi
|
||||
4.3.Mengidentifikasi bentuk
pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
|
Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.
Syarat-syarat terjadinya pasar
Macam-macam pasar dan contoh-contohnya
Perbedaan pasar konkrit dan
pasar abstrak
Demonstrasi/si
mulasi jual beli di pasar
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : VIII/2
Nama Guru : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK :
Sekolah :
MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
VII.
VIII.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas / Semester : VIII / 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
5. Memahami usaha
persiapan kemerdekaan
|
5.1.Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara
kesatuan Republik Indonesia
|
Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan
Indonesia
Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia
Penyebaran berita
proklamasi kemerdekaan melalui berita radio,panflet,selebaran
Proses terbentuknya negara dan
pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI
Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik
dari berbagai daerah
|
|||
5.2.Menjelaskan Proses
persiapan kemerdekaan Indonesia.
|
Alasan Jepang membentuk BPUPKI
Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan
Peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
|
||||
6. Memahami
pranata dan penyimpangan sosial
|
6.1 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk hubungan sosial
|
Bentuk-bentuk hubungan sosial.
Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
Dampak-dampak hubungan sosial.
|
|||
6.2 Mendeskripsikan pranata
sosial dalam kehidupan masyarakat
|
Pengertian pranata sosial.
Fungsi pranata sosial
Jenis-jenis pranata sosial.
|
||||
6.3 Mendeskripsikan
pengendalian penyimpangan sosial
|
Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif).
Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial
|
||||
7. Memahami Kegiatan
perekonomian Indonesia
|
7.1. Mendes-kripsikan permasalahan angkatan kerja
dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam
upaya penainggulangannya
|
Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempa
tan kerja
Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan
pengangguran.
Permasalahan tenaga kerja Indonesia.
Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan.
Peningkatan mutu tenaga kerja
Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia
|
|||
7.2. Men-deskripsi-kan
pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
- Sistem
perekonomian
Indonesia
-Pelaku-pelaku
kegiatan per-
ekonomi di Indonesia
Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia .
Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia.
|
||||
7.3. Mendes-kripsikan fungsi
pajak dalam perekonomian nasional
|
Pengertian pajak dan retribusi.
Sifat dan penetapan tarip Pajak
Perbedaan pajak langsung dengan
pajak tidak langsung
Perbedaan pajak pusat
dengan pajak daerah
Fungsi dan
peranan pajak dalam kehi
dupan suatu negara.
Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga.
Sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke
wajibannya
Penerapan membayar pajak
|
||||
7.4.Mendeskripsikan permintaan
dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar
|
Pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
barang/jasa.
Hukum Permintaan
Kurve permintaan
Ceteris Paribus
Penerapan Hk. Permintaan
Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang
mempengaruhi penawaran barang / jasa.
Hukum Penawaran
Kurve penawaran
Ceteris Paribus
Penerapan Hk. Penawaran
Pengertian harga
Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan
pemerintah).
Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk
kurve harga keseimbangan
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : IX/1
Nama Guru : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK :
Sekolah :
MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
IX.
X.
KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN (KTSP)
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : IX / 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
1.
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
|
1.1.Mengidentifikasi
ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
|
Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.
Persebaran negara-negara berkembang dan negara-negara maju di dunia.
Negara-negara yang digolongkan sebagai negara berkembang dan negara maju.
|
|||
1.2 Mendes-krepsikan Perang
Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan
sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
|
Latar belakang ,fihak-fihak yang berperang
Dalam Perang Dunia II
Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang
Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan
Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata
|
||||
2,
Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
|
2.1.Mengidentifikasi usaha
perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
|
Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia
dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia
Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian
konflik
Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan
Republik Indonesia
Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan
kemerdekaan
Perjuangan rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
|
|||
2.2.Mendeskripsikan
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
|
Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan
Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat
pusat dan derah
Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya
Dampak persoalan hubungan pusat –daerah persaingan ideologis ,dan
pergolakan sosial –politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan
daerah sampai awal tahun 1960 an
|
||||
3.
Memahami perubahan sosial budaya.
|
3.1 Mendeskripsikan
perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
|
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
-
Perubahan secara cepat (revolusi).
-
Perubahan secara lambat (evolusi).
Faktor-faktor pendorong perubahan
sosial masyarakat.
·
Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya.
Faktor-faktor penyebab perubahan
sosial.
-
Faktor –faktor internal.
-
Faktor-faktor eksternal.
|
|||
3.2 Menguraikan tipe-tipe perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan
|
Tipe-tipe masyarakat dalam
menyikapi perubahan
Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.
|
||||
4. Memahami Lembaga Keuangan
dan Perdagangan
|
4.1.Mendeskripsi-kan
uangdan lembaga keuangan
|
Sejarah terjadinya uang dan pengertian uang
Ssyarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang
Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)
Jenis-jenis uang
( uang kartal dan uang giral )
Nilai mata uang (nilai intrinsik,
nilai nominal,
nilai internal dan nilai eksternal
)
Mata uang asing
Kurs mata uang
Praktek jual/beli valuta asing
Pengertian bank dan sejarah terjadinya bank
Azas, prinsip, fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia
Jenis-jenis bank dan tugas pokok .
Produk-produk bank
Praktek menabung di bank
Pengertian lembaga keuangan bukan bank
Fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank
Contoh lembaga keuangan bukan bank
Produk-produk asuransi atau pegadaian
|
|||
4.2.Mendes-kripsikan perdaga
ngan internasio-nal dan dampaknya
terhadap perekonomian Indonesia
|
Pengertian perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya
perdagangan internasional.
Manfaat perdagangan internasional
Hambatan perdagangan internasional.
Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
Komoditi ekspor/impor Indonesia.
Pengertian dan fungsi dan jenis-jenis devisa , serta mengidentifikasi
sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa.
Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian
Indonesia
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : IX /2
Nama Guru : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK :
Sekolah :
MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN (KTSP)
PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : IX / 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
|
5.
Memahami hubungan manusia dengan bumi,
|
5.1Menginterpretasi
peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
|
Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
Pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alamnya.
|
|||
5.2Mendeskrip sikan keterkaitan
unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
|
Unsur-unsur fisik dan sosial
kawasan Asia Tenggara:
Letak geografis kawasan Asia
Tenggara.
Bentang alam kawasan Asia Tenggara.
Iklim kawasan Asia Tenggara.
Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.
Penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
|
||||
5.3Mendeskrip-sikan pembagian
permukaan bumi atas benua dan samudera.
|
· Benua dan
Samudera :
Proses
pembentukan benua-benua.
Posisi
benua-benua dan samudera.
Karakteristik
bentang alam dan penduduk di benua-benua.
Contoh
negara-negara di masing-masing kawasan benua.
Karakteristik
masing-masing samudera.
|
||||
6.
Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia
|
6.1.Mendekrip-sikan perjuangan
bangsa Indonesia merebut Irian Barat
|
Latar belakang terjadinya
perjuangan mengembalikan Irian Barat
Perjuangan
diplomasi;pendekatan diplomasi
Perjuangan
dengan konfrontasi politik dan ekonomi
Tri komando Rakyat
Persetujuan New York
Arti penting Penentuan Pendapat
Rakyat (Pepera)
|
|||
6.2 Mendeskripsikan strategi
nasional peristiwa Madiun / PKI, DI / TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik
internal lainnya
|
Peristiwa
Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penaggulangannya.
Peristiwa DI/
TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penaggulangannya
Keadaan
politik, ekonomi ,sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 s/PKI
Peristiwa G 30
S/ PKI dan cara penanggulangannya
|
||||
7. Memahami perubahan
pemerintahan dan kerjasama internasional
|
7.1 Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru
dan lahirnya Reformasi
|
Peristiwa-
peristiwa politik penting pada masa
Orde Baru
Data statistik
ekonomi Orde Baru
Berakhirnya
orde Baru;krisis ekonomi dan gerakan Reformasi
|
|||
7.2 Mengurai-kan
perkem-bangan lembaga internasi-onal dan peran Indonesia dalam kerjasama
interna-sional
|
Konferensi
Asia Afrika dan peran Indonesia
Perkembangan
ASEAN dan peran Indonesia
Perkembangan
keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia
Gerakan Non
Blok dan peran Indonesia
|
||||
7.3 Mengurai-kan perilaku
masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
|
Ciri-ciri
globalisasi.
Dampak
globalisasi terhadap masyarakat
Perilaku
masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global.
|
||||
7.4.Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
|
Pengertian kerjasama ekonomi antarnegara.
Faktor-faktor
penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara
Tujuan
kerjasama ekonomi antarnegara
Hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.
Bentuk-bentuk
kerja sama antarnegara.
Badan-badan
kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral yang penting bagi Indonesia.
|
||||
Ulangan
harian
|
|||||
Ulangan
tengah semester
|
|||||
Ulangan
akhir semester
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..
|
…………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar