Rabu, 15 Februari 2012

PERANGKAT PEMBELAJARAN PROGRAM TAHUNAN IPS TINGKAT SMP/MTs KELAS VII-IX BERKARAKTER


 Oleh : Solikan,S.Pd
World Education – khan35.blogspot.com
Tag : Program Tahunan, IPS,SMP/MTs,Berkarakter
   
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester   : VII / 1




STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia
1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Bentuk-bentuk muka bumi.

Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Gejala diastropisme dan vulkanisme
Gempabumi

Pelapukan

Erosi

Sedimentasi.

Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.





1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara

Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.

Peninggalan –peninggalan kebudayaan.

Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.



2. Memahami kehidupan sosial manusia
2.1  Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


Penegertian interaksi sosial.

Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.

Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.





2.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.




2.3  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.

Bentuk-bentuk interaksi sosial
(antar individu dengan individu,
antar individu dengan kelompok, dan
antar kelompok dengan kelompok)





2.4  Mengurai-kan proses interaksi sosial


Proses sosial asosiatif

Proses sosial disosiatif.




3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
3.1.Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Menerapkan / Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.





3.2.Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Tindakan
Ekonomi manusia dalam memanfaatkan  sumberdaya ekonomi

Tindakan ekonomi yang rasional

Pengertian motif dan prinsip ekonomi

Macam-macam motif dan prinsip ekonomi.

Penerapan/Aplikasi kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

 Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester







Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

Lumajang, ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..

.................................................................................................................................................................................................



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester   : VII / 2


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.

4.1.Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan


Pengertian peta, atlas, dan globe.

Jenis peta dan bentuk peta.

Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.

Skala peta.

Memperbesar dan memper-kecil peta.




4.2.      Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi

Sketsa wilayah dan obyek geografi.

Simbol-simbol geografi pada peta.




4.3.      Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Deskripsi kondisi geografis suatu wilayah pada peta.

Deskripsi kondisi peduduk suatu wilayah.

Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.





4.4.      Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Sifat fisik atmosfer.

Unsur-unsur cuaca dan iklim.

Tipe-tipe hujan.

Faktor yang mempengaruhi suhu udara.

Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.

Siklus hidrologi.

Jenis-jenis air permukaan dan air tanah.

Zona laut menurut letak dan keda-lamannya.

Batas wilayah laut.




5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.




















5.1  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.
Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia

Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha

Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).

Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha




5.2  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta pening-galan-pening-galannya.
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.

Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia

Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.

Peta jalur dan daerah penyebaran  Islam di Inndonesia

Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

Contoh peninggalan –peninggalan sejarah  bercorak Islam  di berbagai daerah




5.3  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia 

Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya

Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC

Mendeskripsikanperkembangan masyarakat,kebudayaan  dan
pemerintahan pada masa kolonial  Eropa



6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat
6.1  Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Penggunaan lahan :
Macam-macam mata pencaharian penduduk.

Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.

Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).

Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.





6.2.Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa
























































  Kegiatan 
 Pokok
 ekonomi.

Pengertian konsumsi

Jenis  barang-barang yang dikonsumsi  siswa dan keluarga
 
Skala prioritas  dalam memenuhi kebutuhan

Aspek- aspek positif dan negatif  perilaku konsumtif seseorang.

Faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang

Pengertian produksi  

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi

Macam-macam kegiatan produksi

Pengertian sumber daya ekonomi

Macam-macam sumber daya ekonomi

Etika ekonomi dalam  memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
satu uaha/bisnis

Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu  hasil produksi (bidang

Pengertian dan  tujuan distribusi

Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)

Penerapan kegiatan distribusi dalam perdagangan

Etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 




6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlang-
      sungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi


Pengertian usaha, perusahaan  dan badan usaha.

Macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)

Tujuan badan   usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)

Pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis

Kriteria badan usaha yang dikelola    secara profesional dan manusiawi.

Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi

Penerapan usaha berbinis dalam kehidupan sehari-hari




6.4.  Menggu-nakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Kreativitas dalam tindakan ekonomi.

Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari.

Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa

Melakukan gagasan dan berlaku kreatif,
Inovatif dan kemandirian dalam kehidupan ekonomi

Praktik kreatifitas dan inovasi untuk kemandirian




Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

…………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..



.................................................................................................................................................................................................
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
 
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran      : IPS Ekonomi
Kelas / Semester   : VIII / 1


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


1. memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk

1.1  Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk



Letak geografis Indonesia (letak geografis dan letak astronomis).

Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di Indonesia.

Musim di Indonesia.

Persebaran flora dan fauna Indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah  Wallacea dan Weber.

Persebaran jenis tanah di Indonesia.
Pemanfatan berbagai jenis tanah di Indonesia.





1.2  Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
-    Pertumbuhan penduduk.

-    Angka kelahiran dan angka kematian.

-    Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.

-    Kepadatan penduduk.

-    Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin.
-     
-    Mobilitas penduduk

Kualitas penduduk





1.3  Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan

-    Unsur-unsur lingkungan abiotik, biotik, dan sosial budaya.

-    Arti penting lingkungan bagi kehidupan.

-    Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya.

-    Usaha pelestarian lingkungan hidup

-    Hakekat pembangunan berkelanjutan.

-    Ciri-ciri pembangunan berkelanjutan.

-    Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar.





1.4  Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan.

Permasalahan penduduk Indonesia (kuantitas dan kualitas).

Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan.




2 Memahami proses kebangkitan nasional
2.1  Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah


Kebijakan-kebijakan pemerintah, kolonial

Pengaruh  yang ditimbulkan oleh kebijakan –kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah 

Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat diberbagai daerah

Daerah-daerah persebaran agama Nasrani




2.2.Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesadaran na sional, identitas Indonesia , dan perkem-bangan pergerakan kebangsaan Indonesia


Perkembangan pendidikan Barat dan perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia

Peranan golongan terpelajar ,profesional dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional
Indonesia

Perkembangan pergerakan nasional dari yang bersifat etnik ,kedaerahan ,keagamaan sampai terbentuknya nasinalisme Indonesia.

Peran manifesto politik 1925 ,Konggres Pemuda 1928 dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia



3. Memahami masalah penyimpangan sosial
3.1  Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/AIDS, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Pengertian penyimpangan sosial.

Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.

Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.




3.2  Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat


Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.
Faktor-faktor  penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

Upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat.



4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
4.1. Mendeskripsi
kan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Kelangkaan sumber daya ekonomi

Usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelangkan

Memanfaatkan sumber daya yang langka untuk me menuhi kebutuhan

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
 
Faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam

Menentukan
skala prioritas dari berbagai jenis kebutuhan

Penger tian
dan macam- macam alat pemenuhan  kebutuhan






4.2.Mendeskripsi-kan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara


Pelaku Ekonomi

Peranan dan tujuan tiga sektor usaha formal

Penerapan cara mendirikan dan mengelola BUMS

Pokok-pokok perkoperasian Indonesia

Pendirian  koperasi

Tatacara mendirikan
koperasi





4.3.Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat


Pengertian, fungsi, dan peranan pasar bagi masyarakat.

Syarat-syarat terjadinya pasar

Macam-macam pasar dan contoh-contohnya

Perbedaan  pasar konkrit dan pasar abstrak

Demonstrasi/si
mulasi  jual beli di pasar




Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

…………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN







Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs.

Kelas/Semester           : VIII/2


Nama Guru                : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK                     :
Sekolah                       : MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
VII.   














VIII. 
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran      : IPS Ekonomi
Kelas / Semester   : VIII / 2


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


5. Memahami usaha persiapan kemerdekaan
5.1.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia


Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia

Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

Penyebaran berita
proklamasi kemerdekaan melalui berita radio,panflet,selebaran

Proses terbentuknya negara  dan pemerintah Republik Indonesia dengan sidang PPKI

Dukungan dari berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah






5.2.Menjelaskan Proses persiapan kemerdekaan Indonesia.


Alasan Jepang membentuk BPUPKI

Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan

Peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia




6. Memahami pranata dan penyimpangan sosial

6.1  Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial



Bentuk-bentuk hubungan sosial.

Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Dampak-dampak hubungan sosial.






6.2  Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat



Pengertian pranata sosial.

Fungsi pranata sosial

Jenis-jenis pranata sosial.






6.3  Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial



Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif).

Peran lembaga-lembaga pengendalian sosial



7. Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia

7.1. Mendes-kripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan  ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penainggulangannya


Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempa
tan kerja

Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.

Permasalahan tenaga kerja Indonesia.

Dampak pengangguran terhadap keamanan lingkungan.

Peningkatan mutu tenaga kerja

Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia






7.2. Men-deskripsi-kan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia


- Sistem
 perekonomian
Indonesia

-Pelaku-pelaku
 kegiatan per-
 ekonomi di Indonesia

Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia .
Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia.








7.3. Mendes-kripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
























Pengertian pajak dan retribusi.

Sifat dan penetapan tarip Pajak     

Perbedaan pajak  langsung dengan pajak tidak langsung

Perbedaan pajak  pusat
dengan  pajak daerah
Fungsi dan
peranan pajak dalam kehi
dupan suatu negara.

Jenis-jenis pajak yang ditanggung oleh keluarga.

Sanksi- sanksi terhadap wajib pajak yang melalaikan ke wajibannya

Penerapan membayar pajak






7.4.Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terben-tuknya harga pasar


Pengertian permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang/jasa.
Hukum Permintaan

Kurve permintaan

Ceteris Paribus

Penerapan Hk. Permintaan

Pengertian penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang / jasa.

Hukum Penawaran

Kurve penawaran

Ceteris Paribus

Penerapan Hk. Penawaran

Pengertian harga

Macam-macam harga (termasuk harga yang ditetapkan pemerintah).

Hubungan antara permintaan dengan penawaran yang digambarkan dalam bentuk kurve harga keseimbangan



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

…………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN







Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs.

Kelas/Semester           : IX/1


Nama Guru                : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK                     :
Sekolah                       : MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
IX.    














X.      
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester   : IX / 1


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


1. Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.

1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju


Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju.

Persebaran negara-negara berkembang dan negara-negara  maju di dunia.

Negara-negara yang digolongkan sebagai negara berkembang dan negara maju.





1.2 Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

Latar belakang ,fihak-fihak yang berperang
Dalam Perang Dunia II

Perang Dunia II di Asia dan Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia

Pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang

Bentuk –bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia;melalui MIAI,gerakan bawah tanah,perjuangan
Bersenjata




2, Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2.1.Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia


Faktor –faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda karena Belanda ingin berkuasa kembali di Indonesia

Peran dunia internasional dalam konflik Indonesia- Belanda membantu penyelesaian konflik

Pengaruh konflik Indonesia –Belanda terhadap keberadaan negara kesatuan Republik Indonesia


Aktifitas diplomasi Indonesia di dunia internasional untuk mempertahankan kemerdekaan

Perjuangan rakyat dan pemerintah diberbagai daerah dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia





2.2.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan


Proses kembalinya Republik Indonesia sebagai negara kesatuan

Berbagai peristiwa yang berhubungan dengan Pemilihan Umum 1955 di tingkat pusat dan derah

Dekrit Presiden 5 Juli 1955 dan pengaruh yang ditimbulkannya

Dampak persoalan hubungan pusat –daerah persaingan ideologis ,dan pergolakan sosial –politik lainnya terhadap kehidupan politik nasional dan daerah sampai awal tahun 1960 an




3. Memahami perubahan sosial budaya.

3.1  Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
Bentuk-bentuk perubahan sosial budaya.
-    Perubahan secara cepat (revolusi).
-    Perubahan secara lambat (evolusi).

Faktor-faktor pendorong perubahan sosial masyarakat.

·   Faktor-faktor  penghambat perubahan sosial budaya.

Faktor-faktor penyebab perubahan sosial.
-    Faktor –faktor internal.
-    Faktor-faktor eksternal.





3.2  Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Tipe-tipe  masyarakat dalam menyikapi perubahan

Contoh perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan sosial budaya.



4. Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan

4.1.Mendeskripsi-kan uangdan lembaga  keuangan


Sejarah terjadinya uang dan pengertian uang

Ssyarat-syarat suatu benda dapat dijadikan uang

Fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)

Jenis-jenis uang
( uang kartal dan uang giral )

Nilai mata uang (nilai intrinsik,  nilai nominal,
nilai internal dan  nilai eksternal )

Mata uang asing

Kurs mata uang

Praktek jual/beli valuta asing

Pengertian bank dan sejarah terjadinya bank

Azas, prinsip, fungsi dan tujuan perbankan di Indonesia

Jenis-jenis bank dan tugas pokok .

Produk-produk bank

Praktek menabung di bank

Pengertian lembaga keuangan bukan bank

Fungsi, peranan dan manfaat lembaga keuangan bukan bank

Contoh lembaga keuangan bukan bank

Produk-produk asuransi atau pegadaian




4.2.Mendes-kripsikan perdaga
      ngan internasio-nal dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

Pengertian perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.

Manfaat perdagangan internasional

Hambatan perdagangan internasional.

Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional

Komoditi ekspor/impor Indonesia.
Pengertian dan fungsi dan jenis-jenis devisa , serta mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan devisa.

Dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia



Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

…………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROGRAM TAHUNAN







Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

Satuan Pendidikan    : SMP/MTs.

Kelas/Semester           : IX /2


Nama Guru                : SOLIKAN,S.Pd
NIP/NIK                     :
Sekolah                       : MTs Hasyim Asy’ari Sumbersuko
















KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester   : IX / 2


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
ALOKASI
WAKTU
KET


5. Memahami hubungan manusia dengan bumi,
5.1Menginterpretasi peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
Peta tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.

Diagram Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.

Pola dan bentuk obyek geografis sesuai dengan bentang alamnya.






5.2Mendeskrip sikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.

Unsur-unsur fisik dan sosial  kawasan Asia Tenggara:
Letak geografis  kawasan Asia Tenggara.

Bentang alam kawasan Asia Tenggara.

Iklim kawasan Asia Tenggara.

Sumber daya alam di kawasan Asia Tenggara.

Penduduk di kawasan Asia Tenggara.

Kegiatan ekonomi penduduk di kawasan Asia Tenggara.

Kerjasama Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.





5.3Mendeskrip-sikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera.

·  Benua dan Samudera :
Proses pembentukan benua-benua.

Posisi benua-benua dan samudera.

Karakteristik bentang alam dan penduduk di benua-benua.

Contoh negara-negara di masing-masing kawasan benua.

Karakteristik masing-masing samudera.




6. Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia

6.1.Mendekrip-sikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat




Latar belakang terjadinya perjuangan mengembalikan Irian Barat

Perjuangan diplomasi;pendekatan diplomasi

Perjuangan dengan konfrontasi politik dan ekonomi

Tri komando Rakyat

Persetujuan New York

Arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)





6.2  Mendeskripsikan strategi nasional peristiwa Madiun / PKI, DI / TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya


Peristiwa Madiun/PKI dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penaggulangannya.

Peristiwa DI/ TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penaggulangannya

Keadaan politik, ekonomi ,sosial,dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 s/PKI

Peristiwa G 30 S/ PKI dan cara penanggulangannya



7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
7.1  Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi


Peristiwa- peristiwa politik  penting pada masa Orde Baru

Data statistik ekonomi Orde Baru

Berakhirnya orde Baru;krisis ekonomi dan gerakan Reformasi




7.2  Mengurai-kan perkem-bangan lembaga internasi-onal dan peran Indonesia dalam kerjasama interna-sional

Konferensi Asia Afrika dan  peran Indonesia

Perkembangan ASEAN dan peran Indonesia

Perkembangan keanggotaan dan aktivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa dan peran Indonesia

Gerakan Non Blok dan peran Indonesia




7.3  Mengurai-kan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
Ciri-ciri globalisasi.

Dampak globalisasi  terhadap masyarakat

Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global.




7.4.Mendeskripsikan  kerjasama antarnegara di bidang ekonomi



















Pengertian  kerjasama ekonomi antarnegara.

Faktor-faktor penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara

Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara

Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi internasional.

Bentuk-bentuk kerja sama antarnegara.

Badan-badan kerja sama ekonomi yang bersifat regional maupun multilateral  yang penting bagi Indonesia.




Ulangan harian



Ulangan tengah semester



Ulangan akhir  semester






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( ……………………….…………. )
NIP/NIK : ………………..………..

…………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( ……………………………………. )
NIP/NIK : ……………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar