Selasa, 21 Agustus 2012

Taman Wisata Bahari Pantai Indah POPOH Di tulungagung Jawa Timur Indonesia



TAMAN WISATA BAHARI PANTAI POPOH TULUNGAGUNG
World Education – khan35.blogspot.com
Solikan,S.Pd
Taman Wisata Bahari Pantai Indah Popoh merupakan wisata yang dilengkapi berbagai sarana penginapan, pasar ikan, wisata bahari serta beberapa tempat yang asyik untuk memancing. Setiap bulan Suro (Muharam) diselenggarakan Upacara "Labuh Semboyo"juga hari – hari besar lainya bahkan setiap hari tidak sepi akan pengunjung. Masih dikawasan Pantai Popoh dapat menikmati obyek wisata "Reco sewu" dan laut bebas.
Di sepanjang perjalanan menuju Popoh (Boyolangu, Campurdarat, Besuki) terdapat kerajinan batu onix sebagai souvenir khas Tulungagung. Kita dapat menggunakan motor boat untuk menelusuri pantai sidem, Klatak, Gemah dan Bayeman. 
Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah Tulungagung, berbagai acara selalu diadakan di kawasan wisata ini baik itu musik ataupun acara-acara lain. Hampir setiap hari libur dan hari besar kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung, baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar Tulungagung bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar negeri.


Taman Wisata Pantai Popoh, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung.
Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini memang banyak menawarkan keeksotikan keindahan panorama pantai, baik wisata bahari maupun keindahan deburan ombaknya.

Taman Wisata Pantai Popoh berbentuk teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.




Taman Wisata Pantai Indah Popoh adalah Pantai alam yang berbentuk Teluk (Pantai Teluk) di pesisir Laut Selatan (Samudra Indonesia) dengan pesona dan kekhasan tersendiri yang jarang ditemui di daerah – daerah pantai lainnya sehingga pantai ini mampu memberi rasa nyaman, aman, dan rasa rindu untuk datang kembali berwisata bagi para wisatawan. Kekhasan pesona Pantai Indah Popoh ini dapat dimulai dari hembusan udara / angin yang khas, angin laut yang datang tidak secara langsung masuk tetapi diterima perbukitan yang mengirimkan angin gunung. Hal ini dikarenakan karena kondisi Pantai Indah Popoh ini yang terletak antara perbukitan pantai teluk (menjorok masuk ke daratan).
Karena letak geografis pantai ini yang masuk ke dalam, maka pengaruh gelombang Laut Selatan yang terkenal ganas menjadi lembut dan tenang. Kondisi ini memungkinkan bagi para wisatawan untuk bercengkerama dan berwisata sepanjang Pantai Indah Popoh dengan aman tanpa terusik ganas dan bahayanya ombak laut selatan. Demi menjaga kenyamanan dan keamanan para wisatawan maka terdapat pula gardu pandang agar para wisatawan dapat menikmati ganas, dan indahnya ombak Laut Selatan, selain itu juga disediakan tempat peristirahatan untuk menyaksikan dan menikmati ombak tersebut dengan aman dan nyaman serta bersih.
Tidak semua pantai Laut Selatan mempunyai goa alam, tapi tidak demikian dengan Pantai Indah Popoh. Goa Alam ini mampu memberi kepuasan bagi para wisatawan karena dapat langsung menyentuh dan menikmati ganas dan indahnya Samudra Indonesia secara bebas sekaligus kalau anda beruntung anda dapat menikmati secara dekat atraksi-atraksi ikan paus bercengkerama di tengah laut Selatan.

Di Taman Wisata Pantai Indah Popoh dilengkapi dengan sarana penginapan, pasar ikan, wisata bahari dan beberapa tempat yang asyik untuk memancing. Setiap bulan Suro(Muharam) diselenggarakan Upacara “Labuh Semboyo”. Masih dikawasan Pantai Popoh anda dapat menikmati obyek wisata ” Reco sewu” dan laut bebas. 





Di sepanjang perjalanan menuju Popoh(Boyolangu, Campurdarat, Besuki) terdapat pula kerajinan batu onix sebagai souvenir khas Tulungagung. Kita dapat menggunakan motor boat untuk menelusuri pantai Sidem, Klatak, Gemah dan Bayeman sebagai arena sampingan selain menikmati keindahan Pantai Indah Popoh ini. 



Fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung Pantai Indah Popoh ini sangatlah memuaskan, misalkan dengan pengadaan area parkir yang luas sehingga sangat memungkinkan menampung kendaraan / mobil cukup banyak, memberi kemudahan, kenyamanan, dan keamanan serta kelancaran saat masuk dan keluar dari Taman Wisata Pantai Indah Popoh.


Terdapat pula Pendopo Agung yang sangat tepat sebagai sarana tempat penyelenggaraan acara resepsi, seminar / rapat yang didukung dengan perangkat sound system yang lengkap. Dengan bentuk joglo terbuka, para peserta seminar / para penggunaan Pendopo Agung dapat menyelenggarakan acara sambil menikmati suasana Pantai Indah Popoh secara langsung dan bebas serta nyaman.

 
Di kawasan Taman Wisata ini terdapat pula panggung kesenian dengan luas ± 140 m², sebagai sarana tempat penyelenggaraan acara-acara baik tradisional maupun modern secara optimal. Untuk anak-anak juga telah disediakan fasilitas untuk bermain yang cukup representatif, dan akrab dengan dunia anak-anak dalam satu areal yang cukup luas, sehingga bisa memberikan kebebasan, kenyamanan, kebahagiaan yang tepat bagi anak-anak dan keluarga anda selagi menikmati keindahan wisata Pantai Indah Popoh. 



Kalaupun anda berminat untuk menginap di kawasan wisata ini anda dapat menggunakan fasilitas villa yang dilengkapi dengan kamar mandi air tawar langsung dari sumbernya. Villa ini juga bertempat di areal yang nyaman dengan keindahan alam yang segar, bersih, dan asri serta menghadap langsung ke laut, sangat tepat sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga.






Selain itu kawasan wisata Pantai Indah popoh ini juga mempunyai berbagai rumah makan ataupun restoran dengan sajian hidangan beraneka ragam yang dijamin kebersihan dan kesehatannya. Untuk kenang-kenangan anda dapat mengunjungi berbagai kios souvenir dan juga berbagai ragam aksesoris khas daerah pantai yang unik dan menarik, sangat tepat sebagai buah tangan dan kenang-kenangan bagi para wisatawan. Jadi mungkin inilah saatnya bagi anda untuk memulai rencana bepergian ke Pantai Indah Popoh.

Referensi dari berbagai sumber

















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar