Selasa, 06 Maret 2012

TEKNIK MUDAH MENGATASI KESULITAN MENULIS

TEKNIK MUDAH MENGATASI KESULITAN MENULIS
Oleh : Solikan,S.Pd
World Education – khan35.blogspot.com
 
Tidak  sedikit teman-teman termasuk saya, baik yang mau mencoba ataupun sudah mencoba menulis banyak yang mengelu susah ataupun sulit untuk menulis. Disini ada beberapa sebab mengapa itu terjadi? Dan saya yakin ada banyak faktor penyebabnya dan masing-masing akan berbeda masalahnya, misalnya:


1.       Kondisi Fisik
Misalnya: kelelahan, kecapekan, lingkungan, rumah tangga dan lani-lain
2.       Kondisi Psikis
Misalnya frustasi, marah, jengkel ,sebel, dan lain-lain
3.       Kondisi Fisik dan Psikis yang stabil namun tidak siap untuk menulis

Mengapa tidak siap untuk menulis?
Dan mengapa kondisi fisik dan psikis yang stabil namun tidka siap untuk menulis? Hal ini disebabkan beberapa hal antara lain:
1.       Tidak Tau, baik materi, tema yang akan di tulis
2.       Tau apa yang akan ditulis tetapi bahannya tidak lengkap
3.       Tau apa yang akan ditulis juga lengkap bahan yang akan di tulis namun Dorongan/ motivasi tidak ada/ kurang.

Cara mengatasinya:
1.1      Tidak Tau, baik materi, tema yang akan ditulis. Hal pertama yang harus di ketahui yaitu bentuk tulisan secara standar misalnya, makalah,artikel,feature, esai, reportase dan lain-lain. Dan jika ini sudah di pahami/ dikuasai maka kita harus banyak membaca, mendengarkan, melihat, membuka internet. Dan alangkah lebih baik lagi jika kita mau membaca koran/majalah berita baik artikel/feature, dengan demikian kita akan dengan mudah menemukan tema dan materi  sebagai bahan tulisan
1.2         Tau apa yang akan ditulis tetapi bahannya tidak lengkap, Yaitu dengan melengkapi bahan tersebut, apa yang di maksud dengan bahan itu? sumber bahan adalah
-      Alam (batu-batuan, bukit, gunung, sungai, rawa, danau, laut, salju, kawah, gunung api, langit, awan, bulan , bintang, matahari, dan lain-lain.
-   Makhluk hidup seperti Tumbuh-tumbuhan binatang, dan manusia dengan berbagai peralatanya,
-  Dunia Spiritual/Supranatural seperti Tuhan, malaikat, setan, jin, hantu, kuntilanak, vempir, drakula, kolor ijo, tuyul, dan lainnya.
Asal semua di buat menarik bagi penulis untuk di ambil dan dikumpulkan.
Kemudian muncul pertanyaan Bahan Apa dan darimana serta dimana mengambilnya?
-    Bahan yang dikumpulkan bisa berupa kliping, koran, majalah, buku,brosur, prasasti, poster,daftar katalog, pengumuman, iklan, undangan, e-mail, wweb site dan lain-lain
-          Dari mana bahan tersebut diperoleh:
Pertama bahan yang akan ditulis bisa dikumpulkan sendiri langsung dengan cara pengamatan, penelitian maupun keterlibatan,
Kedua, melalui sumber individual baik sumber primer (pelaku langsung) ataupun sekunder (bukan pelaku langsung)
Ketiga, melalui institusi (lembaga), baik pemerintah, militer, keagamaan, BUMN, swasta, perguruan tinggi, media masa, LSM, dan lain-lain.
-          Dimana bahan tulisan paling banyak terhimpun?
Kebanyakan bahan tulisan banyak terkumpul di perpustakaan umum juga banyak dijumpai atau di temukan di lembaga pemilik data seperti Badan Pusat Statistik (BPS), gedung Arsip (nasional/daerah), museum, lembaga pendidikan, kantor berita dan lain-lain.
1.3       Tau apa yang akan ditulis juga lengkap bahan yang akan ditulis namun dorongan/motivasi tidak ada/kurang. Jika dorongan dan motivasi yang tidak ada atau kurang maka lakukan dengan segera diskusi dengan siapapun agar dorongan/motivasi untuk menulis muncul, baik di lakukan melalui tatap muka, telepon, internet dan lain-lain. Diskusi atau share lakukan dengan terus menerus dan dengan baik, hal ini akan menimbulkan adanya silang pendapat, dari silang pendapat itukah diharapkan anda akan ada kemauan untuk menulis akan segera datang.
 Mudah-mudahan bermanfaat, dan selamat mencoba untuk melakukan perubahan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar