![]()  | 
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Oleh : Solikan,S.Pd
 1.   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
 - mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
 - memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
 
Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global. 
Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.
B.  Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Al Qur’an dan Hadits
2.      Aqidah
3.      Akhlak
4.      Fiqih
5.      Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester I
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an 1.        Menerapkan Hukum bacaan ”Al”   Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah  |    1.1  Menjelaskan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah  1.2     Membedakan  hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan   ”Al”Qomariyah 1.3      Menerapkan bacaan   bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah    dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar  |   
Aqidah 2.        Meningkatkan keimanan kepada   Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya  |    2.1     Membaca ayat-ayat Al-Qur’an   yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah 2.2     Menyebutkan arti ayat-ayat   Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT 2.3     Menunjukkan tanda-tanda adanya   Allah SWT 2.4     Menampilkan perilaku sebagai   cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT  |   
3.        Memahami Asmaul Husna  |    3.1     Menyebutkan arti ayat-ayat   Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna 3.2     Mengamalkan isi kandungan 10   Asmaul Husna  |   
Akhlak 4.        Membiasakan perilaku terpuji  |    4.1     Menjelaskan pengertian tawadhu,   ta’at, qana’ah dan sabar 4.2     Menampilkan contoh-contoh   perilaku  tawadhu, ta’at, qana’ah dan   sabar 4.3     Membiasakan perilaku tawadhu,   ta’at, qana’ah dan sabar   |   
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Fiqih 5.      Memahami   ketentuan – ketentuan thaharah (bersuci)  |    5.1     Menjelaskan ketentuan   –ketentuan mandi wajib  5.2     Menjelaskan perbedaan hadas   dan najis  |   
6.        Memahami tatacara shalat    |    6.1     Menjelaskan ketentuan   –ketentuan shalat wajib  6.2     Memperaktikkan shalat wajib  |   
7.        Memahami tatacara shalat jamaah   dan munfarid (sendiri)  |    7.1     Menjelaskan pengertian shalat   jama’ah dan munfarid 7.2     Memperaktikkan shalat jama’ah   dan shalat munfarid   |   
Tarikh dan kebudayaan Islam 8.        Memahami sejarah Nabi   Muhammad SAW  |    8.1     Menjelaskan sejarah Nabi   Muhammad SAW 8.2     Menjelaskan misi nabi   Muhammad  untuk semua manusia dan   bangsa   |   
Kelas VII, Semester 2
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an 9.        Menerapkan hukum bacaan nun   mati/tanwin dan mim mati  |    9.1     Menjelaskan hukum bacaan nun   mati/tanwin dan mim mati 9.2     Membedakan hukum bacaan nun   mati/tanwin dan mim mati 9.3     Menerapkan hukum bacaan nun   mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.  |   
Aqidah 10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat  |    10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat 10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat  |   
Akhlak 11. Membiasakan perilaku terpuji  |    11.1    Menjelaskan arti kerja keras,   tekun, ulet dan teliti 11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti 11.3 Membiasakan perilaku kerja keras,    ulet, tekun dan teliti  |   
Fiqih 12.  Memahami tatacara shalat   Jum’at  |    12.1    Menjelaskan ketentuan –   ketentuan shalat jum’at 12.2  Mempraktekkan shalat jum’at  |   
13.   Memahami   tatacara shalat jama’ dan qashar  |    13.1    Menjelaskan shalat jama’ dan   qashar 13.2     Mempraktekkan shalat   jama’ dan qashar   |   
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Tarikh   dan Kebudayaan Islam 14.       Memahami sejarah Nabi Muhammad   SAW  |    14.1    Menjelaskan misi Nabi Muhammad   SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat 14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,   pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat 14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat   Makkah   |   
Kelas VIII, Semester I
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an 1.           Menerapkan hukum bacaan   Qalqalah dan Ra   |    1.1        Menjelaskan hukum bacaan   Qalqalah dan Ra 1.2       Menerapkan hukum bacaan   Qalqalah dan Ra  dalam bacaan   surat-surat Al-Qur’an dengan benar.   |   
Aqidah 2.           Meningkatkan keimanan kepada   Kitab-kitab Allah  |    2.1       Menjelaskan pengertian beriman   kepada Kitab-kitab Allah 2.2       Menyebutkan nama Kitab-kitab   Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul 2.3       Menampilkan sikap mencintai   Al-Qur’an sebagai Kitab Allah  |   
Akhlak 3.           Membiasakan perilaku terpuji  |    3.1       Menjelaskan pengertian zuhud   dan tawakkal 3.2       Menampilkan contoh perilaku   zuhud dan tawakkal 3.3        Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal   dalam kehidupan sehari-hari.  |   
4.           Menghindari perilaku tercela  |    4.1       Menjelaskan pengertian ananiah,   ghadab, hasad, ghibah dan namimah 4.2       Menyebutkan contoh - contoh   perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah 4.3       Menghindari perilaku ananiah,   ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.  |   
Fiqih 5.           Mengenal tatacara  shalat sunnat  |    5.1       Menjelaskan ketentuan shalat   sunnat rawatib 5.2       Memperaktikkan shalat sunnat   rawatib  |   
6.           Memahami macam-macam sujud  |    6.1       Menjelaskan pengertian sujud   syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.2       Menjelaskan tatacara sujud   syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah 6.3        Memperaktikkan sujud   syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah  |   
7. Memahami tatacara puasa  |    7.1  Menjelaskan ketentuan puasa wajib 7.2     Memperaktekkan puasa wajib 7.3     Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah 7.4     Memperaktikkan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah  |   
8. Memahami zakat  |    8.1         Menjelaskan pengertian zakat   fitrah dan zakat mal 8.2     Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal 8.3     Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal 8.4     Memperaktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal  |   
Tarikh   dan Kebudayaan Islam 9. Memahami Sejarah Nabi  |    9.1         Menceritakan sejarah  Nabi Muhammad SAW dalam membangun   masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 9.2         Meneladani   perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah   |   
Kelas VIII, Semester 2
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an 10.       Menerapkan hukum bacaan mad dan   waqaf  |    10.1       Menjelaskan hukum bacaan mad dan waqaf  10.2       Menunjukkan contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat   Al-Qur’an 10.3       Mempraktikkan bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an  |   
Aqidah 11.       Meningkatkan keimanan kepada   Rasul Allah  |    11.1       Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah 11.2       Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah 11.3       Meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW  |   
Akhlak 12.       Membiasakan perilaku terpuji  |    12.1       Menjelaskan adab makan dan minum 12.2       Menampilkan contoh adab makan dan minum 12.3       Memperaktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari  |   
13.  Menghindari Perilaku tercela  |    13.1       Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik 13.2       Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik 13.3       Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari  |   
14.  Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan  |    14.1       Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan 14.2       Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.  |   
Tarikh   dan Kebudayaan Islam 15.  Memahami sejarah dakwah Islam  |    15.1       Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa   Abbasiyah 15.2       Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah   Abbasiyah.  |   
Kelas , IX Semester I
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an dan Al-Hadits 1.           Memahami Ajaran Al Qur’an surat   At-Tin  |    1.1      Membaca QS At-Tin   dengan tartil 1.2       Menyebutkan arti QS At-Tin 1.3       Menjelaskan makna QS At-Tin   |   
2.           Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang menuntut ilmu  |    2.1       Membaca hadits tentang menuntut   ilmu 2.2        Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut   ilmu 2.3       Menjelaskan makna menuntut ilmu   seperti dalam Al-Hadits   |   
Aqidah 3.           Meningkatkan keimanan kepada   Hari Akhir  |    3.1       Menjelaskan pengertian beriman   kepada Hari Akhir 3.2       Menyebutkan ayat Al-Qur’an yang   berkaitan dengan hari Akhir 3.3       Menceritakan proses kejadian   kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits  |   
Akhlak 4.           Membiasakan perilaku terpuji  |    4.1       Menjelaskan pengertian qana’ah   dan tasamuh 4.2       Menampilkan contoh perilaku   qana’ah dan tasamuh 4.3       Membiasakan perilaku qana’ah   dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.  |   
Fiqih 5.           Memahami hukum Islam tentang   penyembelihan hewan  |    5.1       Menjelaskan tatacara   penyembelihan hewan 5.2       Menjelaskan ketentuan aqiqah   dan qurban 5.3     Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban  |   
6.           Memahami hukum Islam tentang   Haji dan Umrah  |    6.1       Menyebutkan pengertian dan   ketentuan haji dan umrah 6.2       Memperagakan pelaksanaan ibadah   haji dan umrah   |   
Tarikh dan Kebudayaan Islam 7.           Memahami sejarah perkembangan   Islam di Nusantara  |    7.1       Menceritakan sejarah masuknya   Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran 7.2       Menceritakan sejarah beberapa   kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi   |   
Kelas IX, Semester 2
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
Al-Qur’an dan Al Hadits 8.     Memahami   Al-Qur’an surat Al-Insyirah  |    8.1         Menampilkan bacaan QS   Al-Insyirah dengan tartil dan benar 8.2         Menyebutkan arti QS Al-Insyirah 8.3         Mempraktikkan perilaku dalam   bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS Al-Insyirah    |   
9.    Memahami   Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan  |    9.1  Membaca hadits tentang kebersihan 9.2     Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan 9.3     Menampilkan perilaku bersih seperti dalam hadits   |   
Aqidah 10.     Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadhar  |    10.1         Menyebutkan ciri-ciri beriman   kepada qadha dan qadhar 10.2         Menjelaskan hubungan antara qadha   dan qadhar 10.3         Menyebutkan contoh-contoh qadha   dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari 10.4         Menyebutkan ayat-ayat Al-Qur’an   yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.  |   
Akhlak 11.       Menghindari perilaku tercela  |    11.1         Menyebutkan pengertian takabbur 11.2         Menyebutkan contoh-contoh   perilaku  takabbur 11.3         Menghindari perilaku takabbur   dalam kehidupan sehari-hari  |   
Fiqih 12.       Memahami tatacara berbagai   shalat sunnah  |    12.1       Menyebutkan pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid 12.2       Menyebutkan contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid 12.3       Mempraktikkan shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan   sehari-hari.  |   
Tarikh dan Kebudayaan Islam 13.       Memahami sejarah tradisi Islam   Nusantara  |    13.1       Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam 13.2       Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan   Nusantara.  |   
E.   Arah Pengembangan
Srtandar kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama

makasih..
BalasHapusmakasih...makin tambah pengalaman....
BalasHapus