STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASARI
ILAMU PENGETAHUAN ALAM
TINGKAT SMP, MTs, DAN SMPLB
Oleh : Solikan,S.Pd
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A.   Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.  Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan.  Di tingkat SMP/MTs diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi,  dan masyarakat) secara terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.  
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. 
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SMP/MTs merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B.   Tujuan 
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.   Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaanNya
2.   Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3.   Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.   Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak  ilmiah serta berkomunikasi
5.   Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam
6.   Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.   Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang selanjutnya.
C.   Ruang Lingkup 
Bahan kajian IPA untuk SMP/MTs merupakan kelanjutan bahan kajian IPA SD/MI meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2.      Materi dan Sifatnya
3.      Energi dan Perubahannya
4.      Bumi dan Alam Semesta
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas  VII,  Semester  1
Standar    Kompetensi  |     Kompetensi Dasar  |    
1.  Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan   menggunakan peralatan  |    1.1  Mendeskripsikan besaran pokok   dan besaran turunan beserta satuannya  1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu   dan pengukurannya 1.3  Melakukan   pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan   sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari  |   
2.  Memahami klasifikasi zat  |    2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan   basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat  2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan   bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari 2.3  Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia   sederhana  2.4  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan   campuran  |   
3.  Memahami wujud zat dan perubahannya  |    3.1  Menyelidiki sifat-sifat  zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya   dalam kehidupan sehari-hari 3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam   kehidupan sehari-hari 3.3  Melakukan percobaan yang berkaitan dengan   pemuaian dalam kehidupan sehari-hari 3.4  Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah   wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  |   
4.  Memahami berbagai sifat  dalam perubahan fisika dan kimia  |    4.1  Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia   zat 4.2  Melakukan pemisahan campuran dengan   berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia 4.3  Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia   berdasarkan hasil percobaan sederhana 4.4  Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia   melalui percobaan sederhana  |   
Kelas   VII,   Semester  2 
Standar    Kompetensi  |     Kompetensi    Dasar  |    
5.   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan  |    5.1  Melaksanakan pengamatan objek  secara terencana dan sistematis untuk   memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik 5.2  Menganalisis data percobaan gerak lurus   beraturan  dan gerak lurus berubah   beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 5.3  Menggunakan mikroskop dan peralatan  pendukung lainnya untuk mengamati   gejala-gejala kehidupan 5.4  Menerapkan keselamatan kerja dalam   melakukan pengamatan gejala-gejala alam  |   
6.    Memahami keanekara-gaman makhluk    hidup  |     6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri    makhluk hidup 6.2  Mengklasifikasikan makhluk hidup    berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki 6.3  Mendeskripsikan  keragaman pada sistem organisasi kehidupan    mulai dari tingkat sel sampai organisme   |    
7. Memahami   saling ketergantungan dalam ekosistem  |    7.1  Menentukan ekosistem dan saling hubungan   antara komponen ekosistem 7.2  Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman   mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem 7.3  Memprediksi pengaruh kepadatan populasi   manusia terhadap lingkungan 7.4  Mengaplikasikan peran manusia dalam   pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan  |   
Kelas VIII, Semester 1
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia  |    1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan   dan perkembangan pada makhluk hidup 1.2  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia 1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia   dan hubungannya dengan kesehatan 1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada   manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan 1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada   manusia dan hubungannya dengan kesehatan. 1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada   manusia dan hubungannya dengan kesehatan  |   
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan  |    2.1 Mengidentifikasi struktur   dan fungsi jaringan  tumbuhan 2.2   Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada   tumbuhan hijau 2.3   Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan 2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada   organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari  |   
3. Menjelaskan konsep partikel materi  |    3.1  Menjelaskan konsep   atom, ion, dan molekul  3.2  Menghubungkan konsep   atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari 3.3 Membandingkan   molekul unsur dan molekul senyawa  |   
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan  |    4.1 Mencari   informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan   sehari-hari 4.2   Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan   kimia   4.3 Mendeskripsikan   bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam   bahan makanan 4.4 Mendeskripsikan   sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika 4.5 Menghindarkan diri   dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika  |   
Kelas VIII, Semester 2
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi Dasar  |   
5.   Memahami peranan usaha, gaya, dan energi   dalam kehidupan sehari-hari   |    5.1    Mengidentifikasi   jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang   dikenai gaya 5.2    Menerapkan   hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari 5.3    Menjelaskan   hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta   penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 5.4    Melakukan   percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan   sehari-hari 5.5  Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,   dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  |   
6.  Memahami konsep dan penerapan getaran,   gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari  |    6.1  Mendeskripsikan konsep   getaran dan gelombang serta parameter-parameternya 6.2  Mendeskripsikan konsep bunyi   dalam kehidupan sehari-hari 6.3  Menyelidiki sifat-sifat   cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa 6.4  Mendeskripsikan alat-alat optik dan   penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  |   
Kelas IX, Semester 1
Standar    Kompetensi  |     Kompetensi    Dasar  |    
1.  Memahami berbagai sistem dalam kehidupan   manusia  |    1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada   manusia dan hubungannya dengan kesehatan 1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan   penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia 1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat   indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan  |   
2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup  |    2.1   Mengidentifikasi kelangsungan hidup   makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan 2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada   makhluk hidup 2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil   pewarisan sifat dan penerapannya. 2.4  Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung   kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan  |   
3.  Memahami konsep kelistrikan dan   penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  |    3.1  Mendeskripsikan muatan   listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam   kehidupan sehari-hari 3.2  Menganalisis percobaan   listrik dinamis dalam suatu rangkaian    serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.3  Mendeskripsikan prinsip kerja   elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam   kehidupan sehari-hari 3.4  Mendeskripsikan hubungan   energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari   |   
Kelas IX,  Semester 2
Standar   Kompetensi  |    Kompetensi   Dasar  |   
4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  |    4.1   Menyelidiki   gejala kemagnetan dan cara membuat magnet 4.2   Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk   teknologi 4.3 Menerapkan konsep   induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang   memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik  |   
5.   Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya  |    5.1  Mendeskripsikan karakteristik sistem tata   surya  5.2  Mendeskripsikan matahari sebagai bintang   dan bumi sebagai salah satu planet 5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan   satelit buatan serta pengaruh interaksinya 5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang   terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan   zat dan kalor 5.5   Menjelaskan hubungan antarar proses yang   terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan   lingkungan  |   
E.     Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Lumayan perlu di tingkatkan dan di perbanyak boss
BalasHapus