Sabtu, 05 November 2011

Manecu (Chrysophyllum Caninito) Buah khas Lumajang

Manecu (Chrysophyllum Caninito) Buah khas Lumajang

Selain kota wisata Kabupaten Lumajang sebenarnya punya banyak hal menarik yang perlu di publikasikan sehingga masyarakat umum bahkan mancanegara lebih mengenal Kota Lumajang dengan berbagai unggulan seperti wisata alamnya, wisata pegunungan, wisata keagamaan bahkan budaya lokal lumajang itu sendiri serta potensi SDA (sumber daya alam) yang dimiliki.
Disini kami mencoba untuk menampilkan potret lumajang dari sisi unggulan, sehingga jika ada kekurangan informasi ataupun kesalahan informasi kami sebelumya mohon maaf agar dapat kiranya di jadikan koreksi. dalam tulisan ini kami mencoba menampilkan buah unggulan kota Lumajang.
Dibawah ini merupakan buah yang banyak kita jumpai di lumajang bahkan diseluru kota lumajang bisa tumbuh subur yaitu buah MANECU orang lumajang bilang, ada yang bilang Buah Kenetu atau istilah kerenya Apel Lumajang banyak lagi yang menyebutkan namanya tapi semua orang lumajang mengistilakan Buah Manecu. Buahnya rasanya manis harganya murah dapat dijumpai dilumajang namun sifatnya musiman biasanya setiap 1 tahun sekali. Anda bisa membeli di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern atau yang paling gampang di terminal minakkoncar biasanya banyak yang menjual sebagai oleh-oleh.

Buah Manecu yang di jual dipasar

Selain Kennetu diatas Kota Lumajang di juluki dengan sebutan Kota Pisang hal ini benar karena potensi lumajang merupakan penghasil Pisang khususnya di Kecamatan Ssenduro juga di kec. yang juga tumbuh subur.
 Pisang Agung yang udah dijual dipasar

 Pisang agung yang masih belum dipanen
 
Lumajang juga punya buah nangka yang banya tumbuh di kecamatan klakah, ranuyoso dan kecamatan lainya juga tumbuh subur buah nangka selain di nikmati buahnya juga dapat di jadikan sayur manyur yaitu buah nangkah yang masih mudah dan yang paling mudah dikemas yaitu keripik nangka yang sudah di kembangkan, dan pengunjung dari luar kota lumajang bisa membeli oleh-oleh keripik nagka dll di toko-toko lumajang.




Selain Kennetu/manecu dan buah nangka diatas Kota Lumajang juga punya unggulan buah salak pondho tepatnya di kecamatan pronojiwo dan tempursari




Sebenarnya masih banyak lagi yang l;ainnya yang belum kami sebut


Referensi : Dari berbagai Sumber

1 komentar: