TAKSONOMI BLOOM-REVISI
Contoh Analisis Standar Isi (Kerangka Dasar, Sturktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)
Contoh Format Analisis Tujuan
Contoh Format Analisis / Pemetaan SK-KD
Contoh Pemetaan Kompetensi
mengetahui | Memahami | Mengaplikasikan | Menganalisis | Mengevaluasi | Membuat /Create |
Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Manandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis | Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan | Menugaskan Mengurutkan Menentukan Menerapkan Menyesuaikan Mengkalkulasi Memodifikasi Mengklasifiksi Menghitung Membangun Mengurutkan Membiasakan Mencegah Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mengoperasikan Mempersoalkan Mengkonsepkan Melaksanakan Meramalkan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Mensimulasikan Memecahkan Melakukan Mentabulasi | Menganalisis Mengaudit Memecahkan Menegaskan Mendeteksi Mendiagnosis Menyeleksi Memerinci Menominasikan Mendiagramkan Mengkorelasikan Merasionalkan Menguji Mencerahkan Menjelajah Membagankan Menyimpulkan Menemukan Menelaah Memaksimalkan Memerintahkan Mengedit Mengaitkan Memilih Mengukur Melatih Mentransfer | Membandingkan Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Mengkritik Menimbang Memutuskan Memisahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan Memerinci Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan | Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Mengkategorikan Mengkode Mengkombinasikan Menyusun Mengarang Membangun Menanggulangi Menghubungkan Menciptakan Mengkreasikan Mengoreksi Merancang Merencanakan Mendikte Meningkatkan Memperjelas Memfasilitasi Membentuk Merumuskan Menggeneralisasi Menggabungkan Memadukan Membatas Mereparasi Menampilkan Menyiapkan Memproduksi Merangkum Merekonstruksi Membuat |
Contoh Analisis Standar Isi (Kerangka Dasar, Sturktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)
Komponen | Sub Komponen | Kondisi Ideal | Kondisi Riil | Rencana tindak Lanjut |
1. Kerangka Dasar Kurikulum | Memuat : 1. Kelompok Mata Pelajaran 2. Prinsip Pengembangan Kurikulum 3. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum | Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; d. kelompok mata pelajaran estetika; e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. | ||
2. Struktur Kurikulum | ||||
3. Beban Belajar | ||||
4. Kalender Pendidikan |
Lampiran 5 : Contoh Format Analisis Tujuan
Mata Pelajaran: ....................................
Tujuan | Ranah Kompetensi | Substansi Materi | Implementasi dalam pembelajaran (Hubungan dg KD) | ||
C | A | P | |||
(LIHAT SK KD- TUJUAN MP) |
Lampiran 6 : Contoh Format Analisis / Pemetaan SK-KD
ANALISIS / PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : .....................
Kelas : .....................
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkatan Ranah KD | Indikator Pencapaian | Tingkatan Ranah IPK | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
(SILABUS) | (SILABUS) | (TAKSONOMI BLOM) | (SILABUS) | (TAKSONOMI BLOM) | (SILABUS) |
Contoh Pemetaan Kompetensi
ANALISIS / PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkatan Ranah KD | Indikator Pencapaian | Tingkatan Ranah IPK | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | ||
1 | 2 | 3 | |||||||
1. Memahami hakikat biologi sebagai Ilmu | 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma) | C4 | · Mengidentifikasi permasalahan biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu. · menjelaskan objek biologi pada tingkat individu sampai bioma. · menjelaskan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan. · Menentukan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan. · Mengelompokkan urutan sistematika metoda ilmiah. · Memecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah. · Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan | C1 C2 C2 C3 C3 C4 C4 | Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma) | V | V | ….menit ….menit ….menit ….menit ….menit ….menit ….menit |
Keterangan:
Ruang lingkup mata perlajaran Biologi
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sbb:
1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar