Selasa, 11 Oktober 2011

Form Analisis SKL dan taksonomi bloom


TAKSONOMI BLOOM-REVISI

Contoh Analisis Standar Isi (Kerangka Dasar, Sturktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)

Contoh Format Analisis Tujuan

Contoh Format Analisis / Pemetaan SK-KD

Contoh Pemetaan Kompetensi

Daftar Contoh Kata Kerja Operasional Yang Dapat Dipakai Untuk Ranah Kognitif
mengetahui
Memahami
Mengaplikasikan
Menganalisis
Mengevaluasi
Membuat /Create
Mengutip
Menyebutkan
Menjelaskan
Menggambar
Membilang
Mengidentifikasi
Mendaftar
Menunjukkan
Memberi label
Memberi indeks
Memasangkan
Menamai
Manandai
Membaca
Menyadari
Menghafal
Meniru
Mencatat
Mengulang
Mereproduksi
Meninjau
Memilih
Menyatakan
Mempelajari
Mentabulasi
Memberi kode
Menelusuri
Menulis
Memperkirakan
Menjelaskan
Mengkategorikan
Mencirikan
Merinci
Mengasosiasikan
Membandingkan
Menghitung
Mengkontraskan
Mengubah
Mempertahankan
Menguraikan
Menjalin
Membedakan
Mendiskusikan
Menggali
Mencontohkan
Menerangkan
Mengemukakan
Mempolakan
Memperluas
Menyimpulkan
Meramalkan
Merangkum
Menjabarkan
Menugaskan
Mengurutkan
Menentukan
Menerapkan
Menyesuaikan
Mengkalkulasi
Memodifikasi
Mengklasifiksi
Menghitung
Membangun
Mengurutkan
Membiasakan
Mencegah
Menggambarkan
Menggunakan
Menilai
Melatih
Menggali
Mengemukakan
Mengadaptasi
Menyelidiki
Mengoperasikan
Mempersoalkan
Mengkonsepkan
Melaksanakan
Meramalkan
Memproduksi
Memproses
Mengaitkan
Menyusun
Mensimulasikan
Memecahkan
Melakukan
Mentabulasi
Menganalisis
Mengaudit
Memecahkan
Menegaskan
Mendeteksi
Mendiagnosis
Menyeleksi
Memerinci
Menominasikan
Mendiagramkan
Mengkorelasikan
Merasionalkan
Menguji
Mencerahkan
Menjelajah
Membagankan
Menyimpulkan
Menemukan
Menelaah
Memaksimalkan
Memerintahkan
Mengedit
Mengaitkan
Memilih
Mengukur
Melatih
Mentransfer
Membandingkan
Menyimpulkan
Menilai
Mengarahkan
Mengkritik
Menimbang
Memutuskan
Memisahkan
Memprediksi
Memperjelas
Menugaskan
Menafsirkan
Mempertahankan
Memerinci
Mengukur
Merangkum
Membuktikan
Memvalidasi
Mengetes
Mendukung
Memilih
Memproyeksikan
Mengabstraksi
Mengatur
Menganimasi
Mengumpulkan
Mengkategorikan
Mengkode
Mengkombinasikan
Menyusun
Mengarang
Membangun
Menanggulangi
Menghubungkan
Menciptakan
Mengkreasikan
Mengoreksi
Merancang
Merencanakan
Mendikte
Meningkatkan
Memperjelas
Memfasilitasi
Membentuk
Merumuskan
Menggeneralisasi
Menggabungkan
Memadukan
Membatas
Mereparasi
Menampilkan
Menyiapkan
Memproduksi
Merangkum
Merekonstruksi
Membuat

Contoh Analisis Standar Isi (Kerangka Dasar, Sturktur Kurikulum, Beban Belajar dan Kalender Pendidikan)


Komponen
Sub Komponen
Kondisi Ideal
Kondisi Riil
Rencana tindak Lanjut
1.        Kerangka Dasar Kurikulum
Memuat :
1.        Kelompok Mata Pelajaran
2.        Prinsip Pengembangan Kurikulum
3.        Prinsip Pelaksanaan Kurikulum

Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
a.     kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b.     kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian;
c.      kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d.     kelompok mata pelajaran estetika;
e.     kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.



2.        Struktur Kurikulum












3.        Beban Belajar

















4.        Kalender Pendidikan












Lampiran 5 :  Contoh Format Analisis Tujuan


Mata Pelajaran: ....................................


Tujuan
Ranah Kompetensi
Substansi Materi

Implementasi dalam pembelajaran
 (Hubungan dg KD)


C
A
P
(LIHAT SK KD- TUJUAN MP)































Lampiran 6 : Contoh Format Analisis / Pemetaan SK-KD

ANALISIS / PEMETAAN SK-KD

Mata Pelajaran          : .....................
Kelas                           : .....................

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tingkatan Ranah KD
Indikator Pencapaian
Tingkatan Ranah IPK
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3

(SILABUS)























(SILABUS)
(TAKSONOMI BLOM)
(SILABUS)
(TAKSONOMI BLOM)
(SILABUS)








Contoh Pemetaan Kompetensi

                                  ANALISIS / PEMETAAN SK-KD
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas                           : X
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tingkatan Ranah KD
Indikator Pencapaian
Tingkatan Ranah IPK
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
1. Memahami hakikat biologi sebagai Ilmu














1.2  Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma)


C4












·       Mengidentifikasi permasalahan biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
·       menjelaskan objek biologi pada tingkat individu sampai bioma.
·       menjelaskan masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
·       Menentukan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana  penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
·       Mengelompokkan urutan sistematika metoda ilmiah.
·       Memecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
·       Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
C1

C2

C2

C3


C3

C4

C4

Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma)




V














V










































….menit

….menit

….menit

….menit

….menit

….menit

….menit



Keterangan:
Ruang lingkup mata perlajaran Biologi
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sbb:
1.  Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar