Jumat, 27 Januari 2012

Keindahan Alami Goa Bima Dan Pantainya di Kecamatan Pasirian


 GOA BIMA


KECAMATAN PASIRIAN
KONDISI UMUM
          Kecamatan Pasirian merupakan salah satu dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang. Luas Kecamatan Pasirian adalah 183,91 Km2 dengan jumlah penduduk sebesar 89.185 jiwa yang tersebar pada 11 Desa.
Adapun batas-batas secara administrasi Kecamatan Pasirian adalah sebagai berikut : 
1. Sebelah Utara : Kecamatan Candipuro
2. Sebelah Timur : Kecamatan Tempeh
3. Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
4. Sebelah Barat : Kecamatan Candipuro
          Kecamatan Pasirian secara administrasi terdiri dari 7 (tujuh) Desa, 37 Dusun, 93 Rukun Warga (RW), 256 Rukun Tetangga (RT) dan 10.786 KK.

KONDISI DEMOGRAFIS
          Penduduk sebagai obyek pembangunan sekaligus diharapkan perannya secara aktif sebagai subyek pembangunan. Oleh karena itu data kependudukan sangat dibutuhkan dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Jumlah peduduk Kecamatan Pasirian sebanyak 89.185 jiwa, yang terdiri dari Penduduk laki-laki : 43.428 Jiwa dan Penduduk perempuan : 45.757 Jiwa.Dalam hal keagamaan, mayoritas penduduk Kecamatan Pasirian beragama Islam.

OBYEK WISATA
1.       Watu Pecak terletak di Desa Selok Awar-awar
2.       Laut Bambang terletak di Desa Bago
3.       Pantai Dampar terletak di Desa Bades
4.       Rowo Tlepuk terletak di Desa Gondoruso
5.       Telaga Semeru terletak di Desa Nguter
6.       Goa Bima terletak di Desa Bades
7.       Goa Lowo terletak di Desa Dampar
8.       Gunung Tambo terletak di Desa Condro
 
WISATA GOA BIMO
Goa Bimo terletak di desa Bades Kecamatan Pasirian kurang lebih 8 km jalur timur dan 11 kilo dari jalur barat, dimana lokasi tersebut merupakan berbatasan antara tiga desa yakni desa Bades dengan desa Gondoruso dan desa Bago, jarak tempuh bisa lewat dua arah yaitu jalur timur (melewati desa condro, bago dan kajaran) dan jalur barat (pasirian, kalibendo, Bades, Gondoruso, Dampar), semuanya bisa dilalui kendaraaan bermotor.
Lokasi Goa Bimo itu sendiri merupakan tempat yang indah dan asri selain pemandangan yang alami, Goa Bimo merupakan Goa yang langsung berhadapan dengan Pantai Selatan yang dikelilingi Pasir Besinya. Namun kondisinya sekarang sudah mulai tertutup tumbuhan yang ada disekitarnya hal ini disebabkan jarang ada yang mengunjungi selain itu perhatian pemerintah dalam hal ini sangatlah kurang.

Perlu anda ketahui menurut beberapa orang yang kami tanyakan Sebenarnya Goa Bimo itu merupakan goa yang panjang yang terhubung dengan goa-goa yang ada di sekitarnya bahkan ada yang bilang sampai tembus dengan semeru, namun hal ini kami belum bisa membuktikan karena menurut sebagian penduduk yang tinggal dengan Goa Bimo didalam pada tahun yang lalu ada fihak yang menutup akses goa didalam, hal ini di khawatirkan ada hal-hal yang tidak dinginkan.
Bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Goa Bimo Anda bisa sekaligus mendatangi tiga pantai yakni Pantai Goa Bima persis didepanya, Pantai Bambang sebelah timur dan Pantai Dampar dengan dengan Goa Lowonya dan Panorama TPInya sebelah barat, masing tempat tadi merupakan berbatasan langsung dengan Goa Bimo.
Saat kami berkunjung ke Goa Bimo Posisi Goa Sedikit tertutup dan maaf jika pengambilan gambar tidak kami ambil persis di depan Mulut Goa  namun kami ambil dari bibir pantai Depan Goa Bima kebetulan kami melakukan aktifitas memancing disana.(Solikan - khan35.blogspot.com)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar