Selasa, 22 November 2011

Taman Alam (Tanjung Papuma) Di Jember

Tanjung Wisata Alam Di Jember
Tanjung PAPUMA dan Watu Ulo
( Kabupaten Jember,Sejarah Jember,Letak Geografi,Rute Jember,Tempat Wisata,Daftar Hotel )

Kabupaten Jember

Jember adalah salah satu kota ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan malang. Sebagai kota ketiga terbesar di jawa timur, Jember memyiapkan berbagai fasilitas agar dapat menunjang dalam pembangunan dan percepatan perekonomian. Jember merupakan kota tembakau yang sudah dikenalk sejak lama ssealin itu jemeber juga dikenal sebagai daerah wisata hal ini disebabkan Jember kaya akan obyek wisata mulai pegunungan sampai pantai yang terkenal keindahannya. untuk itu Jember menyediakan berbagai fasilitas penginapan dari kelas biasa samapai kelas internasional yang banyak tersebar di kota Jember, dengan harapan para pengunjung baik dari daerah sekitar atupun luar negeri dapat dengan mudah untuk beristirahat dan menuikmati keindahan Jember. yang tidak kalah pentingnya adanya beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta salah satunya UNEJ (universitas negeri jember) dan yang lainya.
Kabupaten Jember, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, serta KabupatenLumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri atas 31 kecamatan.
Kota Jember dahulu merupakan kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember. Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda, di kota ini terdapat perguruan tinggi negeri Universitas Jember. Hari Jadi Kabupaten Jember diperingati pada tanggal 01 Januari setiap tahunnya.
Jember memiliki luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 – 3.330 mdpl. Iklim Kabupaten Jember adalah tropis dengan kisaran suhu antara 23oC – 32oC. Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember adalah dataran rendah dengan titik terluarnya adalah Pulau Barong. Pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan dengan wilayah administratif Kabupaten Banyuwangi. Bagian barat laut (berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo adalah pegunungan, bagian dari pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen. Jember memiliki beberapa sungai antara lain Sungai Bedadung yang bersumber dari Pegunungan Iyang di bagian tengah, Sungai Mayang yang persumber dari Pegunungan Raung di bagian timur, dan Sungai Bondoyudo yang bersumber dari Pegunungan Semeru di bagian barat.
* Stasiun Jember merupakan stasiun terbesar di Kabupaten ini, dan merupakan pusat dari Daops IX Jember yang mengatur stasiun dari Pasuruan hingga Banyuwangi. Di samping stasiun-stasiun kecil lainnya di Tanggul, Rambipuji, dan Kalisat. Jember dilintasi jalur kereta api, yang menghubungkan Jember dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, yaitu Purwokerto, Yogyakarta, Jombang, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, dan Banyuwangi. Di Jember juga terdapat stasiun-stasiun kecil seperti Bangsalsari, Mangli, Arjasa, Kotok, Ledokombo, Sempolan, Garahan. Stasiun ini hanya digunakan ketika terjadi persilangan kereta api dan hanya digunakan oleh kereta api ekonomi seperti Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) dan kereta Pandanwangi (Jember – Banyuwangi). Jalur kereta api Kalisat-Situbondo kini tidak lagi beroperasi.
Terminal Bus “TAWANG ALUN” merupakan terminal utama yang melayani jalur Surabaya – Jember – Banyuwangi (lewat Tanggul), Surabaya – Jember - Banyuwangi (lewat Kencong – Balung dan atau Ambulu) yang juga melewati kota Lumajang. Terminal ini juga melayani jalur Bus Patas (cepat terbatas) Jember - Surabaya, Jember - Malang, serta Jember - Denpasar. Untuk jalur Jember - Bondowoso - Situbondo dilayani oleh Terminal Bus “ARJASA” yang terletak di Kecamatan Arjasa. Selain itu terdapat pula terminal-terminal kecil yang dihubungkan oleh angkutan antar dalam kota (Lyn) seperti Terminal Ajung, Terminal Pakusari, dan Terminal Tanggul). Bus Kota dapat ditemui di Kota Jember yang menghubungkan Terminal Tawang Alun – Terminal Arjasa (Kode Trayek “A” dan “B”) dan Terminal Tawang Alun – Terminal Pakusari (Kode Trayek “D” dan “E”). Jasa taksi dengan Argometer juga banyak ditemui di Kota ini.
* Bandara Notohadinegoro merupakan bandara lokal yang sudah dibuka untuk umum. Bandara ini melayani penerbangan Jember - Surabaya P.P.



Sejarah Jember
Kabupaten Jember dibentuk berdasarkan Staatsbland Nomor 322 tanggal 9 Agustus 1928 dan sebagai dasar hukum mulai berlaku tanggal 1 Januari 1929. Pemerintah Hindia Belanda telah mengeluarkan ketentuan tentang penataan kembali pemerintah desentralisasi di wilayah Provinsi Jawa Timur, antara lain dengan menunjuk Regenschap Djember sebagai masyarakat kesatuan hukum yang berdiri sendiri. Secara resmi ketentuan tersebut diterbitkan oleh Sekretaris Umum Pemerintah Hindia Belanda (De Aglemeene Secretaris) G.R. Erdbrink, 21 Agustus 1928.
Pemerintah Regenschap Jember yang semula terbagi dalam tujuh Wilayah Distrik, pada tanggal 1 Januari 1929 sejak berlakunya Staatsbland No. 46/1941 tanggal 1 Maret 1941 Wilayah Distrik dipecah menjadi 25 Onderdistrik, yaitu:
·         Distrik Jember, meliputi onderdistrik Jember, Wirolegi, dan Arjasa.
·         Distrik Kalisat, meliputi onderdistrik Kalisat, Ledokombo, Sumberjambe, dan Sukowono.
·         Distrik Rambipuji, meliputi onderdistrik Rambipuji, Panti, Mangli, dan Jenggawah.
·         Distrik Mayang, meliputi onderdistrik Mayang, Silo, Mumbulsari, dan Tempurejo.
·         Distrik Tanggul meliputi onderdistrik Tanggul, Sumberbaru, dan Bangsalsari.
·         Distrik Puger, meliputi onderdistrik Puger, Kencong Gumukmas, dan Umbulsari.
·         Distrik Wuluhan, meliputi onderdistrik Wuluhan, Ambulu, dan Balung.
Berdasarkan Undang Undang No. 12/1950 tentang Pemerintah Daerah Kabupaten di Jawa Timur, ditetapkan pembentukan Daerah-daerah Kabupaten dalam lingkungan Propinsi Jawa Timur (dengan Perda), antara lain Daerah Kabupaten Jember ditetapkan menjadi Kabupaten Jember.
Dengan dasar Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1976 tanggal 19 April 1976, dibentuklah Wilayah Kota Jember dengan penataan wilayah-wilayah baru sebagai berikut:
·         Kacamatan Jember dihapus,
·         Dibentuk tiga kecamatan baru, masing-masing Sumbersari, Patrang dan Kaliwates.
·         Kecamatan Wirolegi menjadi Kecamatan Pakusari dan Kecamatan Mangli menjadi Kecamatan Sukorambi.
Bersamaan dengan pembentukan Kota Administratif Jember, wilayah Kewedanan Jember bergeser pula dari Jember ke Arjasa dengan wilayah kerja meliputi Arjasa, Pakusari, dan Sukowono yang sebelumnya masuk Distrik Kalisat. Dengan adanya perubahan-perubahan tersebut, pada perkembangan berikutnya, secara administratif Kabupaten Jember saat itu terbagi menjadi tujuh Wilayah Pembantu Bupati, satu wilayah Kota Administratif, dan 31 Kecamatan.
Dengan diberlakukannya Otonomi Daerah sejak 1 Januari 2001 sebagai tuntutan No 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Kabupaten Jember telah melakukan penataan kelembagaan dan struktur organisasi, termasuk penghapusan lembaga Pembantu Bupati yang kini menjadi Kantor Koordinasi Camat. Selanjutnya, dalam menjalankan roda pemerintah di era Otonomi Daerah ini Pemerintah Kabupaten Jember dibantu empat Kantor Koordinasi Camat, yakni:
·         Kantor Koordinasi Camat Jember Barat di Tanggul
·         Kantor Koordinasi Camat Jember Selatan di Balung
·         Kantor Koordinasi Camat Jember Tengah di Rambipuji
·         Kantor Koordinasi Camat Jember Timur di Kalisat

Geografi

Jember memiliki luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 - 3.330 mdpl. Iklim Kabupaten Jember adalah tropis dengan kisaran suhu antara 23oC - 32oC. Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember adalah dataran rendah dengan titik terluarnya adalah Pulau Barong. Pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan dengan wilayah administratif kabupaten Banyuwangi. Bagian barat laut (berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo adalah pegunungan, bagian dari Pegunungan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen. Jember memiliki beberapa sungai antara lain Sungai Bedadung yang bersumber dari Pegunungan Iyang di bagian Tengah, Sungai Mayang yang persumber dari Pegunungan Raung di bagian timur, dan Sungai Bondoyudo yang bersumber dari Pegunungan Semeru di bagian barat.


Obyek Wisata di Jember
·         Pantai WatuUlo di terletak sekitar 25 Km dari KecamatanAmbulu dan pada saat hari-hari libur biasanya banyak anak-anak muda dan rombongan keluarga yang pergi kesana untuk berlibur, apalagi saat hari-hari besar dan hari raya. Mereka biasanya pergi ke sana bersama-sama dengan keluarga mereka masing-masing menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Pantai Watu Ulo memiliki panorama yang mempesona menghadap lautan Indonesia dengan deretan batu karang menyerupai ular. 
·         
       Pantai Tanjung Papuma dengan pesona pasir putihnya dan Wisata Sejarah berupa peninggalan Gua Jepang. Pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan. Dinamakan Papuma karena pantai ini berpasir putih dengan hamparan batu-batu yang bila diterjang ombak lalu saling terberai membalik.  Pantai papuma adalah pantai yang sangat eksotik bila dibandingkan dengan pantai pantai yang ada di jawa timur, karena memiliki keindahan pantai dan laut yang menawan dengan pantai yang hijau kebiruan menjadikan tenpat wisata ini banyak dikunjungi baik dari warga Jember sendiri juga dari kabupaten lain.
·         Pantai Puger yang terletek 15 Km dari kecamatan ambulu ditempat wisata ini juga banyak dikunjungi oleh banyak orang dan paling banyak adalah anak-anak muda untuh menghibur diri. Pantai Puger juga menjadi surga bagi orang yang suka memancing. Di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang menjual ikan hasil tangkapan nelayan. Disekitar Pantai Puger juga terdapat Cagar Alam Puger Watangan dengan pesona sumber air Kucur. Pantai Puger juga merupakan gerbang keluar menuju Cagar Alam Pulau Nusa Barong.
·         Pantai Paseban di daerah Kencong, Di Pantai ini wisatawan dapat menikmati mandi laut mengingat ombaknya yang tenang dan landai nan teratur sehingga tidak membahayakan.
·         Pantai Bandealit di wilayah Taman Nasional Meru Betiri yang secara administratif masuk kedalam wilayah Kecamatan Tempurejo. Pantai ini berdekatan dengai Pantai Sukamade yang merupakan tempat penetasan telur penyu.
·         Pemandian Patemon yang berada di wilayah Kecamatan Tanggul. Di pemandian Patemon udaranya sangat sejuk karena terletak di daerah pegunungan dan air yang mengalir di pemandian tersebut adalah air yang berasal dari sumber mata air pegunungan jadi airnya sangat dingin. Pada hari-hari libur khususnya hari Minggu dan hari libur nasional banyak orang berkunjung, mulai dari anak-anak, anak muda, sampai pada orang tua. Di Pemandian ini yang semakin menarik dengan ditambahnya satu kolam renang baru dan wahana waterboom, selain itu tempat-tempat yang ada di sekitar kolam renang telah diperbaiki sehingga semakin menarik untuk dikunjungi.
·         Pemandian Rembangan yang terletak di salah satu puncak gunung, memiliki daya tarik pemandangan, pemandian, Hotel, dan wisata agro berupa perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan peternakan sapi perah, dimana Anda bisa melihat proses pemerahan susu sapi dan membeli susu sapi segar literan. Di Rembangan, Anda bisa melihat kota Jember & sekitarnya dari atas. Dan, pada waktu malam, pemandangan lampu kota sangat mengesankan. Disini suhunya sangat sejuk & udaranya sangat bersih & segar, sangat baik untuk tubuh Anda.
·         Air Terjun Tancak yang terletak di Perkebunan Gunung Pasang - Kecamatan Panti.
·         Air Terjun Antrokan di wilayah Kecamatan Tanggul.
·         Wisata Loko di lahan PG Semboro yang menawarkan keindahan pemandangan alam perkebunan tebu, jeruk, rambutan dan salak yang berada disepanjang perjalanan selama 3 jam dengan menggunakan lokomotif uap.
·         Wisata Lori di daerah Garahan yang menyajikan dua buah terowongan Kereta Api (90 m dan 970 m) yang merupakan terowongan Kereta Api terpanjang di Indonesia. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati wisata agro Gunung Gumitir.
·         Taman Botani di wilayah Kecamatan Sukorambi yang mulai dibuka tahun 2007.
·         Niagara Water park [Ambulu, Jember]
·         Dira I Swalayan, Fashion and Swiming Pool. [Ambulu, Jember]
·         Surya Tirta, Fitnes Centre and Swimming Pool. [Ambulu, Jember]
·         DLL

Wisata Watu Ulo dan Tanjung Papuma
Selain pantai Watu Ulo, ada pantai Papuma dengan pasir putih nya yang membuatnya lebih menarik. Pasir putih yang indah adalah senang untuk melihat dan berjalan di atas. Pantai selalu digunakan sebagai tempat berjemur oleh wisatawan asing. Selain keindahan pemandangan alam, juga kaya dengan makhluk seperti kadal, ayam hutan, berbagai burung, babi hutan, landak rusa, bersisik tenggiling dan banyak lainnya. Pemandangan dan suasana dapat dinikmati lebih utuh di sebuah restoran yang menyediakan makanan Indonesia dan Papuma, berbagai ikan panggang. Pengunjung dapat menjangkau lokasi dengan transportasi umum atau melalui sewa mobil. perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jember.

Ada salah satu wisata pantai andalan di Jawa timur yaitu pantai Watu Ulo yang terletak di Kabupaten Jember. Ada sebuah legenda, mengapa pantai ini diberi nama Watu Ulo. Konon,  pantai ini pernah menjadi tempat bertapa seekor Ular. Dalam bahasa Indonesia, Ulo adalah Ular. Entah bagaimana asal mulanya, Ular itu kemudian berubah menjadi batu. Karena ukuran Ular tersebut relatif  panjang. Ada yang mengatakan, ekor dan separuh dari badannya berada di pantai Watu Ulo, Jember. Sementara separuh badan dan kepalanya ada di Banyuwangi.
Menuju Pantai Watu Ulo, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Lokasinya di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Jaraknya kurang lebih 32 km dari kota Jember. Ketika tiba di lokasi Watu Ulo, hamparan pasir putih akan menyambut kedatangan Anda. Akan lebih terkesan istimewa, ketika Anda juga memiliki kesempatan untuk melihat desiran ombak yang sedikit demi sedikit menyapu pasir pantai. Terlebih lagi, ketika Anda juga melihat ombak menghempas batu karang yang menjorok ke tepian pantai.
Setelah Anda puas menikmati hawa segar pantai Watu Ulo dan melihat panorama alamnya, cobalah untuk melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Papuma. Lokasinya, tidak terlalu jauh karena masih berada di satu area pantai Watu Ulo. Jika menuju lokasi Pantai Watu Ulo, Anda hanya melintasi jalan lurus dan beraspal. Lain halnya dengan Tanjung Papuma. Untuk menuju lokasinya, Anda harus melintasi bukit yang berkelok. Anda juga harus lebih berhati-hati dengan tikungan tajam dan jalan licin. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju lokasi Tanjung Papuma. Namun jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan jasa penyewaan motor.
Dari puncak ketinggian Tanjung Papuma, Anda dapat melihat pesona pantai Watu Ulo. Ketika Anda tiba di lokasi Tanjung Papuma, hamparan pasir putih akan kembali menyambut kedatangan Anda. Ketika berada di Tanjung Papuma, Anda tak hanya dapat berjalan menyusuri hamparan pasir putih Papuma. Dengan menyewa sebuah perahu layar, Anda juga dapat berkeliling tepian laut Papuma.
Anda ingin melihat fenomena alam matahari terbenam ataupun matahari terbit ketika berada di Jember, Jawa Timur, Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo dapat menjadi pilihan.

Daftar Hotel di Jember :
  1. Hotel Panorama (*)
  2. Bintang Mulia Hotel & Resto
  3. Hotel Flamboyan
  4. Safari Hotel
  5. Istana Hotel
  6. Hotel Bandung Permai
  7. Hotel Rembangan
  8. Hotel Merdeka
  9. Seven Dream Residence
  10. Hotel Lestari
Daftar Hotel Lainnya : 
HOTEL
ALAMAT
TELEPON
Hotel Seroja
Jl. PB. Sudirman No.2 Jember
(0331) 483905
Hotel Sulawesi
Jl. Letjen Suprapto No.44 Jember
(0331) 333555
Hotel Tomiharini
Jl. Brawijaya No.90-92 Jember
(0331) 421277
Hotel Jember Indah
Jl. Mujahir No.66 Jember
(0331) 487833
Hotel Ardicandra
Jl. Gajahmada No.222 Jember
(0331) 484153
Hotel Kebon Agung
Jl. Arowana No.59 Jember
(0331) 485157
Hotel Mars
Jl. Diponegoro No.43 Jember
(0331) 487573
Hotel Kartika
Jl. Trunojoyo No.91 Jember
(0331) 489475
Hotel Anda
Jl. Kartini No.40 Jember
(0331) 489475
Penginapan Melati
Jl. Gajahmada No.208 Rambipuji
(0331) 712963
Hotel Nusantara
Jl. Wijaya Kusuma No.10 Jember
(0331) 487256
Hotel Ratna
Jl. Kartini No.45 Jember
(0331) 487490
Hotel Oleng Sibutong
Jl. Teratai No.29 Biting, Arjasa
(0331) 540466-540033
Hotel Handika
Jl. Moch. Seruji No.244 Jember
(0331) 487546
Hotel Slamet
Jl. Anggrek Gg.I/2 Jember
(0331) 481335
Hotel Widodo
Jl. Letjen Suprapto No.26 Jember
(0331) 335164
Hotel Kemayoran
Jl. Letjen Suprapto No.26 Jember
(0331) 334884
Hotel Anugrah
Jl. Trunojoyo Gg.V/69 Jember
(0331) 487272
Hotel Asri
Jl. Gatot Subroto No.39 Jember
(0331) 425635
Hotel Ria
Jl. Untung Suropati No.41 Jember
(0331) -
Hotel Putera – JS
Jl. Trunojoyo No.17 Jember
(0331) 485597
Hotel Beringin Indah
Jl. Raya Ajung – Jember
(0331) 757666
Hotel Cendrawasih
Jl. Cendrawasih, Jember
(0331) 412222

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar