Senin, 27 Agustus 2012

SK/KD TIK Kelas VII,VIII dan IX Tingkat SMP,MTs dan SMPLB Berkarakter


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A.     Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang  dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai  dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari,  teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat dilakukan secara terpisah atau bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya. Alokasi waktu pembelajarannya secara keseluruhan untuk jenjang SMP/MTs  adalah 72 jam pelajaran untuk selama 3 tahun, atau  ekivalen dengan 2 jam pelajaran per minggu untuk waktu 1 tahun jika mata pelajaran ini dibelajarkan secara terpisah dan mandiri

B.   Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami teknologi informasi dan komunikasi
2.      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
4.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

C.   Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.      Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.








D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang


 


1.1  Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
1.2  Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang
1.3  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4  Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5  Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
2.   Mengenal operasi dasar peralatan komputer
2.1     Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.2     Mematikan komputer sesuai prosedur
2.3     Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis

Kelas VII, Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.      Mempraktikkan keterampilan dasar komputer 

3.1        Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
3.2        Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
3.3        Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
3.4        Mempraktikkan satu program aplikasi

Kelas  VIII,   Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi

1.1     Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
1.2     Menjelaskan  fungsi menu dan ikon pada program pengolah kata
1.3     Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah kata
1.4     Membuat dokumen  pengolah kata sederhana

Kelas VIII,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
2.1     Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
2.2     Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada program pengolah angka
2.3     Menggunakan menu dan ikon  pokok pada perangkat lunak pengolah angka
2.4     Membuat dokumen pengolah angka sederhana


Kelas IX ,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
1.1     Menjelaskan pengertian dasar Internet/intranet
1.2     Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/intranet
1.3     Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
1.4     Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/intranet
1.5     Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/intranet


Kelas  IX ,  Semester  2         
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.      Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

2.1     Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
2.2     Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di Internet
2.3     Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat 


E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar